Comscore Tracker

5 Fakta Beras Ketan yang Jarang Diketahui, Manfaatnya Banyak! 

Beras ketan kerap diolah jadi aneka makanan enak

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan beras ketan. Sebab, memang cukup mudah untuk menemukan aneka beras ketan, terlebih sering kali diolah jadi beragam makanan enak.

Beras ketan bentuknya tak berbeda jauh dari beras biasa. Namun, biasanya perbedaan beras ketan akan sangat terlihat saat dimasak. Sebab, beras ketan teksturnya cukup lengket atau pulen.

Untuk lebih mengenal lebih jauh, berikut beberapa fakta beras ketan yang ternyata maish jarang diketahui. Usianya sudah 4.000 tahun, lho!

1. Sudah ada sejak 4.000 tahun di Asia Tenggara

5 Fakta Beras Ketan yang Jarang Diketahui, Manfaatnya Banyak! ilustrasi beras ketan (unsplash.com/@thoango)

Semua bahan makanan yang ada di dunia ini biasanya memiliki sejarah tersendiri. Sama halnya dengan beras ketan yang juga memiliki tempat asal dan waktu saat ditemukannya.

Dilansir Smithsonian Magazine, beras ketan secara umum ditemukan dan tubuh subur di kawasan Asia Tenggara sejak 4.000 tahun lalu. Meski begitu, keberadaan beras ketan juga terus tersebar, khususnya di berbagai penjuru Asia.

2. Tempat tropis cocok untuk menanam beras ketan

5 Fakta Beras Ketan yang Jarang Diketahui, Manfaatnya Banyak! ilustrasi sawah (unsplash.com/@smon)

Jika dilihat secara botani, memang beras ketan berasal dari varietas yang serupa dengan beras biasa. Sama-sama memiliki nama Oryza sativa, tetapi khusus beras ketan punya nama Oryza sativa var. glutinosa. Memang ada varian yang berbeda dari tanaman ini.

Mengutip Home Guides SF Gate, hal ini membuat beras ketan lebih cocok tumbuh di kawasan tropis, seperti Asia Tenggara. Cuaca hangat dan pengairan yang cukup bisa membuat beras ketan tumbuh subur.

3. Banyak makanan tradisional dari berbagai negara yang menggunakan beras ketan

5 Fakta Beras Ketan yang Jarang Diketahui, Manfaatnya Banyak! ilustrasi tteokbokki (unsplash.com/@markuswinkler)

Jika ditanya makanan apa yang bisa dibuat dari beras ketan, tentu jawabannya sangat banyak. Beras ketan biasanya diolah menjadi berbagai makanan tradisional dari berbagai negara, mulai dari Indonesia, Malaysia, Laos, Korea Selatan, hingga Tiongkok.

Sebagai contoh, beberapa makanan tradisional asal Korea Selatan, seperti tteok atau kue beras samgyetang, juga menggunakan beras ketan, seperti dilansir Crazy Korean Cooking. Di Indonesia, beberapa makanan tradisionalnya juga turut menggunakan beras ketan, seperti bubur ketan, lemper, wajik, lupis, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Resep Jajanan Tradisional dari Beras Ketan, Bikin Kenyang

4. Beras ketan mengandung banyak manfaat

5 Fakta Beras Ketan yang Jarang Diketahui, Manfaatnya Banyak! ilustrasi beras (unsplash.com/@bamin)

Keberadaan beras ketan sebagai bahan makanan turut membawa dampak yang baik bagi kesehatan. Hal ini membuat orang-orang jadi tak perlu ragu menyantap olahan yang menggunakan beras ketan.

Beras ketan diketahui mengandung serat tak larut yang lebih tinggi dibanding beras biasa. Selain itu,beberapa manfaat, seperti vitamin B, vitamin D, potasium, hingga fosfor bisa ditemukan di dalamnya, seperti dikutip Panlasang Pinoy. Semuanya bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas, melancarkan kerja organ, dan mendukung sistem metabolisme dengan baik.

5. Laos jadi negara penghasil beras ketan terbesar di dunia

5 Fakta Beras Ketan yang Jarang Diketahui, Manfaatnya Banyak! ilustrasi impor beras (unsplash.com/@caelencockrum)

Beras ketan bisa dikatakan sebagai salah satu komoditas yang populer untuk diekspor. Ada negara-negara yang berperan dalam mengambil alih komoditas dari beras ketan. Salah satunya adalah Laos yang dikenal sebagai produsen beras ketan terbesar di dunia.

Dilansir USDA, hasil panen beras ketan asal Laos berhasil mendominasi sekitar 80 persen dari keberadaannya. Sebab, memang Laos mampu memproduksi sekitar 1,5 juta metrik ton. Selain itu, beras ketan juga telah dikenal sebagai makanan nasional dari negara Laos.

Masyarakat Indonesia juga cukup banyak yang memproduksi beras ketan. Selain itu, keberadaanya juga tak jarang dijadikan bahan untuk membuat aneka makanan. Mana fakta beras ketan yang baru kamu ketahui?

Baca Juga: Resep Ketan Durian yang Manis Legit bikin Nagih Terus

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya