Comscore Tracker

10 Makanan yang Tak Perlu Dimasukkan ke Lemari Es, Jangan Khawatir!

Tak semua makanan perlu disimpan di kulkas

Lemari es banyak digunakan untuk menyimpan berbagai jenis makanan. Tujuannya yaitu agar makanan bisa lebih tahan lama dan tetap segar. Namun tak semua jenis makanan ternyata baik dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Ada beberapa makanan yang lebih baik dibiarkan di suhu ruangan daripada dimasukkan ke lemari dengan suhu dingin. Udara dingin yang ada dalam lemari es bisa berdampak negatif pada beberapa makanan berikut ini.

1. Kentang

10 Makanan yang Tak Perlu Dimasukkan ke Lemari Es, Jangan Khawatir!amazon.com

Suhu dingin dapat merusak pati dalam kentang, ini dapat menjadikannya manis tapi tak enak dan berpasir. Kentang sebaiknya ditempatkan di ruangan yang dingin dan kering, tapi jangan di dalam lemari es.

2. Madu

10 Makanan yang Tak Perlu Dimasukkan ke Lemari Es, Jangan Khawatir!toiimg.com

Madu dapat mengkristal dan menyerap dalam suhu dingin. Suhu kamar merupakan tempat ideal untuk menjaga pemanis alami yang satu ini.

3. Tomat

10 Makanan yang Tak Perlu Dimasukkan ke Lemari Es, Jangan Khawatir!akamaized.net

Dinginnya lemari es bisa membuat tomat menjadi kenyal dan tak berasa. Tomat yang belum matang bisa ditempatkan di dekat jendela, sedangkan yang terlalu matang bisa langsung diolah menjadi saus.

4. Saus pedas

10 Makanan yang Tak Perlu Dimasukkan ke Lemari Es, Jangan Khawatir!melindas.com

Tidak perlu menyimpan saus pedas di lemari es. Ada banyak cuka di dalam saus untuk mencegah pertumbuhan bakteri, rasa pedasnya juga akan lebih kuat di suhu ruangan.

5. Roti

10 Makanan yang Tak Perlu Dimasukkan ke Lemari Es, Jangan Khawatir!bakingbusiness.com

Menyimpan roti di lemari es mungkin bisa menghambat pertumbuhan jamur, namun pendingin bisa mengeringkan roti. Simpan roti di atas meja saja. Namun jika punya lebih banyak roti dari yang dibutuhkan maka bisa disimpan ke dalam freezer dan dihangatkan jika akan dimakan.

Baca Juga: 5 Alasan Makanan Mewah Porsinya Sedikit, Sudah Tahu? 

6. Kacang

10 Makanan yang Tak Perlu Dimasukkan ke Lemari Es, Jangan Khawatir!forbes.com

Suhu dingin membantu mencegah minyak alami dalam kacang menjadi tengik, namun ini juga bisa mengubah rasanya. Kacang yang telah dikupas juga dapat menyerap bau lain yang ada di dalam lemari es. Sebaiknya simpan kacang di wadah kedap udara di dapur.

7. Apel

10 Makanan yang Tak Perlu Dimasukkan ke Lemari Es, Jangan Khawatir!newfoodmagazine.com

Apel segar yang baru dipetik akan lebih baik disimpan di suhu ruangan. Namun jika tidak dimakan selama satu atau dua minggu maka bisa membuatnya sedikit tahan lama di lemari es

8. Avokad

10 Makanan yang Tak Perlu Dimasukkan ke Lemari Es, Jangan Khawatir!rd.com

Buah avokad paling baik berada di suhu ruangan. Jika jumlahnya banyak dan ingin disimpan lebih lama maka baru tempatkan di lemari es.

9. Stone fruit

10 Makanan yang Tak Perlu Dimasukkan ke Lemari Es, Jangan Khawatir!veritablevegetable.com

Stone fruit seperti peach, aprikot, nektarin, dan prem sebaiknya dibiarkan matang pada suhu kamar. Namun jika tak bisa langsung menghabiskannya maka bisa ditaruh di lemari es selama beberapa hari.

10. Bawang

10 Makanan yang Tak Perlu Dimasukkan ke Lemari Es, Jangan Khawatir!medicalnewstoday.com

Bawang putih dan bawang bombay sebaiknya ditaruh di tempat yang kering. Kelembaban yang ada di dalam lemari es bisa membuat bawang bombay menjadi berjamur dan lembek. Pada bawang bombay jika sudah dipotong maka bisa ditempatkan dalam kantong yang bisa ditutup kembali. Sedangkan bawang putih yang sudah terbuka sebaiknya digunakan tak lebih dari 10 hari.

Selain memperhatikan jenis makanan yang ditempatkan di lemari es, perlu juga untuk membersihkannya secara teratur. Jangan lupa menyingkirkan bahan makanan yang sudah basi atau kedaluwarsa. 

Baca Juga: 10 Bahan Makanan Ini Jangan Dibuang di Wastafel, Bisa Menyumbat!

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya