Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Membekukan Sayuran agar Kualitasnya Tetap Terjaga

Sayuran bakal tahan lama deh!

Membekukan makanan menjadi salah satu cara agar membuatnya tahan lama. Hampir semua makanan bisa tahan lama saat dibekukan, begitu juga dengan sayuran. Kamu mungkin tak bisa menggunakan sayuran beku untuk salad, namun ini masih bisa digunakan untuk campuran berbagai jenis masakan seperti sup, pasta, dan lain-lain.

Nah, membekukan sayuran sendiri perlu dipersiapkan agar kualitasnya tetap terjaga. Dilansir laman Mother Earth News dan Washington Post, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membekukan sayuran.

1. Membersihkan sayuran 

5 Cara Ampuh Membekukan Sayuran agar Kualitasnya Tetap Terjagausatoday.com

Membersihkan sayuran menjadi langkah pertama yang perlu dilakukan. Sayuran perlu dibersihkan dari kotoran dengan mencucinya. Setelah itu, bersihkan sayuran dari bagian yang tak diperlukan atau bagian yang rusak. Lakukan persiapan seperti akan memasak. Jika perlu, potong atau ambil bagian dalam sayuran tersebut.

2. Melakukan blanching

5 Cara Ampuh Membekukan Sayuran agar Kualitasnya Tetap Terjagannyliving.com

Setelah dibersihkan, lakukan blanching. Caranya dengan memasak air di dalam panci. Masukkan sayuran tersebut ke dalam air panas. Sayuran tidak perlu dimasak sampai matang jadi pastikan masih tetap keras.

Ambil sayuran yang telah dipanaskan sebentar lalu masukkan ke dalam air es. Suhu dingin tersebut akan menghentikan proses memasak dari sayuran.

Setelah sayuran tersebut mendingin, keringkan dengan handuk kertas untuk menyerap airnya. Ada beberapa pengecualian, seperti paprika, seledri, dan bawang bombai yang tak perlu blanching sebelum dibekukan.

Baca Juga: 10 Tips Menyimpan Bahan Makanan Tetap Segar Tanpa Dimasukkan Kulkas

3. Menggunakan loyang datar 

5 Cara Ampuh Membekukan Sayuran agar Kualitasnya Tetap Terjagaamazon.com

Sayuran yang telah disiapkan bisa ditaruh langsung dalam tempat penyimpanan. Namun, cara yang ideal dengan membekukan seluruh sayuran dalam sebuah loyang datar.

Sebarkan sayuran tersebut ke atas permukaan sehingga tidak saling bersentuhan. Selanjutnya, sayuran dapat dibekukan. Setelah membeku, sayuran-sayuran itu dapat dipindahkan ke kontainer penyimpanan yang disiapkan.  

4. Menggunakan kontainer yang aman dan bersih 

5 Cara Ampuh Membekukan Sayuran agar Kualitasnya Tetap Terjagameredithcorp.io

Tempat penyimpanan sayuran beku yang disarankan adalah kantong reasealable, kontainer plastik khusus makanan, dan kontainer gelas dengan tutup kedap udara. Berbahaya menggunakan bahan gelas tertentu karena tidak aman saat dibekukan. Kalau mau, kamu perlu memilih bahan gelas yang benar-benar tahan dengan temperatur dingin.

5. Rempah diperlakukan berbeda 

5 Cara Ampuh Membekukan Sayuran agar Kualitasnya Tetap Terjagathespruce.com

Rempah-rempah perlu diperlakukan berbeda dari sayuran. Wadah es kotak cocok dipakai untuk menyimpan rempah. Caranya, masukkan rempah tersebut ke dalamnya. Di bagian atasnya bisa ditambahkan minyak zaitun. Jika tak ada, air juga dapat membantu. Bekukan sampai padat kemudian pindahkan kotak rempah itu ke kontainer penyimpanan.

Menyimpan sayuran untuk dibekukan perlu perhatian khusus agar bisa tetap berkualitas. Jika memang tak diperlukan, sayuran memang sebaiknya langsung digunakan dalam keadaan segar.

Baca Juga: 5 Buah dan Sayur yang Gak Boleh Disimpan di Dalam Kulkas

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya