Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Masak Ketupat agar Lebih Awet

Perlu kamu perhatikan biar gak cepat basi!

Saat lebaran tiba, tentu ketupat yang bakal menjadi 'gong' perayaan, ya. Dengan ditemani berbagai lauk pauk, ketupat pasti menjadi satu inti hidangannya. Makanya penting banget buat menghidangkan ketupat yang enak dan berhasil. Bukan kerupat yang basi dan berlendir, ya.

Saat menghidangkan ketupat, tentu kalian pernah menemui ketupat yang berlendir, dan itu membuat suatu pertanyaan, kenapa bisa cepat basi, ya? Nah, mungkin kamu melakukan kesalahan kecil, atau melewati satu langkah pembuatan, nih. Makanya, simak kesalahan saat memasak ketupat di bawah ini, yuk.

1. Tidak membilas beras hingga airnya jernih 

5 Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Masak Ketupat agar Lebih Awetilustrasi mencuci beras (bonappetit.com)

Walaupun sepele, tapi ini sering dilakukan. Terlebih saat suasana sedang keburu-buru, nih. Karena jika air bilasan masih keruh, maka ketupat yang dihasilkan pun jadi lebih cepat basi. Saat mencuci beras buat ketupat, usahakan cuci selama beberapa kali hingga air bilasannya tidak keruh, ya.

Selain itu, penting juga buat membersihkan beras dari kotoran dan gabah sebelum dicuci. Agar menghasilkan tekstur ketupat yang lembut, kamu juga bisa merendam beras dengan air kapur sirih selama 15-30 menit hingga beras lunak. Selanjutnya cuci hingga bersih.

2. Memakai cangkang ketupat yang sudah layu

5 Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Masak Ketupat agar Lebih Awetilustrasi ketupat lebaran (asianinspirations.com.au)

Saking semangatnya mau bikin ketupat, hingga persiapan cangkang ketupat pun seminggu sebelum lebaran. Tentu ini bakalan membuat daunnya layu duluan, ya. Walaupun bentuk rangkaian pada ketupatnya masih sama, tapi bakal membuat beda pada tekstur dan aroma yang dihasilkan, lho. 

Sebaiknya, pilih cangkang ketupat yang bersih, masih segar dan memiliki serat daun yang tebal. Penting juga memilih kerangka ketupat yang celahnya lebih rapat, ya. Biar teksturnya lebih padat, karena air yang masuk lebih sedikit.

Baca Juga: 10 Tips Membuat Ketupat yang Empuk dan Gurih untuk Lebaran Besok

3. Terlalu banyak isian beras

5 Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Masak Ketupat agar Lebih Awetilustrasi ketupat lebaran (matakota.id)

Saking dermawannya, hingga isian beras pada kerangka ketupat pun terlampau banyak. Ini juga bakal buat kegagalan yang fatal. Sesuaikan dengan wadah atau kerangka ketupatnya. Jangan terlau sedikit ataupun banyak.

Proses pengisian beras umumnya hanya sekitar 2/3 bagian dari wadah ketupat tersebut. Terlalu banyak beras yang diisi membuat ketupat menjadi kurang matang dan keras. Sedangkan jika isian berasnya terlalu sedikit, tekstur ketupat pun akan menjadi terlalu lembek.

4. Tidak menyiram air dingin pada permukaan kulit

5 Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Masak Ketupat agar Lebih Awetilustrasi ketupat potong (asianinspirations.com.au)

Mungkin kamu sering heran kenapa kulit ketupat selalu berlendir, walaupun baru sehari dimasak. Mungkin kamu melewatkan langkah menyiram air dingin, nih. Walaupun langkah ini terlihat sepele, tapi ini termasuk langkah pentingnya, lho.

Setelah ketupat matang dengan sempurna, siramah permukaan kulitnya menggunakan air dingin. Bukan tanpa alasan, tahap ini berguna buat menghentikan proses pemasakan. Alhasil, cara ini pun ampuh membersihkan lendir-lendir yang menempel pada permukaan ketupat setelah proses pemasakan.

5. Tidak mengangin-anginkan ketupat terlebih dahulu 

5 Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Masak Ketupat agar Lebih Awetinstagram.com/@saifulazharpanan

Mungkin dengan alasan biar terlihat rapi di meja makan, maka hanya meletakkan ketupat di piring. Tapi ini jadi satu kesalahan yang fatal, lho. Karena meletakkan di piring sulit membuat uap keluar. Alhasil, kulit ketupat jadi cepat berlendir. 

Karena proses memasak ketupat bakal menyisakan uap panas di celah kerangka. Maka, gantunglah ketupat di suatu tempat untuk menghilangkan uap panas tersebut. Gantunglah juga di tempat yang gak jauh dari hidangannya, ya.

 

Itulah beberapa kesalahan saat memasak dan menyajikan ketupat. Jangan lupa cermati solusinya, seperti di atas, ya.

Baca Juga: Kandungan Gizi Lontong, Ketupat dan Nasi, Banyak Mana? 

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Seekor kupu yg sedang bermetamorfosa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya