Comscore Tracker

5 Tips Menyimpan Tepung agar Kualitas Tetap Terjaga   

Perlu kamu perhatikan biar tepung tetap berkualitas

Tepung merupakan bahan yang sering ada di dapur untuk pembuatan aneka makanan. Tak hanya tepung terigu saja, jenis tepung beraneka ragam seperti tepung maizena, tepung roti, tepung sagu, ataupun tepung jenis lainnya.

Tepung termasuk bahan makanan yang mudah rusak, entah itu menggumpal ataupun mengeluarkan bau apek atau tengik dari tepung ini. Jika ingin lebih tahan lama dan tidak rusak, tepung harus disimpan dengan benar. Lalu bagaimana sih cara penyimpanan tepung yang tepat? Yuk simak tips berikut.

1. Gunakan sendok kering 

5 Tips Menyimpan Tepung agar Kualitas Tetap Terjaga   thepeppermillinc.com

Ketika mengambil tepung baik dalam jumlah sedikit ataupun banyak, gunakan sendok yang kering agar tetap terjaga. Karena bahan satu ini tidak tahan terhadap kondisi yang lembap, seperti sendok yang basah. Kondisi yang basah atau lembap menyebabkan tepung mudah berjamur ataupun menggumpal.

2. Jangan simpan di dekat makanan berbau tajam 

5 Tips Menyimpan Tepung agar Kualitas Tetap Terjaga   smittenkitchen.com

Tepung merupakan salah satu bahan yang memiliki daya serap yang tinggi terhadap suatu aroma kuat. Oleh karena itu sebaiknya tepung disimpan terpisah dari makanan atau bahan makanan yang memiliki aroma kuat. Seperti vanili, durian, ikan, dan bahan lain yang memiliki aroma kuat. Sehingga aroma 

Baca Juga: Cara Membedakan Tepung Beras dan Tepung Kanji yang Harus Kamu Pahami

3. Cantumkan tanggal penyimpanan 

5 Tips Menyimpan Tepung agar Kualitas Tetap Terjaga   clockworklemon.com

Jangan dianggap sepele, tepung ternyata juga memiliki kedaluwarsa loh. Tepung yang sudah terlalu lama dan mengeluarkan bau tengik sudah tidak baik digunakan lagi. Di samping itu semakin lama penyimpanan tepung, juga akan menurunkan kualitas yang menyebabkan kue yang dihasilkan tidak sempurna seperti saat menggunakan tepung baru. Oleh karena itu penting buatmu untuk mencantumkan tanggal penyimpanan pada wadah, supaya kamu tahu berapa umur tepung yang kamu miliki.

4. Simpan tepung di wadah kering dan kedap udara 

5 Tips Menyimpan Tepung agar Kualitas Tetap Terjaga   kingarthurbaking.com

Tepung termasuk bahan yang sensitif terhadap kelembapan, karena bahan ini mudah lembap dan berjamur ketika terkena sedikit kandungan air. Oleh karena itu sebelum menyimpan tepung, perlu kamu perhatikan wadah yang akan digunakan untuk menyimpannya.

Pastikan wadahnya bersih dan kering agar tidak memicu timbulnya jamur sehingga tepung cepat tengik dan mudah menggumpal. Saat menyimpan pun jangan pernah mencampurkan sisa tepung yang sebelumnya dengan yang baru, sehingga kualitas tepung tetap terjaga.

5. Hindari dari paparan sinar matahari secara langsung 

5 Tips Menyimpan Tepung agar Kualitas Tetap Terjaga   webmd.com

Walaupun tepung tidak cocok dengan kelembapan, tapi penyimpanan tepung dengan terkena matahari langsung juga dapat mengurangi kualitas. Menyimpan tepung dengan posisi terkena sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan tepung mudah menggumpal dan lebih lebih rentan basi karena jamur yang tumbuh subur. Pastikan kamu menyimpan tepung di tempat kering, namun tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Dengan cara penyimpanan yang tepat, semoga tepung akan bertahan lama dan kualitas tetap terjamin.

Baca Juga: 10 Jenis Tepung Paling Populer di Indonesia, Gak Cuma Terigu Lho!

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Penikmat kopi pekat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya