Comscore Tracker

5 Minuman Unik di Kota Jogja, Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung Nih

Dari rasa manis hingga hangat, semuanya enak! #LokalIDN

Mendengar kata Yogyakarta, pasti semua orang tidak bisa lepas dari suasana malam indah dengan menikmati kuliner khas yang sangat lezat. Tak hanya terkenal dengan kulinernya saja, Kota Pelajar ini juga memiliki beberapa minuman yang melegenda di Jogja ataupun mancanegara.

Bukan hanya tentang rasa yang gak ada tandingnya, nama yang dicetuskan dalam minuman pun sangat unik. Yuk cek minuman legenda di Jogja, ada kembarannya gak ya?

1. Es Semlo

5 Minuman Unik di Kota Jogja, Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung Nihinstagram/@baleraosresto

Merupakan minuman spesial, karena merupakan minuman khas Keraton Yogyakarta. Jarang terdengar di telinga masyarakat, minuman ini juga sulit ditemukan di angkringan pinggir jalan seperti minuman pada umumnya.

Es semlo dibuat menggunakan berbagai rempah, yang disajikan dengan menggunakan dinginnya es. Perpaduan antara hangatnya rempah dan dinginnya es inilah yang membuat minuman ini sangat unik dan segar.

Bahan utama minuman ini sendiri adalah campuran gula pasir, berbagai rempah, dan perasan air jeruk nipis yang menambah kesegaran dalam hangatnya rempah ini.

2. Rujak Es Krim   

5 Minuman Unik di Kota Jogja, Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung Nihinstagram/@voilajogja

Seperti namanya, rujak es krim merupakan perpaduan dari rujak dan es krim. Bahan rujak sendiri terdiri dari berbagai jenis buah segar, yang ditambahkan bumbu atau kuah dengan camputan cabai. Walaupun dengan campuran cabai, kuah ini juga masih ditambahkan dengan kuah gula jawa yang menambah perpaduan kesegaran dari rujak.

Pada umumnya, buah yang digunakan untuk rujak adalah sepertu buah kedondong, mangga, pepaya muda, nanas, dan bengkuang. Kamu bisa memilih paduan rasa es krim yang kamu sukai lho.

Baca Juga: 10 Kuliner Bantul Ini Wajib Dicoba Kalau Kamu Liburan ke Jogja

3. Wedang Uwuh   

5 Minuman Unik di Kota Jogja, Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung Nihinstagram/@crystalsapphire_restaurant

Walaupun namanya sangat unik, minuman ini memiliki sejuta manfaat loh. Sering disajikan dalam keadaan hangat atau panas, minuman ini idola seluruh warga Jogja.

Dalam Bahasa Jawa, uwuh sendiri berarti sampah. Tapi tenang saja minuman ini tidak mengandung sampah apapun kok. Wedang uwuh disajikan dengan perpaduan jahe, gula batu, dan kayu secang yang memberikan efek warna merah dan aroma yang sedap. Minuman hangat ini memiliki warna yang cerah, aroma harum yang khas, dan rasa yang tentunya pedas jahe dan manis.

4. Bir Pletok 

5 Minuman Unik di Kota Jogja, Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung Nihinstagram/@vsamperuru

Konon katanya minuman ini diciptakan oleh sang Sultan yang pada awalnya tertarik dengan kebiasaan orang Belanda meminum bir untuk menghangatkan badan. Tenang saja, minuman ini tidak mengandung alkohol kok.

Rasa hangat dari minuman ini tercipta karena peran berbagai rempah seperti kayu secang, kapulaga, pandan, sereh, dan juga cengkeh. Minuman satu ini cocok kamu nikmatin saat malam yang dingin, dijamin bikin hangat tubuh deh.

5. Kopi Joss

5 Minuman Unik di Kota Jogja, Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung Nihinstagram/@jogjaimages

Inilah salah satu kopi unik yang melegenda di Yogyakarta. Bahkan terkenal juga di mancanegara, yang dikenal dengan sebutan The Charcoal Coffe.

Penyajian kopi ini adalah terletak pada arang yang dimasukkan pada segelas kopi panas, yang akan mengeluarkan bunyi joss' itulah asal-usul pemberian pada kopi itu juga. Dari keunikan penyajian inilah yang akan menghasilkan aroma unik tersendiri dari kopi ini.

Semuanya tampak menyegarkan ya. Kamu lebih suka yang mana nih?

Baca Juga: 5 Kuliner Pemancingan di Jogja, Nikmati Hidangan Sambil Salurkan Hobi

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Penikmat kopi pekat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya