Comscore Tracker

8 Variasi Ramen Khas Jepang yang Mungkin Belum Kamu Tahu, Menggiurkan!

Dari penampilannya menggiurkan banget, nih

Ramen merupakan santapan lezat berkuah kaya rasa, yang berasal dari Jepang. Ramen sangat populer di restoran di negara manapun kamu berada, karena santapan ini sudah mendunia.

Ramen terkenal dengan olahan mienya yang mengandung karbohidrat yang mudah mengenyangkan. Oleh karena itu, banyak yang memilihnya sebagai menu alternatif yang sudah mencakup semua gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain itu, ramen itu banyak macamnya, lho. Simak jenisnya di bawah ini, yuk

1. Sapporo Miso Ramen

8 Variasi Ramen Khas Jepang yang Mungkin Belum Kamu Tahu, Menggiurkan!www.justonecookbook.com

Ramen miso satu ini berasal dari Sapporo, yaitu sebuah daerah di kota Hokkaido, Jepang. Ramen satu ini dibuat dengan perpaduan dari kaldu tulang babi ataupun ayam yang kemudian dibumbui dengan campuran pasta miso, jahe, dan tumisan bawang putih.

Ramen satu ini biasanya juga ditambah dengan taburan biji wijen panggang dan minyak wijen yang menambah sup yang khas, sangat lezat. Tak lupa, sajian satu ini biasanya juga disandingkan dengan saus sambal yang pedas dan gurih dan tentunya dengan topping tambahan seperti irisan daging babi, pipilan jagung, nori, daun bawang, dan tauge. 

2. Hakodate Shio Ramen

8 Variasi Ramen Khas Jepang yang Mungkin Belum Kamu Tahu, Menggiurkan!5amramen.com

Juga berasal dari Hokkaido, tepatnya di daerah pelabuhan Hakodate. Jenis satu ini merupakan sup ramen berbahan dasar yang hampir mirip dengan Sapparo Miso Ramen. Ramen Hakodate ini memiliki kaldu yang bening dengan dimasak bersama tulang babi ataupun daging ayam.

Berbeda dari ramen yang kental, jenis ramen satu ini memiliki kuah yang jernih dengan cita rasa yang lebih ringan dan lebih menonjolkan kaldu dagingnya. Di atasnya diberikan beberapa potongan daging babi chashu, rebung, bayam, dan jenis olahan kue ikan yang berwarna merah muda klasik yang dinamakan narutomaki.

3. Tokyo Shoyu Ramen

8 Variasi Ramen Khas Jepang yang Mungkin Belum Kamu Tahu, Menggiurkan!www.hellosummer.com.my

Seperti namanya, ramen jenis ini berbahan dasar kecap shoyu. Jenis ramen satu ini berasal dari Tokyo dan merupakan jenis ramen paling umum yang bakal kamu temukan saat berkunjung di ibu kota Jepang.

Meskipun topping-nya mirip dengan Hakodate Shio Ramen, namun ramen khas Tokyo ini memiliki mi yang lebih gurih serta keuletan tekstur yang sungguh lezat. Kaldu pada ramen ini juga lebih lezat dengan peran dashi dan kecap shoyu yang memberi kemantapan rasa pada sup kaldu ayam.

4. Tokushima Ramen

8 Variasi Ramen Khas Jepang yang Mungkin Belum Kamu Tahu, Menggiurkan!nexttrip.info

Shikoku merupakan wilayah terkecil dan paling padat penduduknya dari empat pulau utama di Jepang. Dari pulau selatan Shikoku inilah tercipta Tokushima Ramen yang terkenal dengan kuah kaya rasanya.

Jenis ramen ini juga yang termasuk populer bagi pecinta ramen khas Jepang ini. Ramen ini dilengkapi dengan topping seperti irisan perut babi dan telur mentah yang sungguh menggiurkan.

Bukan topping biasa aja, irisan perut babi tersebut diolah terlebih dahulu dengan cara didihkan dengan api yang besar dalam kuah yang terdiri dari kecap, mirin, sake, dan gula merah yang menghasilkan tekstur lembut dan rasa yang kaya. 

Baca Juga: 7 Ramen Terbaik di Tokyo Jepang, Rasanya Sangat Otentik!

5. Tonkotsu Ramen

8 Variasi Ramen Khas Jepang yang Mungkin Belum Kamu Tahu, Menggiurkan!www.sbs.com.au

Ramen tonkotsu adalah makanan khas yang disajikan bersama potongan daging babi dan ayam yang direbus hingga lemak alaminya melebur menjadi kaldu yang kaya rasa dan beraroma lezat. Ramen ini biasanya disajikan bersama telur rebus yang sudah direbus menggunakan campuran sake, kecap, mirin, dan gula untuk menambah kaya rasa.

Menariknya lagi dari ramen satu ini adalah tambahan topping lengkap seperti irisan lemak babi yang lembut, jamur, dan taburan kaldu bawang putih serta minyak bawang merah. Menggiurkan banget, deh.

6. Tantanmen

8 Variasi Ramen Khas Jepang yang Mungkin Belum Kamu Tahu, Menggiurkan!sudachirecipes.com

Olahan ramen satu ini terinspirasi oleh mie khas Cina yang bernama Szechuan Dan Dan. Tantanmen Jepang menjadi salah satu ramen yang agak berbeda dari yang lain, yaitu dengan tambahan daging babi cincang pedas yang dibumbui dengan pasta kedelai dan pasta kacang cabai. Sangat menggoda perut!

Kuah dari ramen ini juga unik, memiliki kuah yang berasal dari kaldu ayam yang dimasak bersama susu kedelai dan pasta wijen dengan dibumbui cuka beras, kecap, minyak cabai, dan acar sawi yang gurih pedas (Zasai).

Topping dari ramen ini bermacam, seperti taburan tauge dan bok choy untuk sayuran hijau, dan hiasi dengan daun bawang dan biji wijen panggang untuk aroma yang menggugah selera.

7. Cold Ramen

8 Variasi Ramen Khas Jepang yang Mungkin Belum Kamu Tahu, Menggiurkan!okonomikitchen.com

Dikenal juga sebagai Hiyashi Chuka, ramen dingin ini berasal dari wilayah Kansai di Hokkaido. Ramen ini menjadi salah satu kenikmatan yang wajib dicoba saat musim panas.

Bukan lagi sup panas yang penuh dengan sambal pedas, tapi ramen dingin disantap dengan campuran saus yang kaya cuka beras, mirin, kecap, dan minyak wijen. Ramen ini bisa menggunakan topping seperti ham, omelet, dan sayuran apapun yang kamu sukai.

8. Tsukemen

8 Variasi Ramen Khas Jepang yang Mungkin Belum Kamu Tahu, Menggiurkan!www.ramenguidejapan.com

Tsukemen dianggap sebagai hidangan ramen yang berbeda dari biasanya. Ramen ini biasa disajikan secara terpisah. Kamu tinggal mencelupkannya ke dalam kuah kaldu babi yang sudah dibumbui dengan kecap, bawang putih, dan bubuk dashi yang sudah dilengkapi dengan hiasan nori dan bawang cincang. Ramen ini biasanya disandingkan bersama kue ikan narutomaki dan daging babi char siu yang dibumbui dengan sake, mirin, dan kecap.

 

Ternyata ada 8 jenis ramen yang berbeda, walaupun ada beberapa dengan hiasan yang sangat mirip, ya. Walaupun berbeda, mereka memiliki keunikan dan kelezatan yang banyak diburu orang juga. Dari semuanya, mana favoritmu, nih?

Baca Juga: 5 Ramen Instan Jepang yang Wajib Kamu Rasakan Kelezatannya

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Seekor kupu yg sedang bermetamorfosa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya