Comscore Tracker

5 Ide Olahan Gurita ala Korea, Lezatnya Bikin Lidah Bergoyang!

#IDNTimesFood Pedas manisnya juara

Gurita atau nakji dalam bahasa Korea, merupakan hewan laut yang lezat saat dijadikan menu masakan. Tak sulit didapat, kini gurita bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional ataupun swalayan.

Jenis yang paling sering dijadikan menu masakan adalah baby gurita atau gurita kecil. Di Korea banyak menu masakan menggunakan hewan bertentakel ini. Didominasi rasa manis dan pedas, berikut 5 olahan gurita ala Korea yang bikin ketagihan

1. Jjukkumi

5 Ide Olahan Gurita ala Korea, Lezatnya Bikin Lidah Bergoyang!instagram.com/zionmarket

Jjukkumi merupakan olahan baby gurita khas Korea. Dimasak dengan bumbu gochujang Korea, rasa jjukkumi pedas dan gurih. Sajian ini sering dibuat oleh masyarakat Korea karena baby gurita sendiri mudah didapatkan di pasar pasar tradisional Korea ataupun swalayan. Tak hanya gochujang, wijen dan jahe menjadi bumbu penting dalam olahan gurita ini.

2. Nakji Bokkeum

5 Ide Olahan Gurita ala Korea, Lezatnya Bikin Lidah Bergoyang!instagram.com/hs_51244

Sangat populer bahkan di luar Korea, olahan gurita nakji bokkeum menjadi menu yang wajib dicoba pencinta makanan Korea. Rasa pedas gurih manis mendominasi olahan gurita ini. Warna merah pekat dari bumbu khas Korea bikin lidah ikut bergoyang

3. Sannakji

5 Ide Olahan Gurita ala Korea, Lezatnya Bikin Lidah Bergoyang!instagram.com/lex.harman

Sannakji adalah olahan gurita mentah Korea. Termasuk ke dalam kuliner ekstrem, gurita dalam sannakji disajikan dalam keadaan mentah dan hanya dibumbui minyak wijen. Gurita yang disajikan pun terlihat segar dan masih menggeliat di atas piring dengan taburan wijen. Berani coba?

Baca Juga: 5 Sajian Khas Korea Berbahan Cumi-cumi dan Gurita, Pedasnya Mantap!

4. Nakji Jeongol

5 Ide Olahan Gurita ala Korea, Lezatnya Bikin Lidah Bergoyang!instagram.com/tghim

Jeongol merupakan masakan Korea berupa sup yang berisi bermacam-macam jenis bahan. Untuk olahan guritanya disebut nakji jeongol. Diolah dengan bumbu gochujang, nakji jeongol memiliki rasa pedas, gurih, dan asin. Menu ini biasanya berisi gurita kecil atau baby gurita yang dimasak dengan beberapa sayuran di dalam wadah besar dan kuah yang lezat.

5. Muneo Jorim

5 Ide Olahan Gurita ala Korea, Lezatnya Bikin Lidah Bergoyang!instagram.com/therosy_lee

Muneo jorim atau biasa dibilang tumis gurita pedas Korea. Masakan Korea satu ini memakai wijen dan kecap asin sebagai bumbu utama. Gurita yang digunakan pun harus dipotong-potong kecil agar mudah saat mengolahnya.

Cita rasa muneo jorim didominasi pedas, manis, dan gurih. Rasa pedas ini didapat dari bubuk cabai atau gochugaru.

Itulah beberapa olahan gurita khas Negeri Ginseng, Korea yang bisa jadi ide menu makanan di rumah untuk keluarga. Apakah kamu tertarik mencobanya?

Baca Juga: Resep Tahu Gurita yang Gurih dan Sehat, Camilan Unik untuk Teman WFH

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya