Comscore Tracker

5 Sup Ikan khas Kroasia, Sajian Lezat Penghangat Suasana

#IDNTimesFood Bikin ngiler!

Olahan ikan menjadi salah satu yang populer di Kroasia. Menu berbahan ikan kerap muncul di sajian makan siang maupun malam.

Memiliki ciri khas menggunakan paprika dan saus tomat untuk olahan masakan, Kroasia identik dengan rasa pedas. Selain itu, bumbu aromatik seperti rosemary dan minyak zaitun juga menambah aroma sup ikan khas Kroasia semakin menggoda. 

Tertarik mencicipinya, berikut deretan sup ikan Kroasia yang menjadi menu andalan. Cocok disajikan sebagai makan malam penghangat suasana. 

1. Fis paprikas

5 Sup Ikan khas Kroasia, Sajian Lezat Penghangat SuasanaFis paprikas (instagram.com/i.am.the.one.who.cooks)

Fis paprikas menggunakan ikan dan paprika sebagai bahan utama. Ikan yang digunakan biasanya adalah lele, ikan tawar lainnya. Setelah matang, sup ikan pedas ini dinikmati bersama mi sebagai menu makan malam.

Fis paprikas cukup populer di Kroasia, bahkan ada perlombaan membuat sup pedas ini setiap tahun.

2. Gregada

5 Sup Ikan khas Kroasia, Sajian Lezat Penghangat SuasanaGregada (instagram.com/konobasesula)

Gregada merupakan sajian yang dibuat dari ikan dan kentang khas Pulau Dalmatian, Kroasia. Jenis ikan yang digunakan untuk membuat hidangan ini adalah ikan cod. Ikan tersebut kemudian dimasak dengan minyak zaitun, bawang, parsley, seledri dan sedikit white wine.

Lezat dan menyegarkan terasa saat mencicipi hidangan ini. Sangat mudah dibuat, gregada biasanya disajikan sebagai menu makan siang di Kroasia.

3. Neretvanski brudet

5 Sup Ikan khas Kroasia, Sajian Lezat Penghangat SuasanaNeretvanski brudet (instagram.com/nika_handmade_jewelry)

Neretvanski brudet adalah sup ikan Kroasia yang cukup unik. Memakai ikan lele atau ikan tawar sebagai bahan utamanya.

Dimasak dalam panci dan api besar dengan tungku tradisionalnya, neretvanski brudet sekilas mirip gulai ikan di Indonesia. Namun sup ikan Kroasia ini memiliki rasa asam dari cuka yang menjadi salah satu bumbunya. 

Baca Juga: 5 Inspirasi Olahan Ikan Tim dengan Berbagai Bumbu Populer yang Nikmat

4. Brudet

5 Sup Ikan khas Kroasia, Sajian Lezat Penghangat SuasanaBrudet (camping-simuni.hr)

Pencinta seafood pasti langsung jatuh cinta dengan makanan ini. Brudet khas Kroasia memadukan beragam ikan laut dalam satu hidangan. Kepiting, ikan, dan udang dimasak dalam satu panci dengan bumbu merah yang sedikit pedas.

Brudet memakai saus tomat dan bubuk cabai sebagai bumbu utamanya. Rosemary, parsley serta minyak zaitun juga digunakan untuk memberikan aroma herbs yang menggoda.

5. Perkelt od soma

5 Sup Ikan khas Kroasia, Sajian Lezat Penghangat SuasanaPerkelt od soma (instagram.com/andreja_83)

Berasal dari Baranja, Kroasia, perkelt od soma merupakan salah satu olahan ikan lele yang cukup populer di sana. Sangat mudah ditemukan, perkelt od soma menjadi makanan utama yang ada di restoran.

Sup ikan ini memiliki kuah warna merah pekat yang berasal dari paprika. Sedangkan bumbu pelengkap lainnya adalah bawang, rosemary, parsley dan minyak zaitun yang membuat sajian ini makin yummy. Tak ketinggalan tambahan lada hitam ditaburkan ke dalam perkelt od soma untuk memberi rasa lebih nendang. 

Sudah mulai ngiler? Jangan lupa untuk mencicipinya, ya! Kira-kira, kamu ingin mencoba menu yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Hidangan Ikan Khas Vietnam dengan Rasa Menggugah Selera, Kaya Gizi!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya