Comscore Tracker

5 Fakta Kombu Rumput Laut, Cikal Bakal Rasa Umami Khas Jepang

Hampir dimakan setiap hari, lho

Siapa yang suka dengan udon atau miso khas Jepang? Hidangan Negeri Sakura ini memiliki ciri khas rasa unik yang disebut umami.

Ternyata, rahasia di balik rasa umami khas Jepang ini adalah penggunaan rumput laut atau kombu. Penasaran? Berikut beberapa fakta tentang kombu khas Jepang yang ciptakan rasa umami pada masakan.

1. Kombu populer di kawasan Asia Timur

5 Fakta Kombu Rumput Laut, Cikal Bakal Rasa Umami Khas JepangKombu (Instagram.com/jonatanlopessushiman)

Dilansir Delighted Cooking, kombu atau konbu merupakan jenis rumput laut yang berasal dari jenis Lamonaria japonica. Kombu sendiri populer dijadikan bahan masakan di negara-negara Asia Timur seperti Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan.

Di Jepang, kombu diolah menjadi dashi. Bumbu tersebut merupakan kaldu penyedap berbagai masakan khas Jepang, seperti udon, miso dan lainnya. 

2. Kombu sudah ada sejak Zaman Edo

5 Fakta Kombu Rumput Laut, Cikal Bakal Rasa Umami Khas JepangKombu (instagram.com/tokokoro_ramen)

Di Jepang, kombu sudah ada sejak zaman pemerintahan era Edo berkuasa. Kombu yang dulu tak bisa ditemukan setiap hari karena keterbatasan teknologi. Kini kombu banyak dibudidayakan dan dilestarikan.

Dengan begitu, kombu bisa dinikmati dan ditemukan kapan pun. Kombu yang diambil dari laut biasanya akan dikeringkan terlebih dahulu, hingga benar-benar kering. Barulah setelah itu dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama. 

3. Kombu diolah kedalam berbagai macam produk

5 Fakta Kombu Rumput Laut, Cikal Bakal Rasa Umami Khas JepangKombu (misosoup.site)

Tak cuma digunakan membuat kaldu. Kombu menjadi salah satu bahan makanan yang sering ada dalam beberapa masakan Jepang. Ada battera sushi khas Osaka yang menggunakan kombu sebagai pembungkus sushi.

Selain itu kombu juga diolah menjadi produk makanan lain, seperti kombu tea, kombu snack, shio kombu(abon rumput laut), tororo kombu yang biasa digunakan diatas ramen atau oboro kombu yang digunakan sebagai kulit sushi. Wah, bermacam-macam, ya!

Baca Juga: 12 Varian Udon Jepang yang Unik, Semuanya Enak dan Bikin Ngiler!

4. Kombu dikemas dan dipasarkan secara global

5 Fakta Kombu Rumput Laut, Cikal Bakal Rasa Umami Khas JepangKombu (chopstickchronicles.com)

Kombu sendiri mudah ditemukan di Jepang. Mereka mengemas kombu yang sudah dikeringkan ke dalam plastik dan menjualnya di supermarket.

Bukan hanya di Jepang, kombu juga bisa ditemukan di negara lain. Bentuknya lembaran berwarna hitam. Dengan kombu kemasan ini kamu bisa membuat sendiri dashi di rumah.  

5. Kombu memiliki banyak manfaat

5 Fakta Kombu Rumput Laut, Cikal Bakal Rasa Umami Khas JepangKombumaki (misosoup.site)

Dilansir Miso Soup, kombu jadi salah satu superfood yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya karena kandungan kalsium, zat besi dan yodium dalam kombu cukup tinggi.

Dengan begitu, kombu mampu mencukupi kebutuhan tubuh kita. Gak cuma itu, kombu juga mampu meningkatkan imunitas tubuh karena kandungan vitaminnya yang melimpah.

Wah, akhirnya sekarang kamu sudah tahu asal rasa umami khas Jepang itu, ya. Di Jepang, kombu sudah jadi makanan pokok yang wajib ada di meja, lho. Kamu tertarik mencoba kombu gak, nih? 

Baca Juga: 5 Roti Isi dari Jepang yang Bikin Gempar Dunia Kuliner

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya