Comscore Tracker

5 Fakta Mi Biang-biang Khas Tiongkok, Ternyata Makanan Buruh

Kian digemari karena seporsi mi ini bikin perut auto kenyang

Tiongkok memiliki kuliner mi yang cukup unik, bernama biang-biang mian atau populer sebagai mi biang-biang. Bentuk mi-nya lebar dan disajikan dalam kuah merah khas. 

Karena bentuk mi-nya yang lebar, menyantap seporsi mi biang-biang ini cukup membuat kenyang perut, lho. Sering disebut mi sabuk, mi biang-biang khas Tiongkok ini punya beberapa fakta unik, lho. Penasaran? Langsung disimak aja di bawah ini

1. Mi biang-biang adalah makanan pekerja atau buruh di Tiongkok

5 Fakta Mi Biang-biang Khas Tiongkok, Ternyata Makanan BuruhMi biang biang (instagram.com/bianca_eats)

Mi biang-biang atau biang-biang mian merupakan makanan khas Xi'an Tiongkok yang kini populer di dunia. Bentuknya lebar, sangat berbeda dari mi pada umumnya. Karena ukurannya yang lebar, mi ini sering disamakan dengan sabuk atau ikat pinggang. Sehingga banyak yang menyebutnya mi sabuk.

Usut punya usut, ternyata mi biang-biang ini awalnya hanya dikonsumsi para pekerja buruh di Tiongkok, tak heran ukuran mi-nya cukup lebar. Hal ini bertujuan agar para pekerja kenyang lebih lama saat memakan mi ini.

2. Proses pembuatannya cukup unik dan istimewa

5 Fakta Mi Biang-biang Khas Tiongkok, Ternyata Makanan BuruhMi biang biang (instagram.com/foodeaseparis)

Selain bentuknya yang mencolok, perbedaan mi biang dari yang lainnya adalah proses pembuatannya. Dimulai dari menguleni adonan mi, lalu mi dipotong dan mulai diregangkan hingga mi memanjang. Proses itu dilakukan berulang hingga mendapatkan ketebalan yang diinginkan. 

Belum selesai sampai di situ, pembuat mi akan menjentikkan pergelangan tangannya yang merupakan tanda bahwa proses pembuatan mi biang telah selesai. 

3. Asal nama biang-biang yang unik

5 Fakta Mi Biang-biang Khas Tiongkok, Ternyata Makanan BuruhMi biang biang (instagram.com/untourfoodtours)

Nama biang-biang diambil dari suara yang terdengar saat mengolah mi ini. Yakni suara adonan mi yang terbentur ke wadah kayu atau bahkan aluminium yang digunakan. 

Dalam bahasa Mandarin, biang-biang memiliki aksara yang sangat sulit ditulis, lho. Bahkan dalam satu aksara tersebut terdapat 57 goresan yang sudah ada sejak dulu. 

Baca Juga: Patut Ditiru! 7 Negara ini Punya Cara Unik Mengatasi Sisa Makanan

4. Penulisan aksaranya cukup rumit diantara lainnya

5 Fakta Mi Biang-biang Khas Tiongkok, Ternyata Makanan BuruhIlustrasi penulisan kata biang (chinasichuanfood.com)

Di balik penulisan aksara dari biang yang sulit ternyata, ada peran dari Kaisar Qin yang kala itu berkuasa. Hal ini bermula saat kaisar sedang sakit, dan tiba-tiba ingin makan mi lebar tersebut. Sang koki istana pun segera menghidangkan mi biang ini kepada kaisar. 

Di luar dugaan, ternyata kaisar menyukai mi lebar yang biasanya dimakan oleh para pekerja di Tiongkok. Lalu kaisar pun mendeskripsikan betapa enaknya mi biang ini kedalam beberapa aksara. Hingga kini penulisan mi biang-biang diakui yang tersulit diantara kata lainnya

5. Mi biang-biang dimasak dengan aneka rempah dan bumbu khas Xian Tiongkok

5 Fakta Mi Biang-biang Khas Tiongkok, Ternyata Makanan BuruhMi biang biang (instagram.com/onehungryasian)

Mi biang-biang identik dengan rasa pedas yang ringan dari minyak cabe khas Xi'an dan cuka didalamnya. Selain itu ada rempah rempah seperti merica Xi'an, jintan, ketumbar, bawang merah dan putih. 

Seperti memasak mi pada umumnya, mi biang digoreng bersama bumbu dan rempah dan nantinya akan disajikan bersama pok choy yang dikukus. 

Dulu menjadi makanan pekerja dan buruh, kini mi biang-biang menjadi hidangan khas Xi'an yang gampang banget ditemukan di restoran atau warung makan. Tertarik mencobanya? 

Baca Juga: 10 Makanan Paling Unik dan Nikmat Khas Jawa Barat, Kamu Pernah Coba?

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu dua anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya