Comscore Tracker

7 Jenis Getuk Khas Indonesia Paling Nikmat, Cocok buat Teman Ngeteh

Ada yang terbuat dari pisang, lho!

Getuk adalah camilan dari singkong yang sudah tak asing lagi di lidah orang Indonesia. Teksturnya lembut dengan rasa manis dan gurih bikin rindu penikmatnya.

Meski identik dengan masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur, getuk ternyata punya beragam jenisnya. Tak hanya dari singkong, ada juga yang terbuat dari pisang, lho.

Penasaran apa saja jenis getuk yang ada? Simak jenis ragam getuk paling nikmat dan populer di Indonesia berikut ini, ya.

1. Getuk trio

7 Jenis Getuk Khas Indonesia Paling Nikmat, Cocok buat Teman NgetehGethuk trio (instagram.com/mickey_lie)

Getuk trio merupakan oleh-oleh populer asal Magelang. Terdiri dari tiga warna, getuk trio berbentuk seperti kue lapis. Teksturnya sangat halus karena singkong ditumbuk dengan sempurna.

Tambahan santan dalam pembuatan getuk ini membuat rasanya kian gurih dan nikmat. Getuk trio dikemas dalam plastik dan ditata rapi dalam kotak, sehingga sangat praktis kalau dijadikan oleh-oleh. 

2. Getuk gulung

7 Jenis Getuk Khas Indonesia Paling Nikmat, Cocok buat Teman NgetehGetuk gulung (instagram.com/anton_wiwoho)

Getuk satu ini merupakan kreasi kekinian dengan menambahkan topping di atasnya. Dengan aneka warna dan rasa, getuk gulung langsung jadi primadona kudapan anak muda.

Tak hanya rasanya yang bermacam-macam, topping-nya pun beragam dan disesuaikan dengan kesukaan anak muda. Mulai dari keju, cokelat, meses digunakan sebagai topping yang menghiasi getuk gulung ini. 

3. Getuk lindri

7 Jenis Getuk Khas Indonesia Paling Nikmat, Cocok buat Teman NgetehGethuk lindri (instagram.com/maktiendailyfood)

Getuk yang sangat familier dan mudah ditemukan adalah getuk lindri. Dibuat dari singkong yang digiling halus, getuk lindri berbentuk mirip mi bertumpuk tumpuk.

Warnanya pun dibikin berwarna-warni, sehingga terlihat lebih cantik. Tak lupa taburan parutan kelapa gurih dan manis yang kian menambah selera makanan dari singkong ini. 

Baca Juga: 7 Resep Olahan Singkong Ternikmat dan Mudah Dibuat

4. Gethuk singkong

7 Jenis Getuk Khas Indonesia Paling Nikmat, Cocok buat Teman NgetehGethuk singkong (instagram.com/yanesthi)

Getuk yang terbuat dari singkong menjadi jenis paling klasik yang masih banyak ditemukan di Pulau Jawa. Warna getuk putih khas singkong dengan parutan kelapa diatasnya.

Getuk singkong ini mudah ditemukan di pasar tradisional, rasanya pun manis dan gurih. Selain yang berwarna putih, ada pula getuk singkong gula aren dengan warna kecokelatan dan lebih manis. 

5. Getuk pisang

7 Jenis Getuk Khas Indonesia Paling Nikmat, Cocok buat Teman NgetehGethuk pisang (instagram.com/dinaskominfo_kedirikab)

Getuk pisang adalah oleh oleh khas Kediri Jawa Timur. Getuk ini dibuat dari pisang yang dikukus dan dicampur dengan gula dan garam.

Cara pengemasannya pun berbeda dari getuk yang lain, yakni digulung dan dibungkus daun pisang. Warnanya cokelat dengan rasa manis dan gurih. Aroma pisang di dalamnya harum banget.

6. Gethuk kurung

7 Jenis Getuk Khas Indonesia Paling Nikmat, Cocok buat Teman NgetehGetuk kurung (instagram.com/the.lucky.belly)

Berasal dari Klaten, getuk kurung sangat populer di kalangan wisatawan dan masyarakat setempat. Getuk kurung berbentuk kotak dengan motif garis di bagian pinggirnya. Uniknya, getuk ini berisi selai nanas, sehingga terasa manis dan asam. Getuk ini sudah ada sejak tahun 70-an, lho.

7. Getuk goreng

7 Jenis Getuk Khas Indonesia Paling Nikmat, Cocok buat Teman NgetehGetuk goreng (instagram.com/rhiniewidya)

Terkenal dari Banyumas, getuk goreng dibuat dari singkong dengan campuran gula merah. Getuk ini dibentuk bulat dan digoreng kering, renyah banget, deh.

Kalau mau dijadikan oleh-oleh, getuk goreng sangat mudah ditemukan di sentra oleh-oleh Banyumas. Biasanya getuk ini dijual dan dikemas dalam besek bambu, agar mudah saat dibawa pulang.

Enak dan banyak jenisnya, getuk cocok banget jadi teman minum teh atau kopi saat santai sore. Dari ketujuh getuk yang ada, mana yang selalu jadi kesukaanmu?

Baca Juga: Tidak Sengaja Dibuat, Ini Sejarah Getuk Goreng Oleh-oleh Khas Banyumas

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya