Comscore Tracker

5 Fakta Mitsumame, Dessert Khas Jepang Mirip Es Campur

#IDNTimesFood Isiannya komplit dan menyegarkan

Bila di Indonesia ada es campur, di Jepang punya mitsumame. Sajian segar khas Jepang yang punya isian komplit dan menyehatkan, lho.

Mitsumame banyak disantap masyarakat Jepang sebagai dessert di musim panas. Sudah ada sejak lama, mitsumame kini punya banyak varian yang bisa kita pilih. Jadi idola wisatawan, berikut beberapa fakta tentang mitsumame dessert segar khas Negeri Sakura.

1. Mitsumame merupakan adaptasi jajanan anak-anak

5 Fakta Mitsumame, Dessert Khas Jepang Mirip Es CampurMitsumame (instagram.com/manamiwa_hawaii)

Mitsumame merupakan dessert khas Jepang yang memiliki beragam isian. Ada kanten atau agar-agar bening, buah buahan, setup kacang merah dan gyuhi yaitu bola ketan berwarna-warni khas Jepang. Mitsumame merupakan adaptasi dari jajanan anak-anak, shinko zaiku. Mitsumame pertama kali dikenalkan pada tahun 1903 di Asakusa Tokyo. 

2. Mitsumame disajikan bersama sirup hitam

5 Fakta Mitsumame, Dessert Khas Jepang Mirip Es CampurMitsumame (instagram.com/tokyo_gov)

Di Jepang, mitsumame disajikan dengan dua sirup. Satu berwarna hitam dan lainnya berwarna putih. Namun yang paling sering digunakan adalah yang berwarna hitam. Sirup berwarna hitam ini biasanya disebut dengan kuromitsu yang dibuat dari gula merah. 

3. Mitsumame sering disantap saat musim panas

5 Fakta Mitsumame, Dessert Khas Jepang Mirip Es CampurMitsumame (instagram.com/fuchi1231)

Mitsumame sangat digemari masyarakat Jepang, terutama saat musim panas. Hidangan ini sangat pas dan membuat segar ketika disantap. Cara membuatnya juga mudah, karena bisa dikombinasikan menggunakan buah apapun. Ciri khas utama hidangan ini adalah jeli bening atau kanten Jepang yang dipotong kotak kotak.

Baca Juga: 5 Fakta Chankonabe, Makanan Enak dan Padat Nutrisi Ala Sumo Jepang

4. Mitsumame mudah ditemukan di restoran Jepang

5 Fakta Mitsumame, Dessert Khas Jepang Mirip Es CampurMitsumame (instagram.com/t_mimi1414)

Mitsumame dapat mudah ditemukan di restoran Jepang. Namun yang populer ada di Kafe Funawa, daerah Asasuka, Jepang. Kafe ini dikenal sebagai tempat asal dessert segar ini. Kafe Funawa sudah sangat populer di kalangan pencinta mitsumame. Di tempat ini juga disediakan tempat makan khusus mitsumame yang disebut mitsumame hall. 

5. Mitsumame memiliki banyak kreasi baru

5 Fakta Mitsumame, Dessert Khas Jepang Mirip Es CampurMitsumame (instagram.com/aakk.51)

Mitsumame memiliki banyak varian lain, yang membedakan adalah adanya penambahan bahan lain dalam minuman tersebut.

Seperti pada anmitsu yang ditambahkan dengan anko atau pasta kacang merah. Selain itu ada krim mitsumame yaitu mitsumame dengan es krim. Pencinta kopi di Jepang juga dimanjakan, nih, dengan adanya coffee mitsumame. 

Dibuat dari buah-buahan dan jeli, kamu bisa membuat kreasi mitsumame sendiri di rumah. Sebelum mencicipinya langsung di Negeri Sakura, nih. 

Baca Juga: 10 Makanan Indonesia Ini Ternyata Mirip Kuliner Jepang, Suka Mana?

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu dua anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya