Comscore Tracker

5 Ragam Donburi, Rice Bowl Khas Jepang dengan Isian Komplit

Menggunakan seafood hingga daging ayam

Pernah dengar donburi? Rice bowl atau hidangan nasi dalam mangkuk khas Jepang yang memiliki beragam topping di atasnya. Di Jepang, donburi memiliki beberapa jenis dan dikategorikan berdasarkan topping atau isian dari donburi.

Untuk ragam topping seperti seafood, daging ayam dan sapi kerap menghiasi hidangan nasi khas Jepang ini. Ingin tahu, apa saja jenis donburi yang ada di Jepang, yuk, simak artikel dibawah ini! 

1. Chirashi donburi

5 Ragam Donburi, Rice Bowl Khas Jepang dengan Isian KomplitChirashi donburi (secretlifeoffatbacks.com)

Chirashi donburi adalah rice bowl Jepang yang mirip kaisendon. Meski mirip isiannya, chirashi ternyata memiliki cara penyajian yang berbeda.

Dalam membuat chirashi donburi, semua isiannya atau sashimi di dalamnya dipotong dalam bentuk lebih kecil. Tak hanya itu, chirasi donburi juga menggunakan cuka untuk memberikan rasa dalam hidangan nasinya. 

2. Gyudon

5 Ragam Donburi, Rice Bowl Khas Jepang dengan Isian KomplitGyudon (jajabakes.com)

Gyudon atau beef bowl adalah hidangan nasi khas Jepang dengan irisan daging sapi yang dimasak bersama kecap asin dan gula. Tak lupa scrambled egg diletakkan di atas gyudon.

Di Jepang, telur di atas gyudon bisa berupa telur orak arik atau scrambled egg. Namun sebagian masyarakat juga menambahkan telur mentah di atas gyudon. Gimana rasanya, ya? 

3. Kaisendon

5 Ragam Donburi, Rice Bowl Khas Jepang dengan Isian KomplitKaisendon (timeout.com)

Pencinta seafood tak boleh melewatkan rice bowl satu ini yaitu kaisendon. Ricebowl khas Jepang ini memiliki isian komplit berupa nasi dan aneka sashimi segar.

Di dalam kaisendon terdapat ikura atau telur ikan yang membuaf hidangan nasi Jepang ini kian lezat. Di Jepang, ikura disajikan dengan kecap asin dan wasabi. 

Baca Juga: 5 Fakta Chankonabe, Makanan Enak dan Padat Nutrisi Ala Sumo Jepang

4. Salmon ikura donburi

5 Ragam Donburi, Rice Bowl Khas Jepang dengan Isian KomplitSalmon ikura don (justonecookbook.com)

Seperti namanya, salmon ikura don merupakan sajian nasi dengan potongan ikan salmon segar di atasnya. Tak hanya potongan ikan salmon, ada juga ikura atau telur salmon yang menghiasi hidangan nasi ini. 

Tambahan potongan rumput laut dan daun shiso kian membuat nikmat hidangan ini. Salmon ikura don  juga bisa dinikmati dengan kecap asin. 

5. Soboro donburi

5 Ragam Donburi, Rice Bowl Khas Jepang dengan Isian KomplitSoboro donburi (instagram.com/tmytsm)

Soboro donburi merupakan rice bowl khas Jepang dengan telur orak arik atau scrambled egg serta tumisan daging ayam di atasnya. Cara membuat soboro don cukup unik karena menggunakan sumpit untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan.

Soboro donburi sangat mudah dibuat dan hampir disukai semua kalangan usia. Karena rasanya enak dan mudah diterima lidah siapa saja. Donburi Jepang satu ini sering dijadikan bekal anak saat pergi sekolah. 

Punya rasa unik dan enak, lima ragam donburi khas Jepang di atas wajib kamu cicipi semuanya, ya! 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Rice Bowl di Jaksel, Praktis Gak Pakai Ribet!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya