Comscore Tracker

Ada Nori, 7 Topping yang Bikin Rasa Ramen Makin Sedap

Kelezatannya berlipat ganda, nih

Ramen adalah salah satu hidangan mi khas Jepang dengan beragam topping yang nikmat. Mulai dari nori atau rumput laut kering hingga menma atau rebung bambu. Semua topping tersebut menambah cita rasa kelezatan ramen khas Jepang, lho.

Selain dijadikan topping, deretan makanan pelengkap atau kondimen tersebut juga banyak dijadikan camilan, lho. Penasaran topping apa saja yang biasanya ada pada ramen khas Jepang? Simak selengkapnya berikut ini, ya!

1. Nori

Ada Nori, 7 Topping yang Bikin Rasa Ramen Makin SedapNori ramen (instagram.com/aqua_hirotie)

Nori atau rumput laut kering sudah tak asing di kalangan pencinta makanan khas Jepang. Kondimen menjadi satu topping wajib dan sering ada dalam aneka ramen.

Rasa gurih khasnya sudah melekat dengan kebiasaan makan masyarakat Jepang. Gak heran kalau nori selalu ada pada masakan Jepang, gak cuma di ramen saja. Namun, memang cita rasa ramen akan lebih nikmat jika ditambah rumput laut kering ini.

2. Narutomaki

Ada Nori, 7 Topping yang Bikin Rasa Ramen Makin SedapNarutomaki (instagram.com/lerizjaune)

Narutomaki adalah fishcake atau kue ikan khas Jepang dengn bentuk dan warna yang unik. Topping ini sangat populer di kalangan pencinta anime.

Sebab, narutomaki sering muncul sebagai taburan ramen. Kalau kamu tahu, pada anime Naruto, tokoh utama itu menyukai ramen di sebuah kedai dengan tambahan topping narutomaki ini. 

3. Chashu

Ada Nori, 7 Topping yang Bikin Rasa Ramen Makin SedapChashu (chopstickchronicles.com)

Chashu adalah daging babi yang dipotong tipis-tipis. Biasanya, potongan daging diberikan di atas mi ramen yang sudah disiram kuah.

Namun, tak semua ramen menggunakan topping chashu ini. Cara membuat chashu cukup unik, karena daging babi harus digulung dan diikat, setelah itu baru bisa dipanggang atau digoreng. 

Baca Juga: 10 Kuliner Jepang Ini Ternyata Mendapat Pengaruh Budaya Barat

4. Menma

Ada Nori, 7 Topping yang Bikin Rasa Ramen Makin SedapMenma (wokandskillet.com)

Menma jadi salah satu topping yang sering ada di ramen khas Jepang. Menma dibuat dari tunas bambu atau rebung yang dibumbui dengan dashi, kaldu Jepang.

Selain menjadi topping ramen, menma juga kerap dijadikan snack atau makanan pendamping karena teksturnya yang renyah. Kalau ditambahkan ke ramen, tentu topping ini memberikan sensasi renyah yang bikin goyang lidah.

5. Ajitama

Ada Nori, 7 Topping yang Bikin Rasa Ramen Makin SedapAjitama (japanesecooking101.com)

Ajitama atau ajitsuke tamago adalah telur rebus yang dibumbui dashi. Ajitama kerap dijadikan topping aneka makanan Jepang, seperti ramen, rice bowl atau salad. Telur rebus ini terasa gurih dan kebanyakan cenderung dimasak sampai setengah matang saja.

6. Negi

Ada Nori, 7 Topping yang Bikin Rasa Ramen Makin SedapNegi (instagram.com/emymellisa)

Kalau kamu sadar, negi atau daun bawang cincang juga sering ada d iatas ramen. Punya aroma dan rasa yang cukup kuat, negi membuat ramen khas Jepang kian lezat.

Selain dipotong kecil-kecil, banyak ditemui negi yang disajikan berbentuk panjang dan tipis. Kamu bisa memesan sesuai seleramu, lho. Keduanya tetao memberikan kelezatan pada ramen.

7. Moyashi

Ada Nori, 7 Topping yang Bikin Rasa Ramen Makin SedapMoyashi (justonecookbook.com)

Moyashi atau taoge juga kerap dijadikan topping ramen, lho. Dilansir Just One Cook Book, moyashi dikenal dengan kandungan vitaminnya yang lengkap. Dengan begitu, gak heran jika moyashi banyak digunakan dalam makanan Asia, salah satunya adalah ramen.

Sangat cocok saat dimakan bersama ramen, ketujuh jenis topping di atas tak bisa dipisahkan dari hidangan mi khas Jepang tersebut. Hayo, kamu paling suka makan ramen dengan topping apa, nih?

Baca Juga: 5 Kreasi Ramen Instan ala Idol K-Pop, Mana Favorit Kamu?  

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya