Comscore Tracker

5 Street Food Khas India Ini Kudu Kamu Coba!

Jelajah kuliner tanpa khawatir bakal kekenyangan, deh!

India jadi salah satu negara yang ragam makanannya sudah banyak mendunia, sebut saja misalnya hidangan Biryani dan aneka Kari-nya. Jadi gak heran kalau berkesempatan bisa berlibur di sana, salah satu yang pasti akan dilakukan adalah berburu cita rasa kulinernya.

Tapi gimana dong kalau saking antusiasnya mencoba banyak makanan, akhirnya justru jadi kekenyangan? Tenang aja, kamu bisa tetap puas mencicipi cita rasa khas India tanpa khawatir kekenyangan dengan menikmati 5 jajanan pinggir jalan khas India berikut ini.

1. Medu Vada

5 Street Food Khas India Ini Kudu Kamu Coba!indoindians.com

Bentuk Medu Vada mirip dengan donat, namun memiliki cita rasa kombinasi antara gurih dan pedas. Saat kamu menggigit Medu Vada, maka kamu bisa merasakan tekstur krispi di bagian luar, sedangkan bagian dalamnya memiliki tekstur lembut sekaligus empuk.

Bahan dasar Medu Vada terdiri dari kacang lentil hitam yang dicampur dengan tepung beras, potongan bawang, cabai hijau, daun salam koja, bubuk jahe, dan biji jinten. Medu Vada semakin nikmat jika dimakan dengan beragam saus chatni khas India.

2. Kulfi

5 Street Food Khas India Ini Kudu Kamu Coba!tasteofcity.com

Kulfi adalah es krim tradisional khas india. Kulfi terbuat dari rebusan susu yang kemudian dibekukan di lemari pendingin. Rebusan susu Kulfi tersebut terdiri dari susu cair, kapulaga bubuk, kunyit, susu kental manis, cacahan kacang almond dan pistachio, serta khoya. Kulfi cocok dinikmati sebagai hidangan penutup seusai kamu menyantap makanan India yang berbumbu dan pedas.

Baca Juga: Resep Kulfi Ice Cream Asal India, Bisa Jadi Rekomendasi Berbuka

3. Jalebi

5 Street Food Khas India Ini Kudu Kamu Coba!www.swiggy.com

Buat kamu pecinta jajanan rasa manis, Jalebi adalah jawabannya. Adonan Jalebi terdiri dari tepung terigu, minyak samin, tepung buncis, air, gula, dan ragi. Adonan tersebut kemudian digoreng berbentuk spiral.

Setelah Jalebi matang, selanjutnya akan dicelupkan ke dalam sirup gula. Sirup gula untuk Jalebi sendiri terbuat dari rebusan air dan gula yang dicampur dengan rempah kapulaga sebrang, dan ditambahkan sedikit sari lemon. Jadi jangan heran deh kalau rasa Jalebi ini manis banget.

4. Kathi Roll

5 Street Food Khas India Ini Kudu Kamu Coba!archanaskitchen.com

Kathi Roll berbentuk mirip seperti kebab. Adonan dasar Kathi Roll terdiri dari tepung terigu yang ditambahkan dengan sedikit minyak, garam, dan air secukupnya. Adonan tersebut kemudian dipipihkan, lalu dipanggang.

Isian dari Kathi Roll bisa berupa daging ayam ataupun sayuran yang sudah dibumbui dengan rempah khas India. Wah, membayangkan bisa mencicipi adonan pipih yang dipanggang lalu diisi dengan ayam berbumbu rempah India saja sudah membuat perut lapar, ya?

5. Mirchi Bajji

5 Street Food Khas India Ini Kudu Kamu Coba!instructables.co.

Mirchi Bajji adalah cabai hijau besar yang bijinya dibuang, kemudian digoreng dengan lumuran tepung berbumbu. Tepung berumbu Mirchi Bajji terdiri dari tepung buncis, tepung beras, biji ajwan, bumbu hing, baking soda, garam, dan air secukupnya.

Kamu akan merasakan tekstur krispi saat menggigit Mirchi Bajji. Mirchi Bajji ini biasanya juga diisi dengan cincangan ayam ataupun daging. Buat kamu pecinta pedas, kamu juga bisa menyantap Mirchi Bajji ini sembari ditemani chatni kara, yakni saus pedas khas India.

Itu tadi 5 jajanan pinggir jalan khas India yang gak akan membuatmu khawatir kekenyangan, walaupun kamu terlalu lahap dan menghabiskan lebih dari satu porsi. Jadi, mana nih jajanan pinggir jalan khas India yang paling membuatmu ingin segera mencicipinya?

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Afrika Selatan Serba Daging yang Menggiurkan Lidah

Shinta Dwi Adinda Photo Verified Writer Shinta Dwi Adinda

Cheer up!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya