Comscore Tracker

Lupakan Nasi, Saatnya Mengganti Asupan Karbohidrat dengan Ubi Jalar

#MasakItuGampang Mau sampai kapan makan nasi terus?

Memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, ubi jalar nampaknya sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Ubi jalar kerap kali diolah dengan cara direbus atau dikukus, dengan sajian dressing madu atau sirup sebagai pelengkap.

Dilengkapi dengan vitamin, serat, dan mineral yang tak terhitung jumlahnya, ubi jalar sebenarnya bisa jadi makanan alternatif pengganti nasi lho.

1. Sebelumnya, mari kita cek kandungan nutrisi yang ada pada sebuah ubi jalar ukuran sedang

Lupakan Nasi, Saatnya Mengganti Asupan Karbohidrat dengan Ubi Jalarmomjunction.com

  • kalori 112 kal
  • karbohidrat 26 gr
  • protein 2gr
  • lemak 0gr
  • serat 4 gr
  • gula 5gr
  • potassium 438mg
  • magnesium 32mg
  • vitamin C, B6 dan A

2. Manfaat apa saja yang bisa didapat kalau rajin konsumsi ubi jalar?

Lupakan Nasi, Saatnya Mengganti Asupan Karbohidrat dengan Ubi Jalarinspiredtaste.net

Ada alasannya kenapa kamu harus mulai rutin konsumsi ubi jalar lho. Selain meningkatkan daya penglihatan karena kaya akan vitamin A, sistem imunmu juga akan semakin baik karena mengandung vitamin C.

Jangan lupakan kesehatan jantung dan daya ingat yang semakin kuat karena mengandung koenzim esensial untuk perkembangan kognitifmu.

3. Meski rasanya manis, tapi ubi jalar sangat aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, kenapa?

Lupakan Nasi, Saatnya Mengganti Asupan Karbohidrat dengan Ubi Jalarseriouseats.com

Rasa manis yang ada pada ubi jalar memang dihasilkan secara alami, jadi tak perlu menambahkan gula pun sebenarnya tak masalah. Faktanya ubi jalar justru dijadikan bahan pengganti nasi untuk penderita diabetes. Memang ada anggapan yang salah bahwa penderita diabetes harus menghindari segala bentuk karbohidrat. Padahal, kita hanya perlu memilah, jenis karbohidrat apa saja yang masih aman untuk dikonsumsi.

Ubi jalar sangat sehat untuk penderita diabetes karena mengandung glikemik yang rendah dan serat yang tinggi, artinya ubi jalar akan menyerap kandungan gula dalam darah dengan kecepatan yang sangat lamban. Jadi mencegah kenaikan gula darah secara mendadak.

4. Ubi jalar kuning, oranye, dan ungu. Apa perbedaannya?

Lupakan Nasi, Saatnya Mengganti Asupan Karbohidrat dengan Ubi Jalargoodhousekeeping.com

Perbedaan warna itu disebabkan oleh kandungan fitonutrisi atau phytonutrient, senyawa kimia menyehatkan yang biasa ada pada tumbuhan. Ubi jalar berwarna oranye mengandung beta-karoten dan antioksidan yang tinggi. Sementara ubi jalar ungu mengandung antosianin sehingga mampu mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Warna apa pun ubi jalar yang kamu makan, tetap menyehatkan kok!

5. Bagaimana cara mengolah ubi jalar dengan benar sehingga tak merusak nutrisi?

Lupakan Nasi, Saatnya Mengganti Asupan Karbohidrat dengan Ubi Jalargoodhousekeeping.com

Ada banyak cara untuk mengolah ubi jalar. Saat belanja, pastikan beli ubi jalar yang permukaannya halus & tak ada bagian yang lembek. Simpan di tempat kering & gelap, jangan simpan di kulkas karena bisa merusak cita rasanya saat dimasak.

Salah satu resep masakan ubi jalar yang mudah adalah dengan mencampurnya ke dalam salad ayam. Cukup potong dadu ubi jalar dan panggang selama 25 menit. Setelah itu campurkan ke dalam salad ayam.

Siapa bilang karbohidrat nasi melulu?

Jaladriana Photo Community Writer Jaladriana

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You