Comscore Tracker

10 Cara Pola Makan Gastronomi Berkelanjutan Menurut PBB

Bisa diterapkan ibu rumah tangga maupun pemilik restoran

Tanggal 18 Juni merupakan hari sustainable gastronomy atau bisa juga disebut hari gastronomi berkelanjutan yang diperingati secara internasional. Tanggal spesial itu sendiri ditetapkan oleh PBB melalui resolusi A / RES / 71/246 pada tanggal 21 Desember 2016.

Melalui peringatan ini, masyarakat dunia diajak untuk sadar dan melakukan pola makan berkelanjutan yang ramah lingkungan. Hal ini karena pola makan yang tidak sehat dapat juga mengancam keberlangsungan lingkungan hidup dan ketahanan pangan di masa depan. Makanya melalui hari sustainable gastronomy, kita diajak berbenah untuk memiliki pola makan yang benar dan berkelanjutan.

Menerapkan pola makan berkelanjutan bukanlah hal yang sulit. Kamu bisa coba menerapkan 10 langkah mudah berikut untuk mendukung gerakan sustainable gastronomy. Dengan melakukan hal-hal ini, kamu juga bisa menjaga ketahanan pangan bagi generasi mendatang, lho.

1. Manfaatkan setiap bagian dari bahan masakan

10 Cara Pola Makan Gastronomi Berkelanjutan Menurut PBBilustrasi memasak (pexels.com/Maarten van den Heuvel)

Ketika kamu memasak, usahakan memakai semua bagian dari bahan masakan kamu. Jangan membuang bahan-bahan yang bagiannya masih bisa dipakai untuk memasak. Contohnya, seperti memakai semua bagian dari daging, memanfaatkan tulang untuk menjadi bahan kaldu, memakai sayuran sisa menjadi olahan makanan lainnya, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, kamu bisa mengurangi sampah dapur yang ada di rumahmu. Cara ini juga efektif untuk mencegah kamu dari membuang-buang bahan makanan.

2. Perbanyak konsumsi sayuran

10 Cara Pola Makan Gastronomi Berkelanjutan Menurut PBBilustrasi anak memakan sayur (pexels.com/Alex Green)

Tahukah kamu bahwa daging sapi merupakan salah satu penyumbang emisi karbon terbesar bagi bumi? Karena sebab inilah ada baiknya konsumsi daging harus dikurangi supaya tidak semakin banyak peternakan yang bisa mengancam keberlangsung hidup di bumi jika terlalu banyak jumlahnya.

Mulai sekarang biasakan dirimu untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran daripada daging. Selain lebih sehat, mengonsumsi sayuran juga memiliki dampak yang lebih minim dan aman terhadap lingkungan. Bagi pemilik restoran, kamu juga bisa lebih banyak menyajikan dan menawarkan hidangan berbahan sayur mayur kepada pelangganmu.

Mengurangi konsumsi daging dan perbanyak makan sayuran adalah salah satu cara paling mudah untuk hidup lebih berkelanjutan demi menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu, jauh lebih ekonomis bukan jika mengonsumsi sayuran?

3. Habiskan makananmu

10 Cara Pola Makan Gastronomi Berkelanjutan Menurut PBBilustrasi menghabiskan makanan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bagi kamu yang masih suka tidak menghabiskan makanan, mulai sekarang kamu harus berubah ya. Belajarlah untuk menghabiskan makananmu supaya makanan kita tidak berakhir menjadi sampah. Sampah sisa makanan memang bisa terurai namun sampah-sampah tersebut dapat menghasilkan gas metana yang merupakan salah satu pemicu pemanasan global.

Maka dari itu, ambillah makanan sesuai porsimu dan makan makanan yang memang kamu sukai atau bisa konsumsi. Dengan seperti itu, kamu jadi bisa menghabiskan makananmu dan tidak menyisakan makanan.

4. Mengurangi atau tidak menggunakan plastik sekali pakai

10 Cara Pola Makan Gastronomi Berkelanjutan Menurut PBBilustrasi sampah plastik sekali pakai (pexels.com/Karolina Grabowska)

Bagi pemilik rumah makan ataupun kafe, ada baiknya untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Carilah cara atau barang alternatif lainnya supaya dapat menekan penggunaan plastik sekali pakai. Misalnya, menyajikan minuman dengan gelas kaca atau plastik yang dapat dipakai berulang dan menggunakan kertas atau bungkus makanan ramah lingkungan.

Bagi kamu sebagai customer, kamu bisa mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan cara membawa botol minum sendiri, membawa tas belanja dan peralatan makan sendiri, dan memilih wadah cone untuk es krim.

5. Menggunakan energi dan bahan memasak yang ramah lingkungan

10 Cara Pola Makan Gastronomi Berkelanjutan Menurut PBBilustrasi memasak (pexels.com/One Shot)

Aktivitas memasak merupakan aktivitas yang sering dilakukan tiap harinya. Maka dari itu, perhatikan energi-energi apa saja yang kamu gunakan untuk memasak. Apakah sudah ramah lingkungan atau belum? Kamu bisa menggunakan kompor gas ataupun kompor listrik untuk memasak. Untuk menghemat budget, kamu bisa juga menggunakan peralatan memasak yang berdaya rendah supaya konsumsi listrik tidak berlebih.

Selain peralatan masak, barang-barang untuk memasak lainnya perlu juga kamu perhatikan. Misalnya, minyak goreng. Jika kamu ada budget lebih, sebaiknya kamu beralih ke minyak goreng lainnya yang tidak berbahan dasarkan kelapa sawit. Hal ini karena kelapa sawit merupakan salah satu faktor pemicu pengrusakan hutan yang dapat mengancam keberlangsungan hidup di bumi.

Baca Juga: Tentukan Waktu Makan yang Tepat dengan Pola Makan Intuitif

6. Memilih makanan laut yang berkelanjutan

10 Cara Pola Makan Gastronomi Berkelanjutan Menurut PBBilustrasi ikan (pexels.com/Laker)

Dilansir World Wildlife Foundation (WWF), kondisi perikanan dan cadangan ikan di laut ini sedang dalam situasi yang krisis. Hal ini disebabkan oleh pencemaran laut yang semakin ekstrim dan penangkapan ikan yang secara besar-besaran dan tidak sesuai prosedur.

Maka dari itu, muncullah gerakan sustainable seafood agar tetap bisa menjaga populasi ikan dan hewan laut lainnya serta menjaga ekosistem laut. Supaya memudahkan kamu untuk memilih seafood yang berkelanjutan, WWF juga memberikan Seafood Guide agar kamu bisa mengonsumsi seafood yang ramah lingkungan. Kamu bisa searching di google mengenai jenis-jenis seafood yang ramah untuk dikonsumsi demi keberlangsungan hidup hewan laut di bumi.

7. Menyajikan makanan dengan piring berukuran kecil

10 Cara Pola Makan Gastronomi Berkelanjutan Menurut PBBilustrasi hidangan di piring kecil (pexels.com/Tim Douglas)

Ini merupakan salah satu cara paling mudah untuk diterapkan di rumah. Mulai sekarang sajikan makananmu di piring berukuran kecil ya. Karena hal ini dapat membuat makananmu tampak lebih banyak.

Selain itu, juga membantu kamu mengurangi porsi makan berlebih. Sehingga kamu tidak makan secara berlebihan dan tidak menghambur-hamburkan makananmu.

8. Beli bahan makanan secukupnya dari pertanian dan peternakan lokal

10 Cara Pola Makan Gastronomi Berkelanjutan Menurut PBBilustrasi hasil perkebunan (pexels.com/Marta Wave)

Kalau berbelanja bahan masakan dan bumbu dapur, usahakan untuk membeli bahan yang memang kamu perlukan. Dengan seperti itu, pengeluaran kamu jadi tidak boros. Selain itu, beli bahan makanan sesuai dengan jumlah yang kamu perlukan. Membeli bahan makanan dengan jumlah yang terlalu banyak biasanya hanya akan berakhir membusuk dalam tempat penyimpanan akibat lupa untuk digunakan. Sayang banget 'kan?

Kamu juga disarankan untuk membeli bahan makanan yang berasal dari pertanian dan peternakan lokal. Dengan melakukan hal ini, kamu jadi turut mendukung pertanian dan peternakan yang ada di sekitarmu.

9. Tanam sayur-sayuran di rumah

10 Cara Pola Makan Gastronomi Berkelanjutan Menurut PBBilustrasi tanam sayuran di rumah (pexels.com/Markus Spiske)

Kalau kamu memiliki pekarangan rumah yang kosong dan waktu luang, cobalah untuk menanam sayur di rumahmu. Selain dapat menghemat biaya belanjamu, bertanam sayur di rumah juga menyenangkan dan memberikan rasa bangga bisa mengonsumsi sayuran hasil tanammu sendiri.

Menanam sayuran di rumah bukanlah hal yang sulit. Ada beberapa jenis sayuran yang sangat mudah untuk ditanam di rumah. Seperti kangkung, cabai, tomat, selada, dan masih banyak lagi. Yuk, coba tanam sayur di rumah!

10. Donasikan makanan berlebih kepada orang-orang yang membutuhkan

10 Cara Pola Makan Gastronomi Berkelanjutan Menurut PBBilustrasi berbagi makanan (instagram.com/_servinghumanity_)

Bagi kamu pemilik tempat makan, jika ada makanan sisa yang tidak terjual, daripada disimpan dan dibuang begitu saja, ada baiknya kamu memberi kepada mereka yang membutuhkan. Kamu bisa donasikan makanan yang masih layak konsumsi kepada para tunawisma dan orang-orang miskin yang ada di sekitar lingkunganmu.

Selain berbuat kebaikan, kamu jadi turut mengurangi sampah sisa makanan dan menciptakan lingkungan yang bersih. Masih banyak orang di luar sana yang mengalami kelaparan, mari kita saling berbagi makanan dan kasih sebagai sesama manusia.

Itulah 10 langkah mudah untuk menerapkan pola makan berkelanjutan. Dengan menerapkan pola makan yang benar dapat membuat kualitas hidup dan lingkungan menjadi lebih baik. 

Baca Juga: 6 Pola Makan yang Bisa Memengaruhi Dorongan Seks, Penasaran?

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

IG : @gyy_0529 | FB : Sintya Yoo | Twitter : @Sintya46831892

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya