Comscore Tracker

5 Hidangan Khas Majene yang Paling Populer, Warisan Nusantara!

Cita rasa warisan budaya #IDNTimesFood

Saat kamu berkesempatan mengunjungi Provinsi Sulawesi Barat, sempatkanlah untuk mampir ke Kabupaten Majene yang pusat pemerintahannya ada di Banggae. Sebab, selain destinasi wisata yang memukau, kabupaten ini juga memiliki ragam hidangan khas warisan Nusantara yang menggugah selera.

Selain cita rasa yang lezat karena menggunakan bahan-bahan lokal yang berkualitas, kamu juga bisa mendapatkannya dengan harga yang cukup ramah di kantong, lho.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh, berikut ini terdapat 5 macam hidangan khas Majene yang wajib kamu cicipi. Yuk, simak!

1. Apang mandar

5 Hidangan Khas Majene yang Paling Populer, Warisan Nusantara!ilustrasi kudapan apang mandar (instagram.com/isittich)

Jika diperhatikan sekilas, apang mandar memiliki tampilan seperti kue apem dari Jawa. Bedanya, apang mandar tidak menggunakan tape pada proses pembuatannya. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanya tepung beras dan gula merah.

Dapat diperoleh dengan harga terjangkau, apang mandar biasanya disajikan dengan parutan kelapa. Cita rasanya manis, gurih, dan sangat lezat.

2. Kue bua rangas

5 Hidangan Khas Majene yang Paling Populer, Warisan Nusantara!ilustrasi kudapan kue bua rangas (instagram.com/ambusantioktaviani)

Berasal dari salah satu daerah di Majene bernama Rangas, kue bua rangas merupakan hidangan berupa gorengan yang bahan-bahannya berasal dari tepung terigu, kacang hijau, dan gula aren. Kemudian, semua bahan-bahan tersebut dicampur menjadi adonan lalu digoreng hingga matang.

Saat berada di Majene jangan ragu untuk memborong camilan ini, ya! Selain mengenyangkan perut, harganya pun cukup ramah di kantong. Biasanya kue bua rangas dijadikan sebagai teman saat minum teh atau kopi.

Baca Juga: 10 Kue Kering Khas Indonesia yang Nikmat, Cocok buat Isi Toples

3. Golla kambu

5 Hidangan Khas Majene yang Paling Populer, Warisan Nusantara!ilustrasi kudapan golla kambu (instagram.com/fitrijasmine1177)

Tampilan golla kambu mirip seperti wajik dari Jawa. Tapi, golla kambu memiliki cita rasa manis yang lebih khas. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sajian ini adalah beras ketan, garam, kelapa parut, kacang tanah yang sebelumnya telah disangrai, dan gula merah.

Cara membuatnya yaitu mula-mula beras ketan dikukus. Lalu, masukkan beras ketan dan garam ke dalam rebusan air. Di tempat berbeda, rebus gula merah hingga larut. Selanjutnya, masukkan beras ketan tadi dan kelapa. Tambahkan kacang, aduk sebentar lalu angkat dan biarkan dingin. Setelah itu baru dikemas.

4. Kalumpang

5 Hidangan Khas Majene yang Paling Populer, Warisan Nusantara!ilustrasi kudapan kalumpang (instagram.com/firdausthobelulu)

Bisa dibilang kalumpang merupakan pizza lokalnya Sulawesi Barat. Sekilas tampilannya mirip seperti jepa. Bedanya, jika jepa dibuat dari ubi, kalumpang dibuat dari olahan sagu yang dipanggang di atas dangeang, yaitu alat pemanggang tradisional yang terbuat dari tanah liat.

Kalumpang biasa dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi oleh masyarakat Majene.

Saat ini, terdapat beberapa varian kalumpang, yaitu kalumpang yang diisi dengan gula aren dan kalumpang yang dipanggang lebih lama agar teksturnya renyah seperti keripik.

5. Tumpi-tumpi

5 Hidangan Khas Majene yang Paling Populer, Warisan Nusantara!ilustrasi kudapan tumpi-tumpi( instagram.com/astuti_arsyil)

Tumpi-tumpi disebut juga sebagai nugget khas Sulawesi Barat. Cita rasanya tak kalah nikmat dengan nugget yang dijual di pasaran.

Hidangan ini terbuat dari daging ikan yang sebelumnya telah dihaluskan dan dipisahkan dari tulangnya, kemudian dicampur dengan parutan kelapa lalu digoreng hingga matang. Biasanya tumpi-tumpi menjadi hidangan yang wajib tersedia di acara-acara adat.

Wah, ternyata hidangan khas Majene beraneka ragam, ya! Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencicipi salah satunya?

Baca Juga: 9 Nama Unik Kuliner Khas Kalimantan Timur, Pernah Dengar?

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya