Comscore Tracker

5 Kreasi Makanan di Hulu Sungai Selatan Ini Sayang untuk Dilewatkan!

#LokalIDN Lupakan diet sejenak, saatnya mencicipi kuliner!

Hulu Sungai Selatan merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Kalimantan Selatan. Pusat pemerintahan kabupaten ini terletak di Kandangan.

Berkunjung ke Hulu Sungai Selatan kurang lengkap rasanya jika tidak mengeksplorasi ragam kuliner khasnya yang menggugah selera.

Kira-kira apa saja ya hidangan dari Hulu Sungai Selatan yang wajib kamu cicipi? Yuk, cari tahu kuliner khas di daerah tersebut!

1. Mandai

5 Kreasi Makanan di Hulu Sungai Selatan Ini Sayang untuk Dilewatkan!mandai (instagram.com/fatmadeden)

Mandai merupakan hidangan khas Hulu Sungai Selatan yang terbuat dari kulit cempedak yang telah melalui proses fermentasi. Bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi kulit cempedak, bawang merah, bawang putih, cabai merah, garam, asam jawa, telur, dan minyak goreng.

Cita rasa mandai sangat lezat dengan tekstur yang berserat namun tetap lembut. Tingkat kelembutan hidangan ini tergantung dari seberapa lama proses perendaman kulit cempedak.

2. Pesmol

5 Kreasi Makanan di Hulu Sungai Selatan Ini Sayang untuk Dilewatkan!pesmol (instagram.com/junjoewinanto)

Pesmol merupakan hidangan berupa pindang patin. Untuk membuat hidangan ini kamu harus menyiapkan bahan-bahan yang terdiri dari ikan patin, air, garam, jeruk nipis, minyak goreng, kemiri, tomat, jahe, lengkuas, kunyit, serai, laos, kemangi, dan cabai merah.

Memiliki cita rasa lezat dan aroma yang khas menjadikan pesmol cocok dinikmati bersama dengan nasi hangat sebagai menu makan siang.

3. Ketupat kandangan

5 Kreasi Makanan di Hulu Sungai Selatan Ini Sayang untuk Dilewatkan!ketupat kandangan (instagram.com/pondokbahari)

Ketupat kandangan disajikan bersama dengan gulai santan dan ikan haruan yang sebelumnya telah dipanggang menggunakan arang kayu. Penggunaan ikan haruan pada ketupat kandangan dikatakan sangat penting karena merupakan makanan wajib bagi rakyat setempat.

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan untuk membuat ketupat kandangan terdiri dari beras, kelapa, ikan gabus, telur, bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, jahe, kencur, serai, lengkuas, dan kemiri.

4. Dodol kandangan

5 Kreasi Makanan di Hulu Sungai Selatan Ini Sayang untuk Dilewatkan!dodol kandangan (instagram.com/percetakan_gwk)

Dodol kandangan terbuat dari ketan, gula aren, kelapa, dan gula putih. Proses pembuatan dodol kandangan memerlukan waktu yang tidak sebentar, yakni kurang lebih selama 4 jam.

Dodol ini memiliki rasa manis nan legit dengan tekstur kenyal yang tentunya akan membuat siapa saja ketagihan untuk mencicipinya terus menerus. Kuliner ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

5. Es nangka selasih

5 Kreasi Makanan di Hulu Sungai Selatan Ini Sayang untuk Dilewatkan!es nangka selasih (instagram.com/dapoersikoko)

Setelah puas menikmati aneka macam hidangan lezat yang menggugah selera, sekarang saatnya kamu menikmati minuman khas Hulu Sungai Selatan yang menyegarkan, yaitu es nangka selasih. Sesuai namanya, bahan utama es ini berasal dari buah nangka dan selasih.

Agar lebih manis dan segar, sebelum disajikan, es nangka selasih diberi tambahan perasan jeruk lemon.

Nah, itulah kuliner khas Hulu Sungai Selatan yang populer. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner ini jika berkunjung ke daerah ini, ya!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya