Comscore Tracker

Kelezatan Unik 7 Minuman Tradisional yang Gak Kalah Sama Mancanegara

Salah satunya ada yang ternikmat di dunia

Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang beragam. Bahkan 7 minuman tradisional khas Indonesia berikut ini juga terkenal memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan tentu saja tidak kalah jika dibandingkan dengan minuman dari luar negeri. Dan minuman tradisional tersebut juga ada yang memiliki manfaat bagus untuk tubuh. 

1. Sirup Kawista

Kelezatan Unik 7 Minuman Tradisional yang Gak Kalah Sama Mancanegarawartawisata.id

Sirup kawisata merupakan salah satu minuman yang sangat terkenal di daerah Rembang, Jawa Tengah. Sirup ini terbuat dari pohon kawisata yang hanya bisa kamu temukan di Rembang. Sirup kawisata banyak dijual di pusat oleh-oleh di Jalan Diponegoro 45.

Sirup ini dijual dalam berbagai kemasan, ada botol plastik, botol kaca, kemasan siap minum dan jeriken yang tentunya dengan harga yang berbeda-beda pula tergantung dari kemasannya, yaitu mulai harga sekitar Rp5.000 hingga Rp70.000.

2. Cendol

Kelezatan Unik 7 Minuman Tradisional yang Gak Kalah Sama Mancanegarabisniswisata.co.id

Es cendol terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air dari daun pandan, tepung sagu dan air daun suji, lalu dimasak sampai mendidih dan kemudian dicetak. Setelah itu, untuk bisa menikmati kelezatannya, kamu harus menambahkan santan, es batu dan gula jawa.

Es cendol yang menurut CNN termasuk ke dalam daftar 50 besar minuman paling nikmat di dunia ini biasanya banyak ditemukan di pasar tradisional dengan harga mulai dari Rp10.000 hingga Rp15.000 per porsinya. 

3. Sekoteng

Kelezatan Unik 7 Minuman Tradisional yang Gak Kalah Sama Mancanegararesepgulaku.com

Sekoteng yang berasal dari Jawa Tengah ini bisa menjadi penghangat bagi tubuh karena ada kandungan jahe di dalamnya. Semangkuk sekoteng biasanya berisi kacang tanah, sagu mutiara, roti tawar, kacang hijau, susu dan air jahe. Harga sekoteng cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp10.000 per porsi.

Baca Juga: Endes Tenan! Seruput Nikmatnya 5 Minuman Tradisional Khas Jawa Timur

4. Limun Sarsaparila

Kelezatan Unik 7 Minuman Tradisional yang Gak Kalah Sama Mancanegaramysocialmate.com

Selanjutnya ada limun sarsaparila yang merupakan minuman khas Yogyakarta. Minuman ini terbuat dari soda yang dihasilkan dari fermentasi air tanaman sarsaparila yang banyak tumbuh di daerah Sleman. Minuman ini banyak ditemukan di warung-warung di daerah Kotagede. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp3.000 hingga Rp4.500 per botol. 

5. Bir Pletok

Kelezatan Unik 7 Minuman Tradisional yang Gak Kalah Sama Mancanegarabirplesy.blogspot.com

Bir pletok adalah minuman khas masyarakat Betawi. Meskipun bernama bir, namun minuman ini tidak memabukkan karena terbuat dari bahan rempah-rempah, seperti jahe, serai, cengkeh, kayu manis, pala, kayu secang, daun jeruk dan gula pasir. Bir pletok banyak dijual di toko oleh-oleh Betawi dengan harga mulai dari Rp10.000.

6. Wedang Uwuh

Kelezatan Unik 7 Minuman Tradisional yang Gak Kalah Sama Mancanegarakagamatp.com

Selain limun sarsaparila, Yogyakarta juga memiliki minuman khas lainnya yang terkenal nikmat bernama wedang uwuh. Wedang uwuh terbuat dari bahan serutan kayu secang, daun kayu manis, daun cengkeh, daun pala, batang cengkeh, jahe dan gula pasir. Harga wedang uwuh yang memberi efek hangat bagi tubuh ini dijual dengan harga sekitar Rp10.000 per porsi.

7. Minuman Lahang

Kelezatan Unik 7 Minuman Tradisional yang Gak Kalah Sama Mancanegarainstahu.com

Minuman Lahang berasal dari Bandung. Minuman ini terbuat dari sadapan pohon aren yang memiliki rasa sangat manis dan segar. Selain itu, minuman ini juga dipercaya bisa mengobati sakit perut dan cocok bagi kamu yang ingin menambah berat badan.

Namun, yang harus diingat bahwa jangan pernah menyimpan minuman ini terlalu lama karena bisa berubah menjadi tuak yang memabukkan. Minuman lahang biasanya dijual oleh para pedagang keliling dengan harga sekitar Rp3.000 per gelas.

Itu lah 7 minuman tradisional Indonesia yang memiliki kelezatan tidak kalah dengan minuman dari mancanegara. Selain lezat, minuman yang juga dijual dengan harga sangat terjangkau ini ternyata memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh karena terbuat dari rempah-rempah dan bahan alami lainnya. 

Baca Juga: Enak, 5 Minuman Tradisional Ini Bisa Jadi Obat Ajaib untuk Batuk Parah

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya