Comscore Tracker

5 Kuliner Tradisional Makassar Ini Cocok untuk Alternatif Takjil

#RamadanMasaKini Manis-manis dan enak semua!

Kota Makassar memiliki beragam kuliner yang rasanya sangat menggugah selera. Tidak heran jika banyak orang yang menyukainya. Beberapa kuliner Makassar bahkan ada yang bisa dijadikan alternatif takjil untuk berbuka puasa. Berikut ini lima rekomendasinya. 

1 Pisang Epe

5 Kuliner Tradisional Makassar Ini Cocok untuk Alternatif Takjilinstagram.com/babathe_mks

Pisang epe merupakan salah satu kuliner Makassar dari pisang raja yang dijepit supaya bentuknya berubah menjadi pipih untuk kemudian dibakar. Supaya terasa lebih nikmat pisang epe disajikan dengan cairan yang terbuat dari gula merah. Seiring perkembangan zaman, saat ini pisang epe tersedia dalam berbagai varian rasa yang lebih menggoda, seperti cokelat, keju, durian dan lain-lain. Pisang epe banyak dijual di kawasan pantai Losari.

2. Jalangkote

5 Kuliner Tradisional Makassar Ini Cocok untuk Alternatif Takjilinstagram.com/cookiesnonanona

Jika diperhatikan, sekilas jalangkote memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan pastel. Perbedaannya terletak pada kulitnya. Kulit jalangkote dibuat lebih tebal. Jalangkote biasanya berisi irisan kentang, wortel, telur, tauge, bihun, daging sapi dan daging ayam. Supaya lebih nikmat, jalangkote biasanya disajikan dengan sambal cair yang pedas. 

3. Katri Sala

5 Kuliner Tradisional Makassar Ini Cocok untuk Alternatif Takjilinstagram.com/bolapeppa.id

Katri sala dibuat dari beras ketan yang dicampur dengan gula merah, santan dan telur. Katri sala memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang legit. Katri sala merupakan salah satu makanan yang harus ada di dalam acara pernikahan adat bugis. Saat bulan Ramadan, katri sala bisa dengan mudah ditemukan di berbagai pasar tradisional.

Baca Juga: 8 Kuliner Tradisional Khas Bandung Ini Cocok untuk Alternatif Takjil

4. Roko-roko Unti

5 Kuliner Tradisional Makassar Ini Cocok untuk Alternatif Takjilinstagram.com/zetabakery

Bahan utama pembuatan roko-roko unti adalah buah pisang. Kemudian buah pisang tersebut diberi adonan tepung hingga menghasilkan tekstur yang lembut saat dimakan. Dijamin kelezatan roko-roko unti pasti akan membuatmu ingin memakannya lagi dan lagi.

5. Apang Paranggi

5 Kuliner Tradisional Makassar Ini Cocok untuk Alternatif Takjilinstagram.com/tourmakassartoraja

Apang paranggi merupakan salah satu kue tradisional khas Makassar yang terbuat dari perpaduan gula merah dan bumbu spekuk. Apang paranggi banyak ditemukan di pasar tradisional apalagi saat bulan Ramadan seperti sekarang ini. Supaya lebih nikmat, apang paranggi biasanya dinikmati dengan secangkir teh hangat.

Nah, itulah lima kuliner tradisional khas Makassar yang bisa dijadikan alternatif takjil saat berbuka puasa nanti. Jadi, apa kuliner yang ingin kamu nikmati terlebih dahulu, guys

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Sinta Listiyana Photo Community Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You