Comscore Tracker

Nggak Cuma Enak, 8 Bedtime Snack Ini Bisa Bantu Kamu Tidur Nyenyak

Jadi camilan wajib sebelum tidur nih!

Bagi sebagian orang terutama yang sedang melakukan program diet, ngemil malam-malam apalagi sebelum tidur tentu menjadi pantangan ya. Alasannya, makan larut malam disebut-sebut berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan serta insomnia.

Padahal, sebenarnya kesalahan bukan pada makanannya, melainkan kecenderungan kita memilih makanan tidak sehat, mengandung banyak gula, bahkan junk food saat kelaparan, alih-alih memakan buah atau sayur-sayuran. Eits, tapi nggak semua camilan nggak sehat dikonsumsi pada malam hari kok! Bahkan, beberapa makanan ringan berikut mampu membantu membuat tidur seseorang nyenyak, dan berkualitas lho. Penasaran apa saja? Simak yuk!

1. Kacang kenari

Nggak Cuma Enak, 8 Bedtime Snack Ini Bisa Bantu Kamu Tidur Nyenyaknews.psu.edu

Walnut atau yang lebih kita kenal dengan kacang kenari, merupakan salah satu makanan sumber triptofan terbaik. Triptofan sendiri adalah asam amino yang berperan meningkatkan produksi hormon serotonin dan melatonin, yang berhubungan dengan transmiter sistem syaraf dan perangsang tidur.

Menurut sebuah studi, konsumsi kacang kenari bahkan tak hanya memengaruhi level serotonin, namun juga membantu meningkatkan antioksidan dalam darah. Inilah mengapa kenari disebut sebagai camilan yang baik untuk mengontrol siklus tidurmu. 

2. Kacang Almond

Nggak Cuma Enak, 8 Bedtime Snack Ini Bisa Bantu Kamu Tidur Nyenyakperfectketo.com

Selanjutnya masih dari jenis kacang-kacangan, yakni almond. Kaya akan magnesium, kacang almond sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan tulang dan juga kualitas tidur. Terbukti dalam sebuah penelitian, bahwa mengonsumsi magnesium sebelum tidur mampu membuat seseorang lebih cepat tidur, tidur lebih nyenyak, serta bangun tepat waktu.

3. Produk susu

Nggak Cuma Enak, 8 Bedtime Snack Ini Bisa Bantu Kamu Tidur Nyenyakindulgemagazine.net

Selama ini kita mungkin mendengar bahwa susu hangat baik agar tidur seseorang lebih nyenyak. Ternyata, penelitian terbaru menunjukkan bahwa tak hanya susu hangat yang punya manfaat bagi kualitas tidur seseorang, melainkan juga segala jenis dairy product.

Ini karena kalsium yang ditemukan dalam olahan seperti susu, yogurt, dan keju mampu membantu otak memaksimalkan triptofan dalam susu, agar kemudian dapat meningkatkan produksi hormon melatonin.

4. Selada

Nggak Cuma Enak, 8 Bedtime Snack Ini Bisa Bantu Kamu Tidur Nyenyakkomonews.com

Selada sepertinya menjadi makanan yang mulai sekarang harus ada di menu makan malammu nih! Ini karena manfaat baiknya bagi tubuh sebagai makanan sumber antidepresan, serta kandungan laktucariumnya yang mampu memengaruhi otak menjadi lebih rileks, dan mengendurkan otot-otot yang tegang. Jadi, ampuh banget membuat tidurmu jadi lebih pulas!

Baca Juga: 7 Snack Asli Indonesia Ini Cocok untuk Camilan di Hari Raya

5. Tuna

Nggak Cuma Enak, 8 Bedtime Snack Ini Bisa Bantu Kamu Tidur Nyenyakwww.foodandwine.com

Dalam proses meningkatkan serotonin dan melatonin yang merupakan hormon pemicu tidur, salah satu zat yang sangat membantu adalah vitamin B6. Tanpa asupan B6, otak tak akan mampu menghasilkan neurotransmitter pengendali suasana hati tersebut. Untuk itu, konsumsi makanan sumber vitamin B6 dapat dijadikan pilihan jika kamu sedang mengalami gangguan insomnia, salah satunya seperti tuna.

6. Jus Ceri

Nggak Cuma Enak, 8 Bedtime Snack Ini Bisa Bantu Kamu Tidur Nyenyakwww.medicalnewstoday.com

Sama seperti makanan-makanan sebelumnya, buah ceri ternyata juga berkhasiat membuat tidur seseorang menjadi nyenyak, akibat kemampuannya memicu produksi melatonin secara natural. Terbukti dalam sebuah studi Journal of Medicinal Food, ditunjukkan bahwa pasien insomnia mengalami peningkatan kualitas tidur usai rutin meminum jus buah ceri.

Wah, kamu yang sering banget begadang dan susah tidur, wajib nyoba resep satu ini nih!

7. Sereal

Nggak Cuma Enak, 8 Bedtime Snack Ini Bisa Bantu Kamu Tidur Nyenyakwww.kiplinger.com

Sementara tubuh memerlukan triptofan yang dapat membuat seseorang mengantuk, karbohidrat mampu meningkatkan tersedianya triptofan itu sendiri. Dalam sereal, terdapat kandungan yang sangat pas jika dipadukan untuk tujuan mendapat tidur berkualitas. Antara sereal yang kaya akan karbohidrat, ditambah dengan susu yang kaya protein sebagai sumber triptofan, maka camilan favorit satu ini wajib banget dikonsumsi sebelum tidur!

8. Madu

Nggak Cuma Enak, 8 Bedtime Snack Ini Bisa Bantu Kamu Tidur Nyenyakwww.medicalnewstoday.com

Madu merupakan jenis makanan yang apabila dikonsumsi dapat menyebabkan peningkatan insulin. Ketika kadar insulin bertambah, maka secara alami tubuh akan meningkatkan penyerapan triptofan dan serotonin. Seperti yang kita ketahui, serotonin ini merupakan hormon yang menciptakan suasana hati yang baik. Jadi, saat konsumsi madu membuat mood seseorang membaik, nggak ada alasan untuk nggak tidur nyenyak kan? 

Nah, itu dia delapan makanan sehat yang baik untuk kamu konsumsi sebelum tidur. Kamu yang kebiasaan susah bangun, karena tidur nggak nyenyak, wajib banget konsumsi makanan-makanan diatas ya!

sumber :

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15979282

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23853635

https://www.thehealthy.com/sleep/foods-that-help-you-sleep/

Baca Juga: Penunda Lapar, 6 Snack Khas China ini Mudah Didapat di Indonesia

Sinta Photo Verified Writer Sinta

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Just For You