Comscore Tracker

10 Jenis Permen Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia Lho!

Candy lovers harus tahu ini!

Permen merupakan penganan manis yang pada umumnya terbuat dari gula, air, dan sirup fruktosa. Walaupun sering diklaim sebagai salah satu penyebab gigi berlubang, tetapi rasa, bentuk, dan warna permen yang menarik, selalu menolak untuk dihindari.

Jika menilik sejarah, pada mulanya permen terbuat dari madu, rempah-rempah, serta biji-bijian agar memiliki rasa yang gurih. Perlu diketahui juga, bahwa resep tersebut telah tertulis di makam Firaun Tutankhamen dan Ramses yang hidup pada 40 abad silam.

Semakin berkembangnya zaman, bahan dasar permen pun berubah menjadi gula dan lambat laun jenisnya pun semakin beragam. Berikut ini sepuluh jenis permen paling populer di dunia.

1. Chewing gum

10 Jenis Permen Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia Lho!Unsplash/Marvin Meyer

Di Indonesia, permen ini dikenal sebagai permen karet. Ciri khasnya antara lain dapat mengembang layaknya gelembung, bertekstur lengket, serta memiliki ragam warna dan rasa. Alasan mengapa permen karet dapat dibentuk layaknya gelembung adalah adonannya yang lebih kental dari permen kunyah lainnya.

2. Lollipop

10 Jenis Permen Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia Lho!Unsplash/Mong Bui

Asal usul pembuatan permen ini berawal dari cara manusia purba dalam mengonsumsi madu dengan menggunakan tongkat. Pada masa kebudayaan Arab, Cina, dan Mesir Kuno, ditemukanlah lollipop modern yang merupakan campuran dari madu dengan buah-buahan atau kacang-kacangan yang kemudian ditusuk dengan tangkai.

3. Marshmellow

10 Jenis Permen Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia Lho!Unsplash/delfi de la Rua

Manisan kenyal yang satu ini memiliki tekstur yang lembut seperti busa. Selain itu, tersedia pula dengan berbagai macam bentuk, aroma, dan warna. Ciri khas marshmellow yang lain di antaranya seperti mudah meleleh ketika di dalam mulut atau ketika dipanggang. 

Alasan mengapa marshmellow memiliki tekstur yang lembut dan mudah meleleh adalah bahan pembuatannya yang terdiri dari gula atau sirup jagung putih, telur, gom arab, bahan perasa, dan gelatin yang dikocok hingga mengembang.

4. Nougat

10 Jenis Permen Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia Lho!gourmandasia.com

Bahan utama permen ini antara lain gula atau madu, kacang panggang, dan buah kering. Tekstur nougat dapat menjadi lunak atau keras tergantung dengan bahan-bahan yang digunakan.

Selain itu, terdapat dua macam nougat di antaranya nougat putih dan nougat cokelat. Nougat putih terbuat dari putih telur yang dikocok hingga halus, sedangkan nougat cokelat terbuat dari karamel.

5. Gummy bear

10 Jenis Permen Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia Lho!Unsplash/Jonathan J. Castellon

Permen jelly ini merupakan permen yang terbuat dari air atau sari buah yang kemudian ditambahkan dengan bahan pembentuk gel sehingga memiliki penampilan yang jernih transparan dan memiliki tekstur yang kenyal.

Gummy bear tergolong penganan semi basah sehingga tak heran jika produk ini mudah rusak dan kedaluwarsa. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambahkannya dengan bahan pengawet makanan.

Baca Juga: 15 Permen Karet Paling Aneh di Dunia, Ada Rasa Aroma Pria Juga Lho!

6. Botan rice candy

10 Jenis Permen Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia Lho!redstonefoods.com

Permen ini memiliki bentuk seperti bertekstur lembut dan kenyal, namun akan meleleh ketika di mulut. Selain itu, rasanya pun sangat segar dengan varian jeruk atau lemon. Yang paling penting untuk diketahui, Botan Rice Candy merupakan permen tradisional Jepang, namun kini telah mendunia.

7. Licorice candy

10 Jenis Permen Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia Lho!Unsplash/Bill Craighead

Sesuai dengan namanya, permen ini terbuat dari ekstrak licorice atau akar manis Glycyrrhiza glabra. Istimewanya, permen telah diproduksi di seluruh dunia dengan jenis yang beragam.

Di Inggris, terdapat jenis Liquorice Allsorts. Sedangkan di Belanda dan di negara-negara Nordik, terdapat jenis Salmiakki.

8. Turkish delight

10 Jenis Permen Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia Lho!Unsplash/Maria Teneva

Permen yang memiliki nama asli Lokum atau Cyprus delight ini merupakan campuran dari tepung atau gula bubuk dengan air mawar atau lemon. Selain itu, ditambahkan pula dengan potongan-potongan kecil dari walnut, almond, atau kenari.

Turkish delight sangat digemari banyak orang karena memiliki tekstur yang kenyal layaknya jelly. Tak heran, jika permen ini masih bertahan sejak abad ke-15 hingga saat ini dan mampu merambah kancah Internasional.

9. Brigadeiro

10 Jenis Permen Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia Lho!recipes.sparkpeople.com

Permen ini terbuat dari susu dan bubuk kokoa. Nama 'Brigadeiro' sendiri diambil dari nama seorang Jenderal Angkatan Udara Brazil pada tahun 1940-an yaitu Brigadier Eduardo Gomez atas jasanya yang berhasil membasmi kawanan pemberontak.

Di Brazil, sudah menjadi tradisi untuk menyediakan Brigadeiro ketika melaksanakan perayaan ulang tahun. Biasanya, permen ini digunakan sebagai hiasan kue dan es krim.

10. Permen jahe

10 Jenis Permen Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia Lho!foodal.com

Penganan manis asal Indonesia ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Hebatnya, permen ini pernah tercatat di dalam buku yang berjudul 'Island of Java karya John Joseph Stockdale yang merupakan turis asal Inggris.

Di Eropa, permen jahe sangatlah digemari karena mampu menyembuhkan flatulensi atau yang biasa dikenal dengan kembung. Selain itu, permen jahe pun bermanfaat dalam menyegarkan tenggorokan dan menghangatkan suhu tubuh.

Nah, itulah sepuluh jenis permen yang paling populer di dunia. Yang mana permen favoritmu?

Baca Juga: 5 Toko Cokelat dan Permen Terbesar dari Berbagai Negara

Sipa Aryanti Photo Writer Sipa Aryanti

Writing is one way to be known to the world.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya