Comscore Tracker

Catat! Ini 6 Restoran yang Wajib Dikunjungi saat ke Ayutthaya Thailand

Wajib mampir saat kamu main ke Ayutthaya Thailand

Ayutthaya terkenal dengan sejumlah besar kuil agung yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia pada 1991 oleh UNESCO. Kota kuno dengan latar belakang budaya dan sejarah yang kaya ini memberikan pengalaman unik bagi para pelancong yang menyukai sejarah dan arsitektur zaman kuno.

Selain menjelajahi tempat-tempat bersejarah, mencicipi masakan Thailand dari restoran-restoran lokal juga merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan saat berlibur di Ayutthaya.

Berikut ini beberapa restoran lokal yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Ayutthaya. Yuk, simak di bawah ini!

1. Boat Noodles (Pratuchai Road)

Catat! Ini 6 Restoran yang Wajib Dikunjungi saat ke Ayutthaya ThailandBoat Noodle (instagram.com/lee_lawadee_)

Kuay tiao reua atau boat noodles adalah salah satu restoran yang wajib dicoba saat berlibur di Ayutthaya.

Dahulu, mi ini dijual oleh para pedagang di perahu dayung kayu di kanal dan sungai. Saat ini, sebagian besar boat noodles sudah dijual di restoran di pinggir-pinggir jalan.

Semangkuk boat noodles pada umumnya terdiri dari mi beras, hati babi, babi panggang, bola babi, kulit babi goreng renyah, dan sup cokelat tua. 

Boat noodles biasanya disajikan dalam mangkuk kecil dengan isi yang menyesuaikan selera. Kamu bisa mengunjungi restoran boat noodles di sepanjang Pratuchai Road.

2. Noodle Ayutthaya (Wat Yai)

Catat! Ini 6 Restoran yang Wajib Dikunjungi saat ke Ayutthaya ThailandNoodle Ayutthaya (instagram.com/nuumicky)

Tom yum adalah sejenis sup pedas dan asam yang berasal dari Thailand dan juga salah satu hidangan paling terkenal dalam masakan Thailand.

Di Noodle Ayutthaya (Wat Yai), mereka menyajikan versi creamy dari Tom Yum Goong dan hidangan khas mereka adalah sup mi seafood tom yum.

Semangkuk sup mi seafood tom yum terdiri dari kepiting, lobster, cumi-cumi, udang, kerang, scallop, cumi-cumi yang diisi dengan daging cincang, telur goreng, telur rebus, mie kuning, dan mie hijau.

Tak hanya itu, makanan laut dan bahan-bahan yang digunakan untuk tom yum juga sangat segar dan tanpa bau amis. 

3. Pad Thai (Uthong Street)

Catat! Ini 6 Restoran yang Wajib Dikunjungi saat ke Ayutthaya ThailandPad Thai (instagram.com/paul.isara)

Jika kamu menginap di hotel iuDia On The River, kamu tak perlu jauh-jauh untuk menikmati lezatnya pad thai di Ayutthaya. Kamu akan menemukan pedagang dengan gerobak dorong di sepanjang Uthong Street yang menjual pad thai. 

Pad thai adalah hidangan yang sangat populer di Thailand. Meskipun nama kios mereka adalah ผัด ไทย (pad thai), tetapi mereka juga menjual hidangan-hidangan lain, seperti pad Ssee ew, tumisan mi beras datar lebar dengan kecap manis yang rasanya lezat. 

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Nong Khai-Thailand Ini Punya Pesona Menggemaskan! 

4. Silp Pa Cafe

Catat! Ini 6 Restoran yang Wajib Dikunjungi saat ke Ayutthaya ThailandBaan Kao Nhom Cafe (instagram.com/baankaonhomcafe)

Bertempat di lingkungan yang nyaman, kafe bergaya urban kontemporer ini tidak hanya menyajikan minuman dan makanan ringan, tetapi juga banyak hidangan Ayutthaya klasik dan hidangan unik dari kreasi mereka sendiri.

Salah satu hidangan khas di Silp Pa Cafe adalah nasi goreng dengan sesbania atau bunga provinsi.

Hidangan kreatif ini disajikan di atas daun pisang menggunakan nasi dengan bunga sesbania di bagian tengah dan dikelilingi oleh ikan goreng, terong goreng, mentimun segar, pasta cabai, dan semangkuk kecil sup panas.

Tak hanya itu, bahan-bahan yang digunakan dijamin segar, lho.

5. Noodle Krungsri

Catat! Ini 6 Restoran yang Wajib Dikunjungi saat ke Ayutthaya ThailandNoodle Kungsri (instagram.com/kaewkandaaa)

Noodle Krungsri terletak di sebelah Stadion Olahraga Provinsi Ayutthaya di sepanjang jalan Tambon Phai Ling. Restoran ini menjual hidangan mi dan nasi, serta hidangan khas Thailand seperti tom yum goong dengan udang sungai atau makanan laut.

Menu yang cukup populer di restoran ini adalah nasi char siew dan mi sup babi renyah tom yum. Mi sup babi renyah tom yum ini cenderung manis dan pedas, serta mi dimasak dengan tekstur kenyal yang sempurna.

Berminat untuk mencoba?

6. Baan Kao Nhom

Catat! Ini 6 Restoran yang Wajib Dikunjungi saat ke Ayutthaya ThailandBaan Kao Nhom Cafe (instagram.com/baankaonhomcafe)

Sebelum pulang, kamu wajib mengunjungi Baan Kao Nhom, sebuah kafe yang menjual makanan penutup tradisional Thailand di kota kuno Ayutthaya. Minuman khas kafe ini adalah Ayutthaya charming green tea dan latte yang cocok sebagai minuman pendamping camilan.

Tetapi kamu juga harus mencoba khao tom mut, yang merupakan ketan pisang Thailand yang rasanya lezat dan membuat siapa pun ketagihan. Jadi, kafe di Ayutthaya ini sangat direkomendasikan, terutama bagi para wanita dan pencinta makanan penutup.

Itulah beberapa restoran atau kafe yang wajib dikunjungi saat berlibur di Ayutthaya saat pandemik ini membaik. Jadi, tak hanya menjelajahi tempat-tempat bersejarah, kamu juga bisa mencicipi banyak kuliner khas di sana.

Baca Juga: 5 Wisata di Surat Thani-Thailand yang Pesonanya Bikin Hati Terpikat

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya