Comscore Tracker

5 Gulai Sayur Paling Sedap di Restoran Padang, Laris Manis!

Cita rasa rempahnya lamak bana!

Kalau berkunjung ke restoran atau rumah makan padang, tentu rendang merupakan salah satu menu yang tak boleh dilewatkan. Bagi sebagian orang, makan masakan Padang kurang lengkap rasanya kalau belum memesan rendang.

Selain rendang, sayuran yang dimasak gulai ternyata tak kalah menggiurkan, lho. Bahkan pastinya cocok sebagai menu side dish saat menyantap rendang maupun ayam pop, nih. Berikut ini rekomendasi gulai sayur paling sedap yang kerap ada di restoran padang.

1. Gulai daun singkong

5 Gulai Sayur Paling Sedap di Restoran Padang, Laris Manis!gulai pucuak ubi (instagram.com/havekitchen)

Daun singkong menjadi salah satu sayur yang identik dengan masakan Padang. Tak hanya disajikan dengan direbus saja, daun singkong juga dimasak gulai, lho. Orang-orang setempat menamainya gulai pucuak ubi atau gulai daun singkong.

Untuk membuat gulai sayur ini, diperlukan daun singkong yang masih muda, sehingga teksturnya lebih renyah saat dimasak. Selain mudah ditemukan, daun singkong memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Gulai nangka muda

5 Gulai Sayur Paling Sedap di Restoran Padang, Laris Manis!gulai cubadak (instagram.com/guswendri.id)

Gulai nangka muda adalah salah satu jenis gulai khas Minangkabau yang cukup populer di Indonesia karena cita rasanya yang kuat dan gurih. Uniknya, orang setempat biasa menyebut gulai ini dengan nama gulai cubadak atau dalam bahasa Minang berarti nangka.

Gulai ini terdiri dari campuran nangka muda, santan kental, dan rempah-rempah. Kalau berkunjung ke rumah makan padang, tentu gulai cubadak tidak boleh dilewatkan untuk dipesan, nih.

Selain itu, gulai cubadak juga disajikan dalam upacara adat Minangkabau dan menjadi lauk yang wajib ada pada nasi kapau, lho. Nikmatnya bukan main, deh!

3. Gulai pakis

5 Gulai Sayur Paling Sedap di Restoran Padang, Laris Manis!gulai pakis (instagram.com/sabrina_sania)

Sejak dulu, Sumatra Barat sudah dikenal dengan berbagai masakan yang kaya akan rempah-rempah. Salah satunya adalah gulai pakis. Sesuai namanya, gulai ini terbuat dari tumbuhan pakis atau paku sebagai bahan utamanya yang dikombinasikan dengan santan.

Tak hanya pakis, gulai ini biasanya juga diberi udang atau ikan teri sebagai pelengkap supaya kian gurih dan lezat. Meski sederhana, gulai pakis cukup digemari sebagai lauk sehari-hari dan kerap menjadi menu yang paling dicari di restoran padang, lho.

Baca Juga: 10 Tips Memasak Gulai Daging Anti Gagal, Kuahnya Dijamin Gurih!

4. Gulai kacang panjang

5 Gulai Sayur Paling Sedap di Restoran Padang, Laris Manis!gulai kacang panjang (instagram.com/laurensiaaling)

Kacang panjang menjadi salah satu sayuran yang mudah ditemui di berbagai masakan khas Indonesia. Bahkan, direbus atau dimasak gulai, kacang panjang tetap digemari karena harganya yang ekonomis dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kacang panjang merupakan sayur polong-polongan yang dikenal rendah kalori serta tinggi protein, vitamin, dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Sama halnya dengan gulai pakis, gulai ini juga diberi tambahan topping, seperti udang, tahu, dan tempe.

5. Gulai rebung

5 Gulai Sayur Paling Sedap di Restoran Padang, Laris Manis!gulai rebung (instagram.com/vitakwee)

Selain bahan di atas, orang Minangkabau juga memasak gulai dengan rebung sebagai bahan utamanya. Rebung merupakan tunas yang tumbuh dari akar bambu. Kalau ditanya soal rasa, tentu saja tak kalah lezat dengan gulai daging sapi maupun daging kambing.

Meski harganya murah dan mudah ditemui di berbagai wilayah di Indonesia, rebung ternyata salah satu sayuran yang bernilai gizi tinggi. Dengan aroma khas yang dipadukan dengan santan, gulai rebung menjadi lauk yang akan meningkatkan selera makan.

Berkat kepandaian orang Indonesia dalam meracik rempah, tak heran kalau gulai menjadi salah satu makanan Indonesia yang mendunia. Bahkan, tak hanya daging-dagingan saja, gulai yang terbuat dari sayuran dinilai tak kalah lezat saat disantap dengan nasi putih.

Baca Juga: 12 Jenis Gulai Khas Indonesia Paling Enak, Gak Cukup Sepiring!

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya