Comscore Tracker

6 Rekomendasi Seafood Khas Indonesia Kesukaan Chenle NCT

Mulai dari udang hingga rajungan

Setelah sekian lama, NCT Dream akhirnya datang untuk menyapa para penggemar di Indonesia. Selama empat hari di Jakarta, NCT Dream terus menarik perhatian masyarakat.

Pada Sabtu (21/05) lalu, Chenle bahkan menyempatkan diri untuk mencicipi masakan laut di salah satu restoran di Penjaringan, Jakarta Utara. Melalui akun media sosial Weibo, Chenle menuliskan bahwa ia sangat menyukai masakan laut tersebut. Ia bahkan mengunggah beberapa gambar menu masakan laut yang dipesannya.

"Guys, ini makanan laut paling enak yang pernah aku makan selama 10 tahun terakhir," tulisnya.

Setelah cuitan Chenle tersebut, para penggemar langsung membanjiri kolom komentar menanyakan apa saja menu yang dipesannya di restoran AromaSop Seafood. Supaya tidak penasaran, berikut rekomendasi seafood ala Chenle yang wajib dipesan saat ke restoran makanan laut.

1. Udang rebus

6 Rekomendasi Seafood Khas Indonesia Kesukaan Chenle NCTudang rebus (instagram.com/eat.time.story)

Meski terdengar simpel, ternyata ada trik khusus agar udang rebus lezat, lho. Tak heran kalau Chenle bahkan menyukai menu ini saat berkunjung ke restoran masakan laut. Sebelum diolah, tentu kita harus memperhatikan jenis dan tingkat kesegaran dari udang.

Proses perebusannya pun tidak bisa terlalu lama karena akan membuat tekstur udang menjadi keras. Di restoran masakan laut, udang rebus biasanya disajikan dengan berbagai pilihan saus, seperti saus sambal, nanas, dan kecap jeruk.

2. Rajungan saus telur asin

6 Rekomendasi Seafood Khas Indonesia Kesukaan Chenle NCTrajungan saus telur asin (instagram.com/theasculinary)

Hidangan dengan saus telur asin nyatanya tak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia saja. Chenle yang merupakan salah satu member NCT Dream pun menyukainya, lho. Sesuai namanya, hidangan ini terdiri dari rajungan yang dicampur saus telur asin bercita rasa asin dan gurih.

Telur asin sendiri salah satu masakan yang berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan. Umumnya, rajungan akan direbus terlebih dahulu, lalu dimasak bersama mentega, bawang putih, bawang bombay, batang daun kari, dan kuning telur asin rebus.

3. Kerapu tim saus nyonya

6 Rekomendasi Seafood Khas Indonesia Kesukaan Chenle NCTkerapu tim saus nyonya (instagram.com/mingcun72)

Ternyata tak hanya Nicholas Saputra saja yang menggemari kerapu tim saus nyonya, nih. Saat ke Indonesia, hidangan ini bahkan menjadi salah satu masakan laut yang disebut paling enak oleh Chenle. Umumnya, sebelum diolah, kerapu dikukus dengan daun kecombrang untuk menghilangkan bau amis.

Kerapu tim saus nyonya merupakan makanan khas peranakan yang cukup populer di restoran masakan laut di Indonesia. Bumbu saus nyonya terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai merah besar, serai, terasi udang bubuk, dan gula jawa yang ditumis bersama kerapu kukus.

Baca Juga: 5 Restoran Seafood di Jakarta Pusat, Hits karena Bumbu Enak!

4. Kerapu tim saus hongkong

6 Rekomendasi Seafood Khas Indonesia Kesukaan Chenle NCTkerapu tim saus hongkong (instagram.com/putrilianii)

Selain tim saus nyonya, Chenle ternyata juga menyukai kerapu tim saus hongkong. Hal tersebut disampaikan Chenle melalui media sosial Weibo usai berkunjung ke restoran di Penjaringan, Jakarta Utara. Pertama, kerapu akan dikukus terlebih dahulu dengan arak masak China, irisan jahe, daun bawang, dan bawang putih yang ditaburkan.

Untuk mempertahankan tekstur dagingnya, kerapu biasanya hanya perlu dikukus selama 10 menit. Sementara untuk saus hongkong yang disiram di atas kerapu yang sudah dikukus terbuat dari kecap asin, saus tiram, air kaldu, garam, lada, dan minyak wijen.

5. Tiram tim bawang putih

6 Rekomendasi Seafood Khas Indonesia Kesukaan Chenle NCTtiram tim saus bawang putih (instagram.com/lulupelangi)

Saat ke restoran masakan laut, tentu kita tidak boleh melewatkan hidangan kukus dengan saus bawang putih ini. Saus bawang putih bisa dipadukan dengan berbagai jenis ikan, kerang, maupun tiram. Tiram biasanya akan dikukus terlebih dahulu sampai cangkangnya terbuka dengan api kecil agar tekstur dagingnya tidak alot.

Untuk membuat saus bawang putih, siapkan mangkuk kecil guna mencampurkan kaldu ayam bubuk, kecap asin, arak masak hua tiao, minyak wijen, jahe, bawang putih, dan daun bawang. Aduk sampai rata, lalu siram saus bawang putih ke tiram yang sudah dikukus.

6. Cumi saus padang

6 Rekomendasi Seafood Khas Indonesia Kesukaan Chenle NCTcumi saus padang (weibo.cn/KHCHENLE)

Para pencinta cumi pasti tidak ingin melewatkan hidangan saus padang ini. Olahan cumi ini menjadi salah satu yang wajib dipesan saat ke restoran masakan laut. Tak heran kalau Chenle memesannya juga, nih.  Untuk menghilangkan bau amis, cumi biasanya dilumuri air perasan jeruk nipis sebelum diolah.

Setelah itu, barulah cumi ditumis bersama bawang bombay, bawang merah, bawang putih, daun bawang, cabai merah besar, saus tomat, saus sambal, dan saus tiram. Faktanya, cumi cocok dipadukan dengan saus apa pun yang bisa disesuaikan selera, seperti saus asam manis dan saus tiram misalnya.

Sejauh ini, kuliner khas Nusantara memang tidak pernah gagal untuk memanjakan lidah para wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Tak heran kalau Chenle menggemari beberapa masakan laut yang dicobanya saat berkunjung ke Indonesia baru-baru ini.

Baca Juga: 13 Inspirasi Outer ala Chenle NCT Dream, Kasual dan Trendi!

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya