Comscore Tracker

Inilah Fakta Kentang Goreng yang Mengejutkan di Restoran Fast Food

Enak dan bikin ketagihan sih, tapi...

Salah satu menu fast food  terpopuler di seluruh dunia adalah french fries  alias kentang goreng. Gak heran sih, camilan dominan asin ini terasa gurih dan renyah. Benar-benar bikin ketagihan.

Banyak orang yang menghindari nasi sebagai pendamping makan ayam goreng saat makan di fast food. Alasannya, nasi mengandung lebih banyak karbohidrat yang membuat gemuk, sehingga kentang goreng dipilih sebagai penggantinya.

Tapi sebaiknya mulai sekarang kamu berpikir ulang saat memesan menu ini di restoran fast food. Karna berikut ini ada sebuah fakta kentang goreng yang sangat mengejutkan datang dari restoran atau gerai fast food. Ini penjelasannya:

Mengandung bahan makanan yang dimodifikasi

Inilah Fakta Kentang Goreng yang Mengejutkan di Restoran Fast Foodpexels.com/Digital Buggu

Kalau kita menggoreng kentang sendiri secara alami, tentu kita tahu makanan ini terbuat dari bahan yang menyehatkan. Tetapi bagaimana dengan kentang goreng yang dijual di fast food?

Hampir 50 persen bahan pembuat kentang goreng di sana bukan dari kentang alami. Bahan yang diklaim sebagai nutrisi tambahan kebanyakan adalah bahan makanan sintetis atau kimiawi yang telah dimodifikasi. 

Kandungan garamnya sangat banyak

Inilah Fakta Kentang Goreng yang Mengejutkan di Restoran Fast Foodpexels.com/Jeshoots

Kentang goreng yang dijual di restoran fast food bukan kentang segar yang dipotong, dibumbui lalu langsung digoreng. Melainkan olahan dari berbagai bahan, yang dibekukan. Proses pembekuan tidak cukup membuatnya menjadi awet. Maka itu, dibubuhkan banyak garam ke dalamnya untuk memperpanjang masa simpan. 

Bayangkan jika garam dalam jumlah banyak ini masuk ke dalam tubuh? Belum lagi saat penyajian, kentang goreng masih ditaburi bumbu-bumbu dan garam lagi untuk menguatkan rasa? Tentunya hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Saat Mengolah Kentang

Meningkatkan risiko kanker, obesitas, dan berbagai penyakit lain

Inilah Fakta Kentang Goreng yang Mengejutkan di Restoran Fast Foodpexels.com/Foodie Factor

Jika kamu mencari di Google, kamu bisa menemukan beberapa jurnal kesehatan yang menyatakan adanya kandungan acrylamide di dalam kentang goreng yang dijual di gerai fast food. Acrylamide bisa terbentuk karena reaksi gula dan asparagine (asam amino) jika terpapar panas tinggi dalam proses pembuatan kentang goreng.

Acrylamide merupakan salah satu senyawa yang meningkatkan potensi kanker dalam tubuh, khususnya kanker payudara dan rahim. Konsumsi kentang goreng buatan pabrik juga meningkatkan risiko obesitas. Sebab, kandungan dextrose sebagai pengganti gula di dalamnya cukup tinggi.

Tak hanya itu, resiko osteoporosis juga mengintai karena makanan ini tinggi fosfor dan sodium acid pyrophospate yang menjadi pemicu pengeroposan tulang.

Gimana? Sekarang sudah tahu kan kamu seputar fakta kentang goreng yang ada di gerai-gerai fast food. Sesekali boleh saja kok mengkonsumsi kentang goreng fast food. Tetapi batasi dirimu, makan secukupnya saja. Lebih sehat menggoreng kentang sendiri di rumah yang dibuat dari kentang segar. Rasanya tentu lebih enak bukan?

Baca Juga: Sudah Pernah Coba Kentang Goreng yang Lagi Viral Ini?

Line Ads

Topic:

Just For You

I Want More !