Comscore Tracker

Pernah Sakit Kepala saat Terburu-buru Minum Es? Ini Lho Penyebabnya!

Semacam mabok darat

Siapa sih yang gak suka makan es krim? Apalagi kalau ada kompetisi makan es krim. Wah, semua orang kayaknya bakal langsung berbondong-bondong. Bisa makan es krim sepuasnya, dapat hadiah pula. 

Meski kelihatannya menyenangkan, nyatanya makan es krim gak seasyik itu lho. Kamu pasti pernah merasakan, saking semangatnya makan es, tiba-tiba kepala mendadak sakit seperti ditusuk-tusuk. Aduh! Tapi, kenapa bisa begitu ya? Ternyata, begini penjelasanya!

1. Brain freeze, sensasi dingin yang menusuk kepala

Pernah Sakit Kepala saat Terburu-buru Minum Es? Ini Lho Penyebabnya!pexels.com/Gabriel Peter

Kalau kamu makan makanan dingin dengan terburu-buru, kamu akan mengalami brain freeze. Sensasi ini juga dikenal dengan sebutan ice cream headache. Ini terjadi saat substansi dingin, seperti es krim atau es batu, menyentuh langit-langit mulut (palate). 

Langit-langit mulut kita dipenuhi dengan saraf-saraf reseptor yang sensitif. Brain freeze adalah akibat langsung dari reaksi dingin yang cepat terhadap pembuluh kapiler.

Pembuluh darah pun berkontraksi sebagai respons terhadap zat dingin yang mencegah hilangnya panas tubuh. Saat dingin, bagian ini akan membengkak, kemudian pembuluh darah meningkatkan aliran darah ke otak secara cepat. Reaksi inilah yang menyebabkan sensasi sakit kepala hebat dalam sekejap.

Baca Juga: Konsumsi 5 Buah Sakti Ini untuk Redakan Sakit Kepala yang Menyerang

2. Makanan dan minuman yang bisa membuat brain freeze

Pernah Sakit Kepala saat Terburu-buru Minum Es? Ini Lho Penyebabnya!youtube.com/Brave Wilderness

Selain es krim, ada beberapa minuman dan makanan yang bisa mengakibatkan brain freeze. Prinsipnya memang semua makanan dan minuman dingin. Seperti es batu, milshake, jus dingin, air putih dingin yang baru dikeluarkan dari kulkas, dan sebagainya.

Apalagi kalau kamu meminumnya saat cuaca sedang panas-panasnya atau usai beraktivitas di bawah terik matahari. Kepala bisa berdenyut hebat dalam sekejab saat minum dingin. Pernah ngerasain, kan?

3. Begini cara mencegah brain freeze

Pernah Sakit Kepala saat Terburu-buru Minum Es? Ini Lho Penyebabnya!pexels.com/Tirachard Kumtanom

Brain freeze  bisa dicegah, kok. Tips ini cocok dipraktekkan buat kamu yang akan mengikuti kompetisi lomba makan es krim:

  • Jangan menggunakan sedotan untuk minum milkshake dingin atau es krim. Menyedot minuman dengan sedotan akan membuat kontak antara rasa dingin dengan langit-langit mulut. Gunakan sendok atau langsung minum dari gelasnya.
  • Siapkan minuman bersuhu hangat seperti air hangat atau kopi. Minuman bersuhu hangat akan dengan segera menaikkan temperatur mulut kembali normal. 
  • Tekan lidah ke langit-langit mulut. Ini adalah cara termudah dan tercepat mengembalikan temperatur dalam mulut. Kamu juga bisa menutup hidung dan mulutmu dengan tangan, hembuskan nafas hingga udara hangat menyelimuti area mulut.

Nah, gampang banget 'kan mengatasi brain freeze? Yuk, buruan habiskan es krimnya, keburu meleleh nih.

Baca Juga: 11 Titik Pijatan Ini Akan Membantu Kamu Atasi Sakit Kepala

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya