Comscore Tracker

5 Manfaat Hebat Cranberry, Buah Asam Asal Amerika Utara

Harus sering-sering konsumsi, nih!

Cranberry mungkin masih jarang dikonsumsi oleh masyarakat kita. Buah yang biasa ditemukan di Amerika Utara ini memang memiliki rasa yang cenderung kecut. Oleh karena itu, cranberry jarang dikonsumsi sebagai buah saja. Biasanya, orang-orang mengonsumsi cranberry dengan cara membuat jus yang sudah dicampur gula atau susu.

Di balik rasanya yang kecut, cranberry ternyata mengandung segudang manfaat. Cranberry masuk ke dalam salah satu buah yang paling sehat, lho. Cranberry kaya akan vitamin dan serat yang bagus dikonsumsi saat kita tengah menjaga pola makan.

Berikut 5 manfaat besar cranberry yang wajib kita tahu:

1. Menghindarkan dari infeksi saluran kemih

5 Manfaat Hebat Cranberry, Buah Asam Asal Amerika Utaramedguidance.com

Infeksi saluran kemih menjadi salah satu penyakit yang mudah menjangkiti para perempuan. Penyakit ini biasanya dibawa oleh bakteri E.coli yang menempel pada saluran kemih.

Cranberry memiliki kandungan zat bernama proanthocyanidins yang berguna untuk menghindarkan manusia dari infeksi saluran kemih. Untuk merasakan manfaat ini, kita tidak boleh terlalu banyak menambahkan bahan lain saat memproses cranberry ini. Jika kita mengonsumsinya dengan membuat jus, pastikan untuk menggunakan bahan tambahan sedikit mungkin. Hal ini akan membuat manfaat cranberry semakin efektif dirasakan oleh tubuh.

2. Mencegah penyakit yang berkaitan dengan usia lanjut

5 Manfaat Hebat Cranberry, Buah Asam Asal Amerika Utaramcknightsseniorliving.com

Manusia rawan terkena penyakit seiring bertambahnya usia. Zat radikal bebas yang ada di dalam tubuh bertambah sehingga membuat mereka rawan terkena penyakit seperti kanker, diabetes, dan gangguan pencernaan.

Antioksidan dalam cranberry bisa membantu mencegah datangnya penyakit-penyakit ini. Antioksidan dalam cranberry juga tidak hilang saat buahnya diproses menjadi jus. Manfaat cranberry tetap bisa dirasakan meski ditambah beberapa bahan lain saat pemrosesannya.

3. Menjaga kesehatan jantung

5 Manfaat Hebat Cranberry, Buah Asam Asal Amerika Utaraamazonaws.com

Cranberry berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, terutama bagi yang mengidap arteri koroner. Cranberry bisa mengurangi kekakuan arteri akibat penyakit ini.

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Buah Ceri Agar Terbebas dari Kuman

4. Menjaga kesehatan setelah menopause

5 Manfaat Hebat Cranberry, Buah Asam Asal Amerika Utaramarkstengler.com

Saat wanita berhenti mendapatkan haid atau mengalami menopause, mereka akan lebih mudah terserang penyakit. Penyakit yang umumnya mereka derita berhubungan dengan kesehatan jantung.

Risiko wanita yang telah mengalami menopause untuk menderita penyakit jantung ternyata lebih besar dari orang lain. Cranberry, dengan kandungan antioksidannya, mampu mengurangi risik penyakit ini.

5. Mengurangi kolesterol jahat

5 Manfaat Hebat Cranberry, Buah Asam Asal Amerika Utarahealthline.com

Cranberry juga berguna untuk meningkatkan antioksidan dalam darah. Jika dikonsumsi secara rutin, cranberry mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Menurunnya kolesterol jahat berpengaruh dalam pencegahan penyakit berbahaya yang lain. Orang jadi tidak akan mudah terkena penyakit seperti jantung maupun diabetes.

Rasa cranberry memang tidak seenak buah yang lain. Namun buah ini punya manfaat besar untuk mencegah berbagai penyakit.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya