Comscore Tracker

Telur Kulit Putih vs Telur Kulit Cokelat, Begini Perbedaannya!

Kamu paling suka yang mana nih?

Telur menjadi salah satu makanan paling laris di dunia. Pengolahannya tak sulit, sehingga bisa dinikmati dalam bentuk makanan apa saja. Entah digoreng, direbus atau diberi bumbu, telur apa saja tetap enak dinikmati.

Tapi, pernahkah kamu melihat telur dengan warna berbeda? Apa kamu pernah mempertanyakan apa sih bedanya telur kulit putih dan telur kulit cokelat? Gak perlu bingung lagi. Ini lho sebenarnya perbedaan telur kulit putih dan kulit cokelat.

1. Perbedaan warna telur berasal dari genetika ayam

Telur Kulit Putih vs Telur Kulit Cokelat, Begini Perbedaannya!huffingtonpost.com

Berdasarkan penelitian dari Michigan State University Extension, perbedaan telur berasal dari perbedaan genetikanya. Nah, biasanya ditandai dengan warna telinga ayam.

Warna telinganya yang akan menentukan telur warna apa yang dia hasilkan. Jika berwarna putih, maka telur yang dia hasilkan juga putih. Jika warna telinga ayam berwarna merah, maka telur yang dihasilkan adalah warna cokelat.

2. Mana yang lebih sehat?

Telur Kulit Putih vs Telur Kulit Cokelat, Begini Perbedaannya!ballynacourtyproduce.com

Beberapa sumber seperti Tro Bui dari Cornell University College of Agriculture and Life Science mengatakan telur dengan kulit cokelat lebih sehat, karena mengandung lebih banyak omega 3 dan vitamin E, walaupun perbandingannya sangat tipis dengan telur kulih putih.

Namun, sumber lain mengatakan telur kulit putihlah yang lebih sehat, karena mengandung lebih banyak kandungan omega 3. Beberapa sumber lain lagi, seperti dari The Huffington Post dan The Kitchen mengatakan telur kulit putih dan telur kulit cokelat tidak memiliki perbedaan nutrisi sama sekali alias kadar nutrisinya sama.

Walau terjadi perbandingan antara keduanya, entah telur kulit putih atau kulit cokelat sama-sama baik untuk kesehatan karena bisa meningkatkan sistem imun, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga meningkatkan fungsi otak.

3. Mana yang lebih mudah retak?

Telur Kulit Putih vs Telur Kulit Cokelat, Begini Perbedaannya!theconversation.com

Soal gampangnya keretakan ini, tidak ada bedanya antara kulit berkulit cokelat dan putih. Hanya bedanya, kulit yang lebih tipis sebenarnya berasal dari ayam yang lebih tua. Jadi entah cokelat atau putih, semakin tua ayam bertelur, semakin tipis juga kulit telur yang dihasilkan.

Baca Juga: Ternyata, 7 Makanan Ini Akan Berubah Jadi Berbahaya Jika Dipanaskan

4. Mana yang lebih enak? Kulit bertelur cokelat atau putih?

Telur Kulit Putih vs Telur Kulit Cokelat, Begini Perbedaannya!huffingtonpost.com

Sebuah uji rasa menemukan bahwa rasa antara telur berkulit cokelat dan putih sebenarnya hampir sama. Bedanya, yang menimbulkan perbedaan rasa antara keduanya adalah makanan dari ayamnya.

Jika ayam diberi makan dengan baik saat dibesarkan, maka rasa telurnya akan lebih enak. Uji rasa tersebut juga mengatakan kebanyakan telur berkulit cokelat lah yang lebih banyak ditemukan enak rasanya.

5. Bagaimana dengan harganya?

Telur Kulit Putih vs Telur Kulit Cokelat, Begini Perbedaannya!gizmodo.com.au

Kamu mungkin banyak sekali menemukan telur berkulit cokelat daripada putih. Kamu akan lebih sering memakan telur berkulit cokelat daripada putih.

Hal ini sebenarnya dikarenakan berbedaan biaya antara keduanya. Telur putih lebih mahal dari telur cokelat karena telur putih adalah telur ayam kampung.

Menurut kamu, mana yang lebih enak? Telur kulit cokelat atau putih?

Baca Juga: 10 Olahan Telur untuk Sahur, Cocok buat yang Telat Bangun

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya