Comscore Tracker

Bukan Teh, Ini 5 Tisane yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Jangan lagi menyebutnya teh, ya

Biasa disebut teh, ada juga minuman yang punya ciri dan karakteristik mirip dengan teh, tapi sebenarnya itu bukan teh, melainkan tisane. Teh sendiri terbuat dari tanaman bernama camellia sinensis. Sedangkan tisane berbeda.

Minuman yang biasa disebut tisane ini biasanya menggunakan berbagai macam bahan, seperti bunga, biji kering, dedaunan, hingga rempah-rempah. Dari segi ciri, warna tisane cenderung tidak selalu coklat seperti teh. Warna tisane tentu tergantung dari bahan apa yang digunakan.

Meski begitu, untuk membuat tisane, cara yang diperlukan juga tidak berbeda jauh berbeda dengan teh. Cukup dengan menuangkan air panas ke bahan yang telah disiapkan di dalam gelas, maka tisane pun sudah siap untuk diseduh dan dinikmati, lho.

Penasaran, kan, sama apa saja sederet bahan yang termasuk dalam kategori tisane ini? Yuk, langsung aja kita cek informasinya di bawah ini! Mungkin juga sebenarnya kamu sudah pernah membuatnya, lho!

1. Tisane bunga

Bukan Teh, Ini 5 Tisane yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumahilustrasi chrysanthemum tisane (unsplash.com/MaxGriss)

Bunga seperti bunga chrysanthemum, lavender, dan mawar adalah beberapa contoh bunga yang sering dibuat sebagai tisane. Meskipun minuman ini dibuat dari bunga, tapi aroma yang didapatkan bukanlah aroma parfum, melainkan aroma herbal.

Selain menyegarkan, tisane bunga tentunya memiliki berbagai manfaat antioksidan yang baik bagi tubuh. Kamu bisa menggunakan berbagai macam bunga untuk tisane sesuai dengan selera kamu, ya! 

2. Tisane buah

Bukan Teh, Ini 5 Tisane yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumahilustrasi tisane buah (unsplash.com/TetianaSHYSHKINA)

Hampir semua buah bisa digunakan untuk membuat tisane. Rasa yang dihasilkan dari tisane buah pun cenderung sudah manis meskipun tanpa gula.

Biasanya, tisane buah juga nikmat saat dicampur dengan beberapa bahan rempah-rempah. Buah yang paling sering digunakan untuk membuat tisane buah adalah lemon. Pasti kamu sudah pernah mencobanya, kan?

Baca Juga: 5 Teh Unik yang Digemari di Berbagai Negara, Ada Teh Mentega

3. Tisane daun

Bukan Teh, Ini 5 Tisane yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumahilustrasi peppermint tisane (unsplash.com/thesollers)

Daun peppermint acapkali digunakan sebagai bahan membuat tisane. Saat membuat tisane dari dedaunan, gunakanlah air panas yang belum mencapai titik didih untuk membuat rasa dan aroma tisane buatanmu lebih nikmat.

Selain cara pembuatannya yang mudah dan bahan yang diperlukan tak sulit untuk ditemukan, peppermint tisane ternyata juga menimbulkan efek menenangkan saat dikonsumsi, lho. Bisa dicoba kalau kamu lagi banyak pikiran, nih!

4. Tisane biji kering

Bukan Teh, Ini 5 Tisane yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumahilustrasi tisane biji adas (unsplash.com/sassygreenboots)

Seperti namanya, tisane kali ini dibuat dari bahan biji-bijian yang telah dikeringkan. Untuk jenis tisane yang satu ini, bahan yang paling sering digunakan adalah biji adas.

Biji ados jadi bahan tisane yang cukup banyak digemari karena manfaat antioksidan yang terkandung di dalamnya. Untuk memperkaya rasa, kamu juga bisa mencampur biji adas dengan bahan tisane lainnya, kok. 

5. Tisane rempah

Bukan Teh, Ini 5 Tisane yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumahilustrasi tisane kayu manis (unsplash.com/JoannaJ)

Nah, jenis tisane yang satu ini sudah sangat sering kita jumpai. Bahkan, bisa jadi kalian sudah pernah membuatnya, tapi masih menyebutnya sebagai teh karena belum mengetahui jika sebenarnya jenis minuman ini disebut dengan tisane.

Bahan rempah yang populer dijadikan tisane adalah jahe dan kayu manis. Tentu kamu sudah tak asing lagi dengan minuman seperti wedhang jahe, bukan?

Itulah sederet jenis-jenis tisane yang bisa kita buat sendiri di rumah. Karena kini sudah mengetahui kalau jenis minuman tersebut berbeda dari teh, yuk, mulai biasakan menyebutnya dengan tisane mulai sekarang. Nah, jenis tisane mana, nih, yang pengin kamu coba terlebih dahulu?

Baca Juga: 5 Teh Populer di Dunia yang Rasa dan Aromanya Sulit Dilupakan

Dian Ayu Erlianti Photo Verified Writer Dian Ayu Erlianti

content-writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya