Comscore Tracker

6 Fakta Unik Ubi Cilembu, Hanya Manis Jika Ditanam di Tanah Sumedang

Ubi madu khas Indonesia

Ubi cilembu atau biasa dikenal dengan ubi madu, merupakan kultivar ubi jalar yaitu masuk dalam kategori ras lokal asal Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Dan, sudah dikenal sejak tahun 1990. Fakta uniknya, ubi cilembu memiliki rasa manis alami yaitu seperti cairan madu yang ada di dalamnya, ini tidak dimiliki oleh jenis ubi pada umumnya.

Selain itu, ubi cilembu kaya akan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Bahkan, ubi madu satu ini hanya ada di Indonesia lho. Cara penyajiannya pun khas lantaran kandungan cairan madu yang ada di dalamnya. Dan, anehnya lagi ubi cilembu hanya manis ketika di tanam di tanah Sumedang saja. Penasaran? Yuk, simak ulasan fakta unik ubi cilembu, ubi madu khas Indonesia.

1. Ubi cilembu adalah ubi jalar ras lokal yang merupakan kekayaan alam Indonesia

6 Fakta Unik Ubi Cilembu, Hanya Manis Jika Ditanam di Tanah Sumedangm.tokopedia.com/CV. PUCIMA

Ubi cilembu adalah ubi jalar ras lokal yang hanya ada di Indonesia. Keunikan rasa, tekstur dan manfaatnya membuat ubi cilembu disukai banyak orang. Bahkan, belum ditemukan ubi seunik ubi cilembu di negara-negara lain. Hal ini dikarenakan kekayaan alam Indonesia yang berlimpah ruah, sehingga tidak heran jika Indonesia memiliki banyak sumber daya alam yang beranekaragam seperti salah satunya ubi cilembu yang sudah menjadi makanan tradisonal khas Indonesia yang sudah lama populer hingga ke manca negara.

2. Memiliki rasa manis karena kandungan cairan seperti madu yang ada di dalam ubi cilembu

6 Fakta Unik Ubi Cilembu, Hanya Manis Jika Ditanam di Tanah Sumedangblog.regopantes.com

Memiliki rasa manis karena kandungan cairan seperti madu yang ada di dalam ubi cilembu, tentu menjadi hal unik dibandingkan dengan jenis ubi pada umumnya. Rasa manis alami yang menggoda, tekstur yang lembut dan aroma yang harum sudah menjadi ciri khas ubi cilembu yang justru menjadi keunggulannya. Keunikan pada ubi cilembu khususnya cairan madu yang menciptakan rasa manis adalah karena ubi cilembu ditanam pada komposisi tanah yang memiliki unsur hara yang unik. 

3. Hanya manis jika ditanam di tanah Sumedang, tepatnya Kecamatan Pamulihan Desa Cilembu

6 Fakta Unik Ubi Cilembu, Hanya Manis Jika Ditanam di Tanah Sumedangm.tokopedia.com/Sumber Bibit Unggul

Ubi cilembu yang unik ini hanya manis jika ditanam di tanah Sumedang, Kecamatan Pamulihan Desa Cilembu. Faktanya, ketika ditanam di luar daerah itu maka kurang bisa mendapatkan hasil maksimal seperti ubi cilembu yang ditanam di Desa Cilembu. Hal ini dikarenakan keberlimpahan dan keanekaragaman bakteri yang bagus sehingga mampu menghasilkan ubi madu dengan cita rasa yang manis alami dan unik.

Baca Juga: 7 Jenis Olahan Unik Ketela, Disulap Jadi Makanan Kekinian

4. Ubi cilembu kaya akan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh

6 Fakta Unik Ubi Cilembu, Hanya Manis Jika Ditanam di Tanah Sumedangpricearea.com

Ubi cilembu tak sekedar rasanya enak dan manis. Ubi cilembu juga kaya akan nutrisi yang bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Ubi satu ini justru rendah kalori dan kolesterol lho. Tinggi serat, cocok dikonsumsi sebagai pengganti makanan pokok bagi yang sedang menjalankan diet sehat. Mengonsumsi ubi cilembu dapat menjaga nafsu makan dan tidak mudah lapar. Kandungan rasa manis alami dalam ubi cilembu juga tidak menaikkan kadar gula dalam tubuh sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Tak hanya itu, ubi cilembu memiliki kandungan vitamin A dan betakaroten yang dapat menjaga tubuh dari penyakit kanker mulut dan paru-paru. Selain vitamin A, juga kaya akan vitamin C yang bagus menjaga kesehatan kulit menjadi cerah, lembut serta meningkatkan daya tahan imun dalam tubuh.

Dan, ada kandungan vitamin B6 yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Kandungan betakaroten juga sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini dan penyakit berbahaya lainnya. Ubi cilembu ini juga sangat cocok dikonsumsi sebagai camilan sehat karena kandungan mineral potasium yang mampu mencegah dan meredakan stres. Sehingga tubuh sehat alami sepanjang hari.

5. Memiliki cara dimasak yang khas, beda dengan ubi pada umumnya

6 Fakta Unik Ubi Cilembu, Hanya Manis Jika Ditanam di Tanah Sumedangm.bukalapak.com/PAK TIO WARCIN SHOP

Memiliki komposisi unik didalamnya. Ubi cilembu juga memiliki cara dimasak yang khas dan berbeda seperti uji jalar pada umumnya. Ubi cilembu terasa nikmat dan enak maksimal jika dimasak dengan cara di oven/bakar/panggang. Cita rasa yang unik dan legit akan sangat membuatmu ketagihan. Namun, ubi cilembu tidak cocok jika digoreng dan direbus. Hal ini dikarenakan jika digoreng akan mudah gosong lantaran kandungan kadar gula yang tinggi. Sedangkan jika direbus kadar gula menurun sehingga mengurangi cita rasa khas dari ubi cilembu.

6. Cocok dijadikan hidangan kelas internasional karena keunikannya yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain

6 Fakta Unik Ubi Cilembu, Hanya Manis Jika Ditanam di Tanah Sumedangm.bukalapak.com/Cirebon Store 421

Memiliki cita rasa yang unik dan khas Indonesia. Ubi cilembu sangat cocok dijadikan sebagai hidangan kelas internasional. Memiliki rasa manis alami dan tekstur lembut seperti tak memiliki serat. Ubi cilembu enak dinikmati sebagai camilan tradisional yang hanya dioven saja. Bahkan, Ubi cilembu sangat berpotensi dapat dikreasikan dalam bentuk olahan lain yang lebih modern seperti diolah sebagai selai roti, cake, dessert dan olahan lainnya yang mampu menggugah selera. Terlebih belum ada ubi cilembu di negara-negara lain, sehingga sangat cocok ubi cilembu dijadikan sebagai hidangan kelas internasional yang juga sekalian mengenalkan kekayaan dan keanekaragaman sumber daya alam Indonesia ke mancanegara agar semakin mendunia. 

Itulah 6 fakta unik tentang ubi cilembu, ubi madu khas Indonesia. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan kamu akan kekayaan alam Indonesia ya, guys.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Ketela Sebagai Sajian Buka Puasa yang Nikmat

Susi Yanti Nurraini Photo Verified Writer Susi Yanti Nurraini

Keep shining, keep inspiring! engineer, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya