Comscore Tracker

Keren, di 6 Restoran Malaysia Ini Kamu Bisa Turut Beramal Lho

Udah pernah mengunjungi salah satunya?

Udah bukan rahasia umum kalau Malaysia merupakan salah satu negara yang kerap dijadikan destinasi wisata favorit bagi para pelancong Indonesia. Selain memiliki tempat wisata yang keren, Malaysia juga terkenal dengan kelezatan makanannya. Tapi kamu tahu gak sih kalau ada beberapa restoran di negeri jiran ini yang menjalankan bisnis kuliner dan misi sosial dalam waktu yang bersamaan? 

Nah, buat kamu yang lagi berencana melancong ke negeri Upin-Ipin ini, gak ada salahnya kamu berkunjung ke beberapa restoran ini. Selain puas makan enak, kamu juga bisa beramal lho.

Berikut adalah 6 restoran di Malaysia yang menjalankan bisnis kuliner dan misi sosial sekaligus yang wajib masuk ke dalam travel checklist kamu!

1. Mango Chili di Kuala Lumpur

Keren, di 6 Restoran Malaysia Ini Kamu Bisa Turut Beramal Lhorebeccasaw.com

Restoran Mango Chili ini menyajikan beberapa makanan khas Thailand seperti Pad Thai (Ayam khas Thailand), ikan goreng utuh dan daging sapi basil. Setelah makan berat, kamu juga bisa memesan hidangan penutup yang gak kalah sedap seperti nasi ketan mangga hijau dan bubur cha cha yang hits abis!

Setiap RM25 yang mereka dapat, Mango Chili berkomitmen untuk memberi makan kepada seorang anak yang sedang membutuhkan. Program dari Mango Chili ini telah bekerja sama dengan salah satu organisasi sosial yang bertujuan untuk memberi makan anak-anak di berbagai daerah di Malaysia dan di Kamboja.

2. Restoran Ray of Hope di Ipoh

Keren, di 6 Restoran Malaysia Ini Kamu Bisa Turut Beramal Lhoipohecho.com

Restoran ini cocok banget buat kamu yang menyukai makanan ala-ala herbal guys. Disini, mereka menyajikan hidangan utama seperti sup kukus ayam herbal dan beberapa sup herbal lainnya. Sup herbal dari restoran ini terbuat oleh ginseng, kerang kering, dan mie daging sapi Taiwan dan kubis asin. Selain sup herbal, mereka juga menyediakan makanan seperti chicken hor fun, curry mee dan chee cheong fun.

Restoran ini memiliki program untuk membantu orang-orang disabilitas melalui pendidikan kreatif  yang bertujuan untuk melatih keterampilan mereka. Melalui ini, diharapkan mereka dapat bekerja dan hidup semandiri mungkin. Keren!

3. The Picha Project di Kuala Lumpur

Keren, di 6 Restoran Malaysia Ini Kamu Bisa Turut Beramal Lhotimeout.com

Restoran ini memiliki menu yang selalu berubah dengan makanan yang berasal dari berbagai belahan dunia, seperti makanan Irak, Suriah, Palestina, Burma, Afghanistan, dan Rohingya. Kerennya lagi, chef mereka datang berasal dari berbagai belahan dunia lho. Ini bertujuan agar para juru masak bisa membuat para pengunjung menikmati rasa budaya dan masakan tanah air tempat mereka berasal.

Restoran ini memberdayakan keluarga pengungsi yang tinggal di Malaysia dengan memberi bantuan secara finansial melalui katering makanan tradisional. Semua makanan dari katering ini dimasak sendiri oleh keluarga pengungsi yang tinggal di Malaysia. Picha berusaha menciptakan masyarakat yang lebih inklusif di mana kelompok-kelompok marjinal dimasukkan dan mampu berkontribusi bagi negara.

4. Kafe Charlie's di Kuala Lumpur

Keren, di 6 Restoran Malaysia Ini Kamu Bisa Turut Beramal Lhoeatdrinkkl.blogspot.co.id

Restoran yang satu ini punya menu andalan makanan khas Malaysia seperti nasi lemak dan laksa Sarawak. Selain itu, mereka juga punya menu yang digandrungi kawula muda seperti cheesecake, All-Double Oreo dan ada juga es krim durian lembut yang dibuat dengan durian asli lho guys. 

Charlie's memiliki sistem pembayaran yang unik. Ketika kamu menghabiskan uang RM5 di cafe ini, kasir akan memberikan tanda terima untuk RM5, yang kemudian bisa kamu tempelkan di dinding di cafe.

Nah, kafe ini akan menyambut siapapun (kebanyakan adalah orang tidak mampu) yang menerima kuitansi tersebut untuk ditukarkan dengan makanan yang layak. Charlie's juga mengadakan acara di mana kafe mengundang komunitas yang kurang beruntung untuk makan bersama.

5. Projek Nasi Lemak di Penang

Keren, di 6 Restoran Malaysia Ini Kamu Bisa Turut Beramal Lhokokcheehou.blogspot.co.id

Restoran ini menyajikan menu nasi lemak rumahan, kue tradisional dan makanan lezat khas Malaysia lainnya.

Restoran ini memberi peluang bagi kaum miskin kota, keluarga kurang mampu di Malaysia untuk keluar dari kemiskinan dengan menjual nasi lemak. Keluarga yang terlibat dalam proyek ini dilatih untuk memasak, menyiapkan, dan menjual makanan buatan sendiri untuk mendapatkan penghasilan.

6. Project B di Sentul Selatan, Kuala Lumpur

Keren, di 6 Restoran Malaysia Ini Kamu Bisa Turut Beramal Lhorobinwong.blogspot.co.id

Menu andalan dari restoran ini adalah ayam crispy-nya guys. Selain itu, mereka juga menyediakan masakan Indonesia seperti rendang. Setelah puas menyantap hidangan utama, mereka juga menyediakan ice cream float yang pas banget untuk dijadikan dessert.

Restoran ini lahir dari inisiatif yayasan untuk anak, yang bekerja untuk membantu kaum miskin kota dan anak-anak pengungsi keluar dari siklus kemiskinan di daerah Sentul Kuala Lumpur. Semua hasil pendapatan restoran akan dimanfaatkan untuk menjalankan program pendidikan dan pelatihan yayasan. Selain memberi anak-anak yang kurang beruntung akses ke bidang  pendidikan dan perawatan kesehatan, mereka juga memberikan pelatihan kejuruan dan pengalaman kerja bagi para remaja. 

Itu dia 6 restoran dengan misi sosial yang keren abis. Kalau liburan ke Malaysia jangan lupa untuk berkunjung, ya!

Syifaul Qulubil Asna Photo Community Writer Syifaul Qulubil Asna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You