Comscore Tracker

5 Hidangan Khas Estonia yang Punya Rasa Autentik, Beda dari yang Lain!

Berani coba?

Estonia berada di Eropa Utara, dengan berbatasan dengan Finlandia, Latvia dan Rusia. Negara ini dikenal memiliki kota tua yang indah, sehingga memikat wisatawan asing untuk berlibur di sana.

Kalau sedang singgah di sana, berkelana mencari kuliner tidak boleh untuk dilewatkan. Meskipun termasuk negara kecil, Estonia punya beragam makanan khas, lho.

Di bawah ini adalah beberapa kuliner khas Estonia yang rasanya autentik. Lets go!

1. Lillkapsas juustukastmes

5 Hidangan Khas Estonia yang Punya Rasa Autentik, Beda dari yang Lain!ilustrasi lillkapsas juustukastmes (instagram.com/jadlomonia_blog)

Tampilannya hampir mirip dengan mac cheese, lillkapsas juustukastmes merupakan olahan olahan kembang kol rebus yang dicampur dengan susu dan saus keju melimpah. Makanan ini banyak disukai dari mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Lillkapsas juustukastmes ini sangat mengenyangkan, oleh karena itu bisa dijadikan menu diet yang sehat. Boleh juga, nih dicoba di rumah!

2. Sült

5 Hidangan Khas Estonia yang Punya Rasa Autentik, Beda dari yang Lain!ilustrasi sült (instagram.com/ahohomemadefood)

Kamu pernah berpikir tidak ingin mencoba agar-agar yang berisi daging? Jika iya, cobalah untuk menyantap sült. Hidangan ini terbuat dari potongan daging dan irisan sayuran yang dimasak dengan kaldu campuran gelatin. 

Jika sudah dingin dan menjadi jeli, sült sudah bisa dinikmati. Sajian ini kerap kali dihidangkan saat Natal atau Paskah.

Baca Juga: 5 Dessert Lezat Khas Estonia yang Rasanya Bikin Ketagihan!

3. Vürtsikilu suupiste

5 Hidangan Khas Estonia yang Punya Rasa Autentik, Beda dari yang Lain!ilustrasi vürtsikilu suupiste (instagram.com/mihail_foodphotographer)

Vürtsikilu suupiste merupakan camilan yang terbuat dari olahan ikan sprat. Nah, ikan sprat sendiri mirip dengan sarden yang punya minyak sedikit namun, masih memiliki rasa lezat.

Potongan ikan sprat diletakkan di atas roti gandum yang sudah dioles dengan krim keju dan cacahan bawang putih. Camilan ini sangat gurih dan ada sensasi rasa pedas yang buat pencinta pedas jadi jatuh cinta.

4. Hernesupp suitsukoodiga

5 Hidangan Khas Estonia yang Punya Rasa Autentik, Beda dari yang Lain!ilustrasi hernesupp suitsukoodiga (instagram.com/theroyalamerican)

Malam tahun baru di Estonia, hernesupp suitsukoodiga sering menjadi jamuan yang spesial di momentum penting. Hidangan ini merupakan sup tradisional yang terbuat dari kacang polong dan daging babi asap.

Kaldu gurihnya diperoleh dari tulang sapi, bawang merah dan bawang putih yang direbus secara bersamaan. Kalau ingin tekstur kaldu yang kental, sup bisa dihaluskan sesuai dengan tingkat kekentalan menurut masing-masing individu.

5. Verikäkk

5 Hidangan Khas Estonia yang Punya Rasa Autentik, Beda dari yang Lain!ilustrasi verikäkk (instagram.com/yllejukk)

Gak cuma di Korea Selatan saja yang terkenal dengan sosis darah atau sundae, di Estonia sendiri olahan darah ini sering disebut verikäkk. Hidangan ini sering dinikmati sebagai kudapan di sore hari dan menjadi kuliner yang wajib dikenal oleh para wisatawan.

Demi menyamarkan bau tidak sedap dari darah, biasanya kudapan ini ditambahkan dengan lemak babi, tepung dan olahan bawang goreng. Verikäkk lebih nikmat jika disajikan bersama acar, krim asam dan sòelai cranberry.

Berburu kuliner autentik di Estonia bikin kita mendapatkan sebuah pengalaman yang seru. Saat musim libur, apakah kamu berniat untuk jalan-jalan ke Estonia? Jangan sampai ketinggalan untuk coba beragam kulinernya, ya.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Estonia, Negara yang Merdeka pada 24 Februari

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Mari berkarya!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya