Comscore Tracker

5 Olahan Jagung Khas Jawa Tengah yang Rasanya Ngangenin, Bikin Ngiler!

Kamu sudah pernah nyoba yang mana?

Jagung memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Gak melulu jagung rebus dan bakar, olahan tanaman yang memiliki nama latin Zea mays ini, banyak ragamnya di Indonesia, lho.

Beberapa olahan jagung pun berasal dari Jawa Tengah. Rasanya yang bikin ngiler, tentu menjadi salah satu alasan, mengapa kamu harus mencoba beberapa hidangan khas Jawa Tengah berbahan dasar jagung berikut ini.

1. Blendung atau grontol

5 Olahan Jagung Khas Jawa Tengah yang Rasanya Ngangenin, Bikin Ngiler!instagram.com/dapoersikoko

Olahan ini mudah banget dibuat di rumah, lho. Hanya cukup dengan merebus jagung yang sudah pipil hingga matang, lalu letakkan pipilan jagung di wadah kemudian beri parutan kelapa di atasnya. Rasa gurihnya parutan kelapa dan manisnya jagung bakal bikin mulut gak mau berhenti ngunyah.

Kalau di Tegal, kuliner ini diberi nama blendung. Namun, dalam beberapa daerah di Jawa Tengah, olahan jagung ini biasa disebut grontol.

2. Lepet jagung

5 Olahan Jagung Khas Jawa Tengah yang Rasanya Ngangenin, Bikin Ngiler!instagram.com/anekakuelezatt

Lepet menjadi makanan tradisional yang sering dijumpai di daerah Jawa. Biasanya lepet dibuat dari beras ketan dan parutan kelapa yang dibungkus rapi dengan janur atau daun kelapa muda.

Supaya gak bosen dengan isian lepet yang begitu saja, di daerah Jepara dan Solo, ada jajanan lepet yang terbuat dari jagung. Soal rasa gak usah diragukan lagi. Rasanya jauh lebih enak karena ada sensasi manis dan legit yang berasal dari jagung.

Baca Juga: Resep Lepet Jagung, Camilan Istimewa yang Manis dan Legit 

3. Marning

5 Olahan Jagung Khas Jawa Tengah yang Rasanya Ngangenin, Bikin Ngiler!instagram.com/camilannusantara

Sebagian orang Jawa Tengah, pasti sudah pernah menyicipi panganan renyah ini, yakni marning. Jajanan ini merupakan pipilan jagung yang dipanaskan di dalam minyak panas, kemudian ditabur dengan aneka bumbu pilihan, baik manis, asin maupun pedas.

Marning cocok banget dijadikan sebagai teman kerja maupun camilan saat sedang ngumpul bareng keluarga.

4. Nasi jagung

5 Olahan Jagung Khas Jawa Tengah yang Rasanya Ngangenin, Bikin Ngiler!Instagram.com/kuliner_bpn

Grobogan dikenal sebagai salah satu produsen jagung terbesar di Jawa Tengah. Oleh karena itu, di daerah Grobogan banyak sekali warung yang menjual nasi jagung.

Supaya rasanya jadi semakin nikmat, kita bisa menambahkan aneka lauk juga, lho. Kandungan gizi pada nasi jagung jauh lebih baik di banding dengan nasi biasa. Tunggu apalagi, wajib masuk ke bucket list kamu, nih!

5. Talam jagung

5 Olahan Jagung Khas Jawa Tengah yang Rasanya Ngangenin, Bikin Ngiler!instagram.com/michellemawar

Pasti kamu sudah gak asing lagi dengan kue talam. Jajanan tradisional tersebut diolah dari bahan baku berupa tepung beras atau tapioka yang dibuat menjadi beberapa lapis.

Nah, kalau di daerah Semarang, ada yang beda dengan kue talam seperti biasanya, lho. Di sana jagung dijadikan sebagai bahan pelengkap dalam kue talam. Manisnya jagung beradu jadi satu dengan rasa legitnya. Yummy!

Itulah beberapa olahan jagung khas Jawa Tengah yang rasanya ngangenin.  Buat kamu pencinta jagung, wajib banget olahan ini dimasukkin ke bucket list kamu.

Baca Juga: 6 Olahan Jagung Khas Pulau Sulawesi, Nikmat dan Wajib Coba!

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Mari berkarya!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya