Comscore Tracker

5 Makanan Rumahan dengan Petai yang Nikmat, Aromanya Menggoda

Bikin nafsu makan jadi bertambah!

Petai adalah salah satu jenis kacang polong dengan aromanya yang khas. Petai yang masih muda dan segar dapat dikonsumsi tanpa diolah atau dijadikan pelengkap pada beberapa masakan.

Meski tidak semua orang menyukai petai, namun tanaman yang memiliki nama latin Parkia spesiosa ini mengandung banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Nah, di bawah ini adalah beberapa masakan rumah yang cocok ditambahkan dengan petai.

Bikin aroma masakan jadi lebih harum dan nikmat, simak daftar selengkapnya berikut ini, deh!

1. Mi goreng

5 Makanan Rumahan dengan Petai yang Nikmat, Aromanya Menggodailustrasi mie goreng (instagram.com/sarwokotiti)

Siapa yang gak suka dengan mi goreng? Makanan sejuta umat ini paling enak kalau dinikmati bersama-sama. Petai menjadi salah satu pelengkap mi goreng yang gak pernah ketinggalan.

Makan mi goreng petai selagi hangat dengan ditambah nasi jadi lebih berkesan. Rasanya bikin mulut gak mau berhenti mengunyah, deh.

2. Nasi goreng

5 Makanan Rumahan dengan Petai yang Nikmat, Aromanya Menggodailustrasi nasi goreng (instagram.com/nasgormafia)

Penduduk lokal hingga wisatawan asing menjadikan nasi goreng sebagai menu favorit. Meskipun sederhana, rasa nasi goreng yang kaya akan rempah-rempah ini begitu istimewa.

Apalagi kalau ditambah dengan topping yang melimpah, bikin nafsu makan kian bertambah. Buat kamu yang bosan dengan pelengkap itu-itu saja, boleh juga tambahkan dengan irisan petai. Dijamin aroma wanginya makin menguar.

3. Oseng tempe

5 Makanan Rumahan dengan Petai yang Nikmat, Aromanya Menggodailustrasi oseng tempe (instagram.com/anisa_festi)

Tempe merupakan olahan kedelai fermentasi yang sangat disukai orang Indonesia. Salah satu olahan tempe yang mudah dibuat adalah dengan ditumis.

Dengan bahan seadanya, oseng tempe bakal jadi masakan yang lezat dan menggugah selera. Tambahkan dengan beberapa petai supaya rasanya kian enak dan beraroma harum.

Baca Juga: Resep Sambal Petai Udang Telur Puyuh, Ide Lauk Sahur dan Berbuka

4. Sambal goreng kentang

5 Makanan Rumahan dengan Petai yang Nikmat, Aromanya Menggodailustrasi sambal goreng kentang (instagram.com/rachveda)

Sambal goreng kentang jadi masakan rumah yang biasa dihidangkan saat ada acara hajatan. Selain itu, sering juga dijadikan menu makanan keluarga.

Biasanya, masakan ini dipadukan dengan potongan ati ampela dan petai segar. Dengan rasa gurih dan pedas yang nagih, jangan lupa tambahkan nasi secukupnya, ya.

5. Tumis terung

5 Makanan Rumahan dengan Petai yang Nikmat, Aromanya Menggodailustrasi tumis terong (instagram.com/rudydansahabat)

Jangan hanya memasak tumis kangkung saja, tetapi cobalah membuat tumis terung dengan tambahan petai. Mudah dibuat di rumah, kamu hanya butuh menyiapkan terung ungu yang sudah dipotong dan bahan-bahan untuk membuat sambal.

Terung digoreng terlebih dahulu hingga sedikit layu, lalu campurkan dengan sambal tumisan. Masak hingga sambalnya merata.

Aromanya harum dan menggugah selera, kelima makanan rumahan di atas cocok banget kamu sajikan dengan tambahan petai. Dari tampilannya saja sudah bikin ngiler, mana yang pengin kamu coba terlebih dahulu?

Baca Juga: 10 Resep Olahan Petai yang Lezat, Cocok untuk Lauk Harian

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Be youself and do what you like 💜

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya