Comscore Tracker

5 Makanan yang Makin Lezat Disajikan dengan Timun, Kriuknya Nagih!

Tanpanya, rasa makanan jadi ada yang kurang

Timun sering diolah jadi masakan hingga minuman yang menyehatkan untuk tubuh. Selain itu, timun juga kerap dijadikan pelengkap dan hiasan untuk beberapa makanan, lho. Tanpanya, rasa makanan jadi ada yang kurang dan gak sedap.

Pencinta olahan timun pasti sadar, berikut beberapa makanan yang jadikan timun sebagai pelengkap. Penasaran, apa saja? Langsung scroll ke bawah, deh!

1. Ayam geprek

5 Makanan yang Makin Lezat Disajikan dengan Timun, Kriuknya Nagih!ilustrasi ayam geprek (instagram.com/mrs.wijaya)

Perlu diketahui, ayam geprek berasal dari Yogyakarta. Seiring berjalannya waktu, kuliner khas Kota Pelajar ini semakin populer dan tersedia hampir di seluruh daerah di Indonesia. Terdapat banyak gerai yang menjual ayam geprek.

Makanan ini terbuat dari ayam goreng tepung yang digeprek bersama sambal. Supaya lebih menarik, irisan timun dan selada menjadi pelengkap yang pas saat menyajikan seporsi ayam geprek. Kriuknya bikin semangat makan terus.

2. Gado-gado

5 Makanan yang Makin Lezat Disajikan dengan Timun, Kriuknya Nagih!ilustrasi gado-gado (instagram.com/gemarkulineran)

Gado-gado dianggap sebagai salah satu salad khas Indonesia yang digemari berbagai kalangan. Aneka sayuran rebus dihidangkan dalam piring, kemudian disiram dengan sambal kacang yang terasa manis, gurih, dan pedas.

Kalau untuk timun, biasanya tidak direbus, namun dipotong tipis supaya ada sensasi kriuk di dalam mulut. Perpaduan timun dengan sayuran lainnya menghadirkan rasa segar tersendiri, lho.

3. Pempek

5 Makanan yang Makin Lezat Disajikan dengan Timun, Kriuknya Nagih!ilustrasi pempek (instagram.com/lailadimyati)

Pempek atau empek-empek merupakan olahan tepung dan ikan yang digoreng, lalu disiram kuah asam pedas bernama cuko. Pempek punya banyak jenis, seperti pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek bulat, pempek kulit ikan, dan masih banyak lagi.

Potongan timun sering menjadi pelengkap saat menyantap kuliner khas Palembang ini. Apalagi kalau makannya siang hari, bikin suasana jadi adem dan segar.

Baca Juga: 11 Olahan Ayam Paling Enak di Asia Tenggara, Ada Ayam Penyet!

4. Nasi goreng

5 Makanan yang Makin Lezat Disajikan dengan Timun, Kriuknya Nagih!ilustrasi nasi goreng (instagram.com/yunitaanwar)

Kalau kamu orang Indonesia, jangan sampai belum pernah menyantap nasi goreng. Hidangan nasional ini menjadi kuliner yang disukai oleh masyarakat lokal hingga wisatawan asing, lho.

Aroma sedap yang bercampur dengan rempah pilihan ini memang bikin gak bisa berhentu makan. Tambahan timun menjadi pelengkap yang pas supaya rasanya jauh lebih nendang. Bisa juga diolah jadi acar dengan rasa asam dan manis yang nikmat.

5. Nasi kuning

5 Makanan yang Makin Lezat Disajikan dengan Timun, Kriuknya Nagih!ilustrasi nasi kuning (instagram.com/yuni_florentina)

Nasi kuning kerap disajikan saat  perayaan khusus, seperti ulang tahun, syukuran dan momentum penting lainnya. Warna kuning pada nasi terbuat dari beras yang sudah dicampurkan dengan bumbu kuning, kemudian dimasak hingga matang.

Lauk pauk yang sering dihidangkan adalah ayam goreng, sambal goreng tempe, telur dadar, dan olahan mi. Supaya lebih kriuk dan bertekstur, tambahkan irisan timun dan wortel. Dijamin semakin sedap, deh!

Jadi, jangan ragu untuk menambahkan timun sebagai pelengkap, ya. Tanaman yang memiliki nama latin Cucumis sativus L. ini punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, lho. Mana makanan yang selalu jadi kesukaanmu?

Baca Juga: Resep Sandwich Acar Timun, Sajian Segar dengan Aneka Isian

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Mari berkarya!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya