Comscore Tracker

Didominasi Makanan Berat, Ini 6 Kuliner Khas Situbondo yang Nikmat

Pencinta kuliner wajib merapat!

Situbondo merupakan kota kecil yang memiliki banyak keindahan alam. Selain memiliki wisata yang begitu terkenal yaitu Pantai Pasir Putih, Situbondo juga menyimpan beraneka ragam kuliner. Jadi, alangkah lebih baik jika kamu berlibur sekaligus melakukan wisata kuliner di sini.

Ada beberapa hidangan nikmat yang dapat kamu cicipi jika berkunjung ke Situbondo. Jika kamu penasaran apa saja yang kuliner yang dimaksud, coba simak ulasannya berikut ini.

1. Nasi Karak

Didominasi Makanan Berat, Ini 6 Kuliner Khas Situbondo yang Nikmattwitter.com/GunRomli

Apakah kamu pernah mendengar istilah 'karak'? Dalam bahasa Jawa, 'karak' berarti nasi yang telah dikeringkan. Namun dalam kuliner Situbondo, Nasi Karak yaitu sebuah makanan yang terdiri dari ikan segar goreng, sambal pedas, oseng tahu, dan kerupuk.

Namun yang paling unik dari hidangan satu ini adalah di atas nasinya itu ditaburi parutan kelapa agar semakin gurih. Apakah kamu bisa membayangkan rasanya kayak gimana? Jika penasaran, coba saja kunjungi Situbondo.

2. Sate Lalat

Didominasi Makanan Berat, Ini 6 Kuliner Khas Situbondo yang Nikmattwitter.com/UwanUrwan

Jangan berpikiran negatif dulu ketika mendengar kuliner dengan nama Sate Lalat. Kuliner yang ini sebenarnya tidak terbut dari lalat lho. Hanya saja ukurannya yang begitu kecil membuat orang-orang menyebutnya Sate Lalat.

Bahan utama dari hidangan ini adalah ayam yang telah dipotong-potong dadu sampai kecil. Setelah itu, ayam-ayam tersebut ditusukkan ke tusuk sate lalu dibakar. Dengan disiram kuah kacang di atasnya, membuat kuliner satu ini sangat nikmat.

3. Tajin Palappa

Didominasi Makanan Berat, Ini 6 Kuliner Khas Situbondo yang Nikmattwitter.com/abd_azizkece

Jika kamu ingin makan bubur ayam dengan sensasi yang berbeda, maka berkunjung ke Situbondo adalah pilihan tepat. Di sama terdapat kuliner yang dinamakan Tajin Palappa. Yang menjadi unik dari hidangan tersebut adalah sebuah bubur yang disiram saus kacang.

Apakah kamu bisa membayangkan bagaimana rasanya? Santapan ini sangat cocok dinikmati untuk sarapan. Dipadukan dengan teh hangat membuat hidangan satu ini memiliki kenikmatan yang tiada tandingannya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Situbondo untuk Liburan Akhir Pekan

4. Nasi Sodu

Didominasi Makanan Berat, Ini 6 Kuliner Khas Situbondo yang Nikmattwitter.com/ayokhidupsehat

Jika dilihat sekilas, hidangan tersebut hanya seperti kuliner biasa layaknya di warung makan pinggir jalan. Tetapi jangan melihat dari penampilannya saja. Banyak orang yang menganggap bahwa hidangan ini memiliki penampilan simpel namun ternyata punya rasa yang sangat enak.

Terdiri dari ikan bumbu santan, potongan sayuran, serta tambahan kerupuk di atasnya membuat hidangan ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat. Nasi Sodu dapat kamu jumpai di hampir semua kedai yang ada di kota Situbondo.

5. Bakso Tekwoleh

Didominasi Makanan Berat, Ini 6 Kuliner Khas Situbondo yang Nikmattwitter.com/detikcom

Jika kamu adalah pencinta bakso, maka belum lengkap jika belum mencicipi kuliner ini. Bakso Tekwoleh merupakan kuliner khas Situbondo yang memiliki pentol lumayan besar. Di dalamnya juga terdapat daging cincang yang bisa menggugah selera.

Seperti bakso pada umumnya, hidangan ini terdiri dari tambahan mi bihun serta kuah kaldu daging sapi. Jika kamu berkunjung ke Situbondo, wajib hukumnya untuk mencicipi kuluner legendaris yang satu ini.

6. Soto Situbondo

Didominasi Makanan Berat, Ini 6 Kuliner Khas Situbondo yang Nikmatflickr.com

Kebanyakan orang pasti tidak pernah menyangka bahwa Situbondo memiliki soto dengan keunikannya sendiri. Soto Situbondo merupakan sebuah kuliner berkuah yang memiliki cita rasa sungguh menarik. Terdapat potongan daging ayam, telur, bihun, kentang goreng, serta bumbu pelengkap lainnya yang membuat hidangan ini istimewa.

Hidangan yang satu ini sangat cocok jika dinikmati pada saat musim hujan tiba. Apalagi jika ditambah dengan teh hangat, kenikmatan yang dihadirkan akan mencapai titik maksimal. 

Itulah keenam kuliner khas Situbondo yang wajib kamu cicipi. Apakah kamu sudah pernah mencoba salah satunya?

Baca Juga: Mantul! Resep Asli Rawon Khas Jawa Timur yang Bercita Rasa Lezat

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya