Comscore Tracker

Maknyus! 7 Kuliner Khas Kota Lumajang yang Bikin Nagih

Dijamin bikin ketagihan setelah menyicipinya!

Lumajang adalah kota yang terletak di hampir ujung Pulau Jawa. Kota kecil ini biasa disebut dengan kota pisang karena di sana kamu bisa mendapati banyak jenis pisang yang tidak ditemukan di tempat lain. Selain itu, Lumajang juga memiliki keindahan alam yang begitu memukau seperti Air Terjun Tumpak Sewu, Air Terjun Kapas Biru, dan lainnya.

Tidak hanya wisata alam saja yang menjadi daya tarik kota ini, beberapa kuliner khas bisa bikin kamu kangen jika mengunjungi kota ini untuk pertama kalinya.

Penasaran apa saja kuliner yang disajikan di kota Lumajang? Simak pembahasan berikut ini.

1. Lontong petis

Maknyus! 7 Kuliner Khas Kota Lumajang yang Bikin Nagihinstagram.com/sumarx

Apakah kamu lebih suka lontong daripada nasi? Jika iya, kamu wajib mengunjungi kota ini karena di sana terdapat kuliner khas yang bikin lidahmu nagih untuk menyantapnya lagi.

Lontong petis merupakan perpaduan dari aneka lauk seperti tahu, tempe, dan lontong yang kemudian disiram dengan kuah kacang yang telah dicampur petis.

Rasa gurih dan nikmat akan lebih lengkap karena di atas lontong petis dilengkapi oleh taburan bawang goreng serta kerupuk yang sangat renyah. Sudah kebayang bagaimana kenikmatannya, bukan?

Jika kamu berkunjung ke Kota Lumajang, jangan lupa untuk mencicipi kuliner enak ini.

2. Pecel godong telo

Maknyus! 7 Kuliner Khas Kota Lumajang yang Bikin Nagihtwitter.com/WulanFy_

Jika pernah makan pecel, kamu pasti akan terbiasa dengan tauge serta potongan kacang panjang di atasnya. Namun kamu akan merasakan sensasi pecel yang cukup berbeda jika mengunjungi Kota Lumajang. Di sana, kamu bisa menyantap nasi pecel dengan tambahan godong telo atau daun ketela.

Memang daun ketela cenderung pahit jika disantap. Tetapi rasa tersebut tidak akan kamu dapatkan karena cara pengolahan berbeda serta campuran bumbu kacang yang terasa pedas manis membuat makanan ini begitu nagih jika masuk ke mulut.

3. Cilok mercon

Maknyus! 7 Kuliner Khas Kota Lumajang yang Bikin Nagihtwitter.com/keiranara

Penggemar cilok wajib mampir ke Kota Lumajang karena di sana ada varian cilok yang cukup ekstrem. Bayangkan saja ketika mengunyah cilok yang memiliki tekstur lembut tetapi di dalamnya terdapat potong cabai hijau yang dapat mengucurkan keringat di wajah.

Cilok mercon ini begitu misterius karena dari luar memang terlihat seperti cilok pada umumnya namun di dalamnya menyimpan ranjau. Siapkan es teh yang banyak jika kamu ingin menyantap cilok mercon ini dengan nikmat.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Lumajang yang Mantap Jiwa, Sudah Pernah Coba?

4. Keripik pisang

Maknyus! 7 Kuliner Khas Kota Lumajang yang Bikin Nagihtwitter.com/ResepKitaNet

Sebelumnya telah disebutkan bahwa Lumajang itu diberi julukan sebagai kota pisang. Tidak lengkap rasanya jika tak ada olahan pisang dalam daftar kuliner di kota ini. Kamu bisa menikmati kerpiki pisang yang sangat khas dan terjamin rasanya karena bahan yang dipakai itu berasal dari kota pemilik varian pisang yang cukup banyak.

Jangan lupa membelikan teman atau keluarga di rumah sebungkus keripik pisang dari Lumajang. Kenikmatan yang tiada tara akan menggugah seleramu ketika menyantap keripik pisang khas Lumajang.

5. Rujak otek

Maknyus! 7 Kuliner Khas Kota Lumajang yang Bikin Nagihtwitter.com/syahrani

Meski terdengar cukup asing di telinga masyarakat, namun rujak otek khas Lumajang ini memiliki cita rasa yang cukup maknyus. Berbeda dari rujak lainnya yang hanya memakai sayur-sayuran hijau saja, pada rujak otek terdapat tambahan rebung yang bisa menambah cita rasa.

Bayangkan saja perpaduan bambu muda yang cukup nikmat serta dilapisi kuah kacang di atasnya membuat makanan ini sangat cocok dinikmati ketika lapar melanda.

Rujak otek ini hanya akan kamu dapatkan jika berkunjung ke Lumajang, tepatnya di Desa Sumberwuluh.

6. Lontong kupang Adel

Maknyus! 7 Kuliner Khas Kota Lumajang yang Bikin Nagihtwitter.com/Faris_Diggory

Tidak hanya lontong petis, Kota Lumajang juga menyajikan kuliner memakai lontong lainnya yaitu dalam bentuk lontong kupang. Berbeda dari yang biasanya, Lontong Kupang Adel telah menjadi legenda kuliner di kota ini karena sudah berkiprah sejak beberapa tahun silam sampai sekarang.

Dengan menggunakan cara mengolah yang masih tradisional, membuat Lontong Kupang Adel tetap memiliki rasa yang begitu khas seperti sedia kala.

Jika kamu ingin menyantap sajian ini, kamu harus rela mengantre di warungnya yang terletak di kawasan Terminal Lama.

7. Bakso bumbu rujak

Maknyus! 7 Kuliner Khas Kota Lumajang yang Bikin Nagihtwitter.com/girisora

Apakah kamu pernah membayangkan sajian bakso yang dilengkapi oleh bumbu rujak dengan cita rasa asam dan gurih? Jika tidak, kamu wajib menyantap keunikan rasa yang akan didapatkan dalam sajian Bakso Rujak khas Kota Lumajang ini.

Campuran bumbu kacang serta kuah bakso akan menjadikan lidahmu berpikir mengenai rasa yang tepat pada kuliner ini. Jika kamu berkunjung ke Lumajang, akan sangat rugi jika tidak menikmati kuliner yang sangat unik ini. 

Itulah ketujuh kuliner unik khas Lumajang yang wajib kamu coba. Yuk agendakan berwisata ke Lumajang!

Baca Juga: 5 Kuliner Langka Ini Hanya Ada di Kota Malang Lho, Buruan Coba!

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya