Comscore Tracker

Rekomendasi 5 Spot Kuliner Kapurung di Makassar, Segar dan Lezat!

Salah satu kuliner yang lezat dan menyehatkan #LokalIDN

Merupakan salah satu makanan pokok terutama bagi masyarakat Indonesia bagian Timur, tepung sagu adalah tepung yang diperoleh dari batang pohon sagu. Di beberapa daerah, tepung sagu mungkin akan sulit ditemukan, karena itu tak jarang diganti dengan tepung tapioka.

Di Sulawesi Selatan terdapat salah satu kuliner favorit warga lokal berbahan dasar tepung sagu, biasa disebut dengan kapurung. Kapurung terbuat dari tepung sagu yang dimasak terlebih dahulu, kemudian dibentuk bulat-bulat menggunakan sendok atau sumpit agar mudah untuk dimakan. Sagu yang sudah masak dan dibentuk dicampur dengan kuah dan sayuran yang telah dimasak terlebih dahulu.

Untuk kamu yang penasaran dengan kelezatan kapurung, berikut ini rekomendasi spot kuliner kapurung di Makassar yang selalu jadi favorit warga lokal dan wisatawan!

1. Kapurung Kasuari

Rekomendasi 5 Spot Kuliner Kapurung di Makassar, Segar dan Lezat!Instagram.com/misstamchiak

Kapurung Kasuari merupakan salah satu rekomendasi untuk kamu yang ingin menikmati kelezatan kapurung. Kuahnya yang gurih dan sedikit kental yang terbuat dari campuran kacang tanah yang telah dihaluskan dan ikan yang telah dimasak dengan kuah kuning.

Di sini, kamu bisa mencoba berbagai jenis kapurung, kapurung ikan, kapurung ayam dan kapurung udang tersedia di sini. Saat jam makan siang, Kapurung Kasuari selalu ramai dipadati pengunjung lho.

Selain kapurung, kamu juga bisa menikmati berbagai menu khas Sulawesi Selatan lainnya, seperti barobbo dan pallumara.

Harga : Rp 21.000 - Rp 23.000

Lokasi : Jl. Kasuari No. 2, Mariso

2. Rumah Kapurung

Rekomendasi 5 Spot Kuliner Kapurung di Makassar, Segar dan Lezat!Instagram.com/makassargoeat

Di Rumah Kapurung kamu akan menjumpai kapurung dengan isian ikan, udang, dan ayam yang dicampur menjadi satu. Ikan, udang, dan ayam dimasak dengan cara diasapi terlebih dahulu sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas.

Bukan hanya itu, kapurung di Rumah Kapurung menggunakan cukup banyak sayuran, mulai dari jagung, bayam, jantung pisang, dan kacang panjang. Selain kapurung, kamu juga bisa menikmati es pisang ijo yang gak kalah lezatnya.

Harga : Rp 25.000 - Rp 35.000

Lokasi : 

  • Jl. Pandang Raya No.1 A, Paropo
  • Jl. Monumen Emmy Saelan No. 9, Tidung
  • Jl. Meranti, Panakkukang

Baca Juga: Enak dan Murah, Ini 7 Rekomendasi Kuliner Sop Saudara di Kota Makassar

3. Aroma Palopo

Rekomendasi 5 Spot Kuliner Kapurung di Makassar, Segar dan Lezat!Instagram.com/watiherlambang

Menjadi salah satu rumah makan rekomendasi untuk menikmati kapurung yang memiliki menu yang cukup beragam, di Aroma Palopo kamu bisa menikmati kapurung dan berbagai menu lainnya dengan porsi yang cukup besar dan tentunya dengan rasa yang lezat.

Saat berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk mencoba perkedel jagung yang sangat renyah dan menjadi salah satu menu andalan di tempat ini selain kapurung.

Harga : Rp 29.000 - Rp 32.000

Lokasi : 

  • Jl. Andi Mappanyukki No. 66 C, Mariso
  • Jl. Pengayoman No.2, Pandang (Ruko Mirah 2)
  • Jl. Lanto Dg. Pasewang No.28c

4. RM Aroma Luwu

Rekomendasi 5 Spot Kuliner Kapurung di Makassar, Segar dan Lezat!Instagram.com/aroma.luwu

Menyajikan berbagai hidangan khas Luwu, RM Aroma Luwu merupakan salah satu rumah makan favorit warga lokal untuk menikmati kelezatan dan kesegaran kapurung. Rasanya yang segar dan sedikit asam berasal dari bumbu kapurung yang terbuat dari campuran patikala (kecombrang) yang menjadi ciri khas masakan Luwu.

Selain kapurung, kamu bisa mencoba peyek jagung dan lawa jantung pisang yang gak kalah lezatnya.

Harga : Rp 25.000

Lokasi : 

  • Jl. Beruang No.63, Bonto Biraeng
  • Jl. Sultan Alauddin No.137, Gunung Sari
  • Jl. Tamalanrea Raya, Tamalanrea (BTP, Ruko 1 F)

5. Aroma Kapurung Rajawali

Rekomendasi 5 Spot Kuliner Kapurung di Makassar, Segar dan Lezat!Instagram.com/bahagia.matahati

Di Aroma Kapurung Rajawali menyediakan kapurung dengan porsi yang cukup besar dan tentunya tak kalah lezat. Selain kapurung, di sini juga tersedia barobbo, lawa jantung pisang, dan dange yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk kamu yang belum terbiasa dengan sagu yang ada di kapurung, di Aroma Kapurung Rajawali kamu bisa memesan kapurung dengan meminta kepada pelayan untuk mengurangi sagunya.

Harga : Rp 28.000

Lokasi : Jl. Rajawali II No.24, Lette

Kapurung paling pas dinikmati saat jam makan siang ataupun makan malam. Selain rasanya yang lezat dan sedikit asam, kapurung juga berisikan banyak sayuran yang pastinya menyehatkan. Jangan lupa untuk menambahkan sambal terasi dan raca mangga (sambal mangga) biar makin segar!

Baca Juga: 5 Resep Makanan Khas Makassar yang Rasanya Lezat dan Gurih

Ridha Tiara Motik Photo Verified Writer Ridha Tiara Motik

tiamo_tiara

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya