Comscore Tracker

5 Rekomendasi Olahan Kentang ala Korea, Asyik untuk Dicoba

Mulai dari kentang berbumbu hingga yang teksturnya crispy

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan. Mulai dari keripik untuk camilan, hingga sup yang mengenyangkan.

Khusus untuk kuliner Korea, kentang atau dalam bahasa Korea disebut gamja umum diolah menjadi makanan sehari-hari. Apa saja olahan kentang yang terkenal enak di Korea? Simak di bawah ini, yuk!

1. Gamja Jeon

5 Rekomendasi Olahan Kentang ala Korea, Asyik untuk DicobaGamja jeon (koreanbapsang.com)

Sedang ingin makan camilan tapi bingung mau makan apa? Gamja jeon bisa jadi pilihan kudapan yang enak buat kamu. Bahan pembuatan pancake Korea yang satu ini mudah didapatkan dan proses pemasakannya juga sederhana. Cukup siapkan kentang parut, bawang bombai parut, garam, dan minyak.

Buat adonan dengan mencampurkan seluruh bahan kecuali garam dan minyak. Sebelumnya, jangan lupa untuk mengurangi kadar air dari kentangnya. Namun, jangan buang air perasan kentangnya, ya. Kamu bisa mendapatkan endapan pati kentang dengan mendiamkan sejenak air perasan kentang tersebut.

Setelah didiamkan beberapa saat, pelan-pelan buang air perasan kentang hingga hanya menyisakan pati kentangnya saja. Campur pati kentang dengan adonan dan aduk rata. Jangan lupa menambahkan garam ke dalam adonan. 

Selanjutnya masak gamja jeon di wajan datar dengan api sedang. Ketika gamja jeon telah matang, angkat, dan sajikan bersama saus cocol yang terbuat dari campuran kecap asin dan bumbu-bumbu.

2. Gamja Jorim

5 Rekomendasi Olahan Kentang ala Korea, Asyik untuk DicobaGamja jorim (koreanbapsang.com)

Gamja jorim merupakan olahan kentang yang dimasak lama dalam kuah berbasis kecap asin hingga kuah tersebut menyusut. Gamja jorim bisa kamu buat dengan menggunakan kentang saja. Namun, kamu bisa menambahkan sayuran lain jika kamu suka.

Masak kentang yang telah ditumis sebelumnya dalam kuah kecap asin berbumbu hingga kentang masak dan kuah meresap. Sajikan dengan taburan biji wijen. Gamja jorim bisa dijadikan lauk pendamping nasi atau lauk kotak bekal makan siangmu. Sedap, nih.

3. Gamja Bokkeum

5 Rekomendasi Olahan Kentang ala Korea, Asyik untuk DicobaGamja bokkeum (maangchi.com)

Gamja bokkeum bisa menjadi salah satu pilihan masakan tumisan harianmu. Tumis kentang yang sudah dipotong-potong. Kentangnya tidak perlu digoreng dulu ya. Lalu masukkan bumbu-bumbu dan tumis kembali. Tambahkan air jika diperlukan. Angkat ketika kentang telah matang dan sajikan dengan taburan biji wijen.

Baca Juga: 5 Inspirasi Olahan Shepherds Pie, Sajian Enak Bertabur Kentang Tumbuk

4. Gamja Ongsimi Guk

5 Rekomendasi Olahan Kentang ala Korea, Asyik untuk DicobaGamja ongsimi guk (maangchi.com)

Makanan yang satu ini merupakan sup pangsit kentang atau sup bola-bola kentang. Kentang yang dibentuk bulat disajikan sebagai sup dengan kuah hangat dan gurih.

Pertama, buat dahulu bola-bola kentangnya, lalu sisihkan. Siapkan juga kuah kaldunya. Panaskan kuah kaldu dan campurkan dengan bola-bola kentan, serta tambahkan bumbu-bumbu. Masak selama beberapa menit, lalu angkat dan sajikan.

5. Gamja Guk

5 Rekomendasi Olahan Kentang ala Korea, Asyik untuk DicobaGamja guk (koreanbapsang.com)

Gamja guk biasanya disajikan dalam kuah bening yang gurih. Karena tidak bercitarasa pedas, sup yang satu ini cocok disantap oleh anak-anak. Selain menggunakan kentang,  kamu bisa menambahkan bahan lainnya, misalnya tahu. 

Nah, itu tadi lima olahan kentang dari Korea yang bisa kamu coba. Olahan mana yang paling kamu suka, nih? Selain mengeyangkan karena mengandung protein, kentang juga baik untuk gizi tubuhmu. Jangan lupa untuk dicoba, ya!

Baca Juga: Resep Sup Juanlo dari Korea, Makanan yang Sering Muncul Di KDrama

Novia T Photo Verified Writer Novia T

Menyukai aroma toko buku dan makanan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya