Comscore Tracker

5 Jenis Roti yang Masih Jarang Diketahui, Lezat Semua!

Pernah dengar salah satunya? 

Roti merupakan olahan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat sebagai pengganti makanan pokok. Roti juga dapat dibuat sendiri di rumah secara mudah dan praktis.

Kamu dapat mengolah beragam jenis roti, menjadi menu-menu lezat yang dapat dinikmati secara mudah. Namun, sudah kah kamu mengetahui lima jenis roti yang jarang diketahui ini?

1. Focaccia

5 Jenis Roti yang Masih Jarang Diketahui, Lezat Semua!bonappetit.com

Roti khas Italia ini mungkin masih jarang didengar, padahal eksistensinya sangat populer di negara asalnya. Roti ini tidak menggunakan gula atau pun mentega di dalamnya, melainkan rosemary yang membuat roti ini menghasilkan aroma yang harum saat dipanggang.

Meski tebal, tekstur roti ini juga kering dan renyah pada bagian luar, namun terasa lembut pada bagian dalamnya. Tampak seperti roti pizza, olahan ini cocok untuk mengganjal perut.

2. Pita

5 Jenis Roti yang Masih Jarang Diketahui, Lezat Semua!myjewishlearning.com

Pernah mendengar nama olahan roti yang satu ini? Roti pita merupakan salah satu jenis roti yang berasal dari Timur Tengah dan memiliki beragam nama yang berbeda, namun diseragamkan dengan nama roti pita.

Roti ini tidak melalui proses fermentasi dan dipanggang dengan menggunakan tungku hingga berwarna kecoklatan. Roti ini bertekstur renyah di luar, namun lembut di bagian dalamnya. 

Baca Juga: 5 Olahan Lezat Berbahan Roti Croissant, Bikin Perut Keroncongan!

3. Pumpernickel

5 Jenis Roti yang Masih Jarang Diketahui, Lezat Semua!thebreadshebakes.com

Berbeda dengan jenis roti lainnya yang berwarna putih atau kecokelatan, untuk jenis yang satu ini lebih berwarna gelap.

Roti jenis ini memiliki banyak nama yang berbeda-beda di Eropa, dan membuatnya cukup populer meski tidak begitu dikenal secara luas di luar itu. Ciri khas roti ini adalah citarasanya yang sedikit asam, karena bahan yang digunakan.

4. Pau duce

5 Jenis Roti yang Masih Jarang Diketahui, Lezat Semua!bandung.wiratech.co.id

Olahan roti yang satu ini sekilas mungkin tampak seperti roti bantal khas Indonesia. Namun, untuk varian yang satu ini berasa dari Portugal dan sering dikenal sebagai roti manis khas Portugal.

Seperti namanya, roti ini memang memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur yang sangat lembut sehingga cocok untuk dinikmati secara langsung atau pun diolah terlebih dahulu.

5. Crumpet

5 Jenis Roti yang Masih Jarang Diketahui, Lezat Semua!biggerbolderbaking.com

Baca Juga: Jadi Lebih Sedap dan Menarik, 5 Olahan Unik Roti Tawar Paling Favorit

Olahan roti khas Wales ini, mungkin masih tak begitu dikenal secara luas, padahal roti ini sangat cocok dinikmati untuk menu sarapan, lho.

Crumpet memiliki tampilan yang mirip dengan olahan muffin, namun dengan versi yang lebih lembab. Olahan ini sering disantap dengan tambahan mentega, madu, atau pun krim.

Nah, beberapa jenis roti di atas mungkin jarang kamu ketahui, padahal cita rasanya sangat lezat dan menggugah selera. Mana yang paling tertarik kamu cicipi? 

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya