Comscore Tracker

5 Tips Merawat Peralatan Dapur Berbahan Logam, Dijamin Antikarat!

Selama penggunaan dan penyimpanannya tepat, pasti awet!

Peralatan dapur memang banyak sekali jenisnya, mulai ketel hingga wajan. Rata-rata peralatan dapur banyak yang terbuat dari logam. Itulah kenapa benda-benda berbahan logam ini sering sekali menimbulkan masalah seperti mudah berkarat.

Oleh sebab itu, proses penggunaan, pembersihan, dan penyimpanannya pun juga harus tepat agar tak cepat rusak. Bila kamu tertarik untuk mengetahui apa saja tipsnya, berikut lima daftarnya. 

1. Mendidihkan campuran air dan cuka

5 Tips Merawat Peralatan Dapur Berbahan Logam, Dijamin Antikarat!Pexels.com/Clem Onojeghuo

Bila dasar pancimu memiliki noda kerak membandel, jangan buru-buru ganti yang baru. Kamu dapat menyiasatinya dengan cara mencampurkan air dan cuka, lalu dididihkan. Nantinya proses pendidihan itu akan membantu pancimu mengelupas kotoran-kotoran yang membandel tersebut. Kemudian kamu dapat mencucinya setelah bersih sempurna. 

2. Menggunakan minyak tanah

5 Tips Merawat Peralatan Dapur Berbahan Logam, Dijamin Antikarat!Pexels.com/cottonbro

Mungkin kamu akan sedikit terkejut dengan penggunaan minyak tanah untuk menghilangkan karat pada peralatan dapur berbahan logam. Caranya, kamu dapat mengoleskan minyak tanah pada panci logam yang berkarat.

Namun, khusus untuk cara yang satu ini, pastikan kamu mencucinya kembali dengan sabun di bawah air mengalir selama beberapa kali. Hal ini untuk memastikan aroma minyak tanah benar-benar hilang.

3. Segera dicuci selepas digunakan

5 Tips Merawat Peralatan Dapur Berbahan Logam, Dijamin Antikarat!Pexels.com/Clem Onojeghuo

Jangan malas membersihkan barang-barang dapur yang terbuat dari logam, ya. Apabila kamu baru selesai memasak, segera cuci dengan sabun di bawah air mengalir. Bila kamu menunda-nunda, justru akan membuat kotoran atau noda lemak semakin sulit untuk dibersihkan. 

Baca Juga: Jangan Asal Digunakan, 5 Peralatan Dapur Ini Bisa Berbahaya bagi Tubuh

4. Mengeringkan dengan perlahan 

5 Tips Merawat Peralatan Dapur Berbahan Logam, Dijamin Antikarat!Pexels.com/Engin Akyurt

Setelah pencucian peralatan dapur berbahan logam selesai, jangan buru-buru disimpan. Kamu dapat mengelap panci atau peralatan logam lainnya secara perlahan menggunakan lap kering. Hal ini akan membuat peralatan dapur berbahan logam jadi lebih awet dan tidak berkarat. 

5. Menyimpan secara hati-hati

5 Tips Merawat Peralatan Dapur Berbahan Logam, Dijamin Antikarat!Pexels.com/cottonbro

Peralatan dapur berbahan logam sangat mudah berkarat dan tergores. Untuk itu penyimpannya harus tepat. Kamu dapat meletakkan panci atau peralatan dapur secara tertelungkup agar bagian dalamnya dapat terlindungi dari kotoran. Selain itu, beri jarak antara peralatan dapur lain agar tak menumpuk dan membuatnya tergores. 

Nah, beberapa tips merawat alat-alat dapur berbahan logam di atas dapat kamu coba agar peralatan dapurmu selalu awet dan tahan lama. Gak perlu sering ganti panci, deh! 

Baca Juga: 6 Alat Masak Utama yang Harus Ada di Dapur, Masakan Jadi Maksimal!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya