Comscore Tracker

5 Fungsi Penting Wasabi pada Sushi & Sashimi, Wajib Ada Terus Nih!

Tahukah kalau wasabi mencegah supaya kamu tidak keracunan?

Jika mendengar kata wasabi, biasanya otomatis mengingat sushi dan sashimi. Kedua jenis olahan di atas memang merupakan makanan khas dari Jepang yang biasa disantap bersama dengan wasabi pedas.

Bahan makanan pelengkap yang memiliki warna hijau ini tak hanya semata-mata dikonsumsi tanpa tujuan, justru ada fungsi penting yang harus diketahui dari wasabi. 

Bila kamu belum mengetahui dengan jelas mengenai wasabi, berikut lima daftarnya. 

1. Anti amis pada ikan

5 Fungsi Penting Wasabi pada Sushi & Sashimi, Wajib Ada Terus Nih!Pexels/VisionPic .net

Seperti yang diketahui bahwa sushi dan sashimi sering kali menggunakan ikan mentah saat penyajiannya. Hal ini otomatis akan membuat aromanya menjadi mudah amis. Untuk meminimalisir aroma amis pada ikan, maka disarankan untuk mengonsumsinya dengan menambahkan wasabi. 

2. Mencegah adanya bakteri dan mikroba 

5 Fungsi Penting Wasabi pada Sushi & Sashimi, Wajib Ada Terus Nih!sushiginger1.com

Salah satu alasan penting mengapa kamu perlu mengonsumsi sushi atau sashimi bersama dengan wasabi adalah untuk mencegah adanya bakteri atau mikroba. Wasabi memiliki kandungan khusus untuk mencegah hal-hal tersebut. Tentunya dengan begitu, maka akan membuat olahan sushi dan sashimimu menjadi lebih aman. 

Baca Juga: 5 Tips Menggulung Sushi Tanpa Roller, Tetap Rapi dan Mudah Dicoba!

3. Menambah cita rasa

5 Fungsi Penting Wasabi pada Sushi & Sashimi, Wajib Ada Terus Nih!indigenousbartender.com

Selain kecap asin yang digunakan untuk menambah cita rasa pada sushi atau sashimi, tentunya wasabi juga memiliki peranan yang serupa. Cita rasa pedas khas wasabi dirasa sangat tepat bila dikombinasikan dengan sushi atau sashimi. Tentu dengan begitu, maka kamu dapat menikmati sesi makanmu dengan baik. 

4. Cara mengonsumsinya

5 Fungsi Penting Wasabi pada Sushi & Sashimi, Wajib Ada Terus Nih!eatthis.com

Mengonsumsi wasabi dengan sushi dan sashimi sangatlah mudah dan praktis. Jangan dibayangkan bahwa kamu akan mengonsumsi keduanya secara terpisah karena akan membuatmu lebih merasakan pedas. Oleh sebab itu, letakkan wasabi pada bagian atas sushi atau sashimi. Hal ini akan membuatmu merasakan sensasi rasa keduanya dengan seimbang. 

5. Hindari mengonsumsi kecap asin dan wasabi bersama

5 Fungsi Penting Wasabi pada Sushi & Sashimi, Wajib Ada Terus Nih!goodfon.com

Memang kecap asin dan wasabi menjadi dua jenis bahan pelengkap yang sering disajikan bersama dengan sushi atau sashimi. Meski begitu, hindari untuk mengonsumsi keduanya dalam satu suapan karena memiliki fungsi yang berbeda-beda. Kamu dapat berganti-ganti dalam mencampurkan sushi atau sashimi dengan wasabi dan juga kecap asin. 

Nah, beberapa hal dari wasabi di atas patut kamu ketahui agar tak bingung lagi, deh. Penasaran ingin mencoba wasabi? 

Baca Juga: 8 Manfaat Konsumsi Sushi, Makanan Khas Jepang Penuh Nutrisi

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya