Comscore Tracker

Hindari 5 Hal Ini Saat Mengolah Sayuran, Sehatnya Jadi Gak Maksimal!

Hal terpenting yang ada pada sayuran sudah tentu nutrisinya

Mengonsumsi sayuran merupakan hal yang telah digaungkan sejak dahulu. Meski tak banyak orang yang menyukai sayuran, namun apabila diolah dengan cara yang tepat, maka cita rasanya bisa maksimal. Tetapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa hal yang justru membuat sayuranmu menjadi gagal sehat? 

Bila kamu tertarik untuk mengetahui apa saja hal-hal tersebut, berikut lima daftarnya. 

1. Tidak dicuci dengan bersih

Hindari 5 Hal Ini Saat Mengolah Sayuran, Sehatnya Jadi Gak Maksimal!gardeningknowhow.com

Setiap memasak, apa pun bahan-bahan yang digunakan harus lah dicuci di bawah air mengalir secara maksimal. Bahan-bahan makanan yang tak dibersihkan dengan baik, maka kotoran-kotoran atau kuman tetap akan menempel. Oleh sebab itu, kamu harus lebih higienis lagi dalam mengolahnya. 

2. Merebus terlalu lama 

Hindari 5 Hal Ini Saat Mengolah Sayuran, Sehatnya Jadi Gak Maksimal!myrecipes.com

Perlu diperhatikan bahwa setiap jenis sayuran memiliki durasi pengolahannya yang berbeda-beda. Hal ini dapat kamu gunakan sebagai acuan dalam mengolah sayuran di rumah. Jika salah-salah, justru sayuran rebusmu akan overcooked yang menyebabkan teksturnya menjadi lembek dan seperti tak layak makan. Kalau sudah seperti ini, bisa-bisa nutrisi dan kandungan baiknya hilang semua. 

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Sayuran Selain Direbus, Bikin Makin Lapar

3. Menggoreng sayuran

Hindari 5 Hal Ini Saat Mengolah Sayuran, Sehatnya Jadi Gak Maksimal!mythaicooking. com

Cara memasak sayuran yang satu ini sempat menjadi tren kuliner. Meskipun demikian, namun tetap saja tak disarankan untuk menggoreng sayuran, apalagi sampai menambahkan aneka bumbu atau penyedap rasa di dalamnya. Hal ini justru akan membuang semua kandungan baik di dalamnya. 

4. Menghilangkan beberapa bagian penting pada sayuran

Hindari 5 Hal Ini Saat Mengolah Sayuran, Sehatnya Jadi Gak Maksimal!bonappetit.com

Ada beberapa bagian penting pada sayuran yang sebaiknya tak kamu buang begitu saja. Sebagai contohnya adalah membuang batang brokoli atau bayam, serta membuang kulit kentang dan timun. Hal ini akan mengurangi kandungan nutrisi yang justru terletak pada bagian yang dibuang. 

5. Tidak memotong sayuran secara merata

Hindari 5 Hal Ini Saat Mengolah Sayuran, Sehatnya Jadi Gak Maksimal!today.com

Memotong sayuran menjadi hal yang paling sering dilakukan untuk memudahkan proses memasak. Meski terdengar sebagai hal kecil, namun memotong sayuran haruslah dengan ukuran yang seimbang. Alasannya adalah, bila memotong dengan ukuran yang tak sama, maka nantinya kematangannya juga tak akan merata. Bila begitu, justru kandungan baiknya tak akan diperoleh secara maksimal. 

Nah, sekarang sudah tahu kan apa yang boleh dan gak boleh kamu lakukan seputar memasak sayuran. Catat, ya! 

Baca Juga: Sering Diabaikan, Ini 5 Cara Mengolah Sayuran yang Tepat

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya