Comscore Tracker

5 Tips Membuat Sushi Rumahan yang Lezat dan Menggugah Selera, Mudah!

Rasanya gak kalah dengan sushi di restoran, deh!

Sushi merupakan olahan khas Jepang yang banyak dikonsumsi di berbagai negara di dunia. Olahan berbahan nasi ini eksistensinga memang sudah cukup populer dan mendunia,  bahkan kamu dapat dengan mudah menemukan gerai-gerai yang menjualnya. Namun, kamu tak harus melulu membeli sushi di luar apabila sedang ingin mengonsumsinya.

Kamu dapat mengolahnya sendiri di rumah untuk memperoleh hasil yang tak kalah lezat. Nah, bila kamu tertarik untuk mencicipi aneka olahan sushi rumahan, yuk simak tips mudah membuatnya. 

1. Pilihlah bahan-bahan yang masih segar dan berkualitas

5 Tips Membuat Sushi Rumahan yang Lezat dan Menggugah Selera, Mudah!cookingwithdog.com

Sebelum membuat sushi, sudah tentu kamu patut memperhatikan bahan-bahan untuk membuatnya terlebih dahulu. Kamu dapat memulai dengan membeli aneka bahan-bahan yang segar dan berkualitas. Tentu dengan begitu, maka hasil masakan yang diperoleh pun akan lezat. 

2. Campurkan nasi dengan wijen

5 Tips Membuat Sushi Rumahan yang Lezat dan Menggugah Selera, Mudah!simplyscratch.com

Cara yang satu ini bersifat opsional, namun tak ada salahnya bila kamu tertarik untuk mencoba. Nasi yang dicampur dengan wijen akan memberikan sensasi rasa yang mirip dengan restoran-restoran bintang lima. Selain itu, wijen juga akan memengaruhi dalam segi cita rasa, tampilan, dan tekstur. 

3. Jangan mengiris bahan isian terlalu tebal

5 Tips Membuat Sushi Rumahan yang Lezat dan Menggugah Selera, Mudah!mentalfloss.com

Pada dasarnya proses pengolahan sushi dilakukan dengan cara mengisi nasi dan nori dengan aneka bahan-bahan yang telah diiris. Namun, patut kamu perhatikan untuk tidak mengiris bahan isian seperti sayuran, alpukat, atau ikan terlalu tebal karena akan menyulitkan pada proses penggulungan. Irislah bahan makanan sesuai dengan ukuran yang ideal saja. 

Baca Juga: 5 Tips Membuat Sushi Lezat & Murah, Layaknya Restoran Bintang Lima!

4. Tambahkan air bila nori sulit merekat

5 Tips Membuat Sushi Rumahan yang Lezat dan Menggugah Selera, Mudah!food-hacks.wonderhowto.com

Kadang kala ada beberapa permasalahan yang sering ditemui dalam membuat sushi, salah satunya adalah kesulitan atau kegagalan pada saat proses penggulungan. Namun, cara tersebut dapat diatasi dengan menambahkan sedikit air pada ujung-ujung nori. Cara ini akan membantu agar nori dapat merekat secara mudah tanpa khawatir isinya akan keluar. 

5. Potong-potong sushi dengan ukuran yang tepat dan sajikan

5 Tips Membuat Sushi Rumahan yang Lezat dan Menggugah Selera, Mudah!goodfon.com

Ketika sushi telah selesai, maka langkah selanjutnya adalah dengan memotongnya. jangan terlalu tebal, namun juga jangan terlalu tipis. Potonglah dengan ukuran yang ideal untuk satu kali suapan. Selanjutnya, kamu dapat menyajikan sushi bersama dengan kecap asin atau wasabi. 
Nah, dengan kemudahan dalam membuat sushi rumahan, sudah tentu tak sulit lagi deh bila ingin mencicipi sushi. Gak sabar mau buat, kan? 

Baca Juga: 5 Fungsi Penting Wasabi pada Sushi & Sashimi, Wajib Ada Terus Nih!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya