Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Bahan Makanan yang Terbuang Sia-sia di Rumah, Hemat!

Yuk, mulai lebih perhitungan agar tak jadi mubazir

Menyimpan stok bahan makanan memang menjadi satu hal yang diperlukan di dapur. Namun, sering kali terlalu banyak berbelanja justru membuatnya jadi tak tahan lama dan harus rela berakhir di tempat sampah. Oleh sebab itu, kamu harus tahu bagaimana caranya mengatur bahan makanan agar tak terbuang sia-sia.

Bila kamu tertarik untuk mengetahui apa saja tipsnya, berikut lima daftarnya.

1. Hindari berbelanja saat perut kosong

5 Tips Mengatasi Bahan Makanan yang Terbuang Sia-sia di Rumah, Hemat!time.com

Ada alasan tepat mengapa kamu tak boleh berbelanja ketika perut kosong. Alasannya adalah karena seseorang yang perutnya sedang kosong akan cenderung mudah untuk lapar mata. Bisa-bisa kamu akan memborong semuanya karena tampak terlihat lezat, tanpa memperhitungkan apa akan bisa mengonsumsi semuanya atau tidak.

2. Biasakan selalu membuat daftar belanja

5 Tips Mengatasi Bahan Makanan yang Terbuang Sia-sia di Rumah, Hemat!asianfoodnetwork.com

Ini merupakan satu hal yang sering sekali dilewatkan orang-orang saat berbelanja. Daftar belanja sangat penting untuk menentukan apakah bahan makanan tersebut masih diperlukan atau pun tidak. Oleh sebab itu, tulislah terlebih dahulu daftarnya sebelum berbelanja.

3. Biasakan mengecek tanggal kadaluasa sebelum membeli barang

5 Tips Mengatasi Bahan Makanan yang Terbuang Sia-sia di Rumah, Hemat!consumerreports.org

Ada beberapa produk masakan siap saji yang memiliki batas kadaluarsa yang dapat kamu lihat. Pastikan bahwa tanggal kadaluarsa yang tertera masih cukup jauh. Ini lah pentingnya memerhatikan tanggal kadaluarsa agar nantinya makanan ta terbuang sia-sia.

Baca Juga: Dari Tulang sampai Kulit Bawang, 7 Sisa Makanan Ini Berguna Banget

4. Jangan terlalu sering coba-coba

5 Tips Mengatasi Bahan Makanan yang Terbuang Sia-sia di Rumah, Hemat!northernontario.travel

Berkreasi melalui masakan memang sangat menyenangkan, namun jangan terlalu sering, ya. Bila kamu ingin mencoba-coba menu baru, maka pastikan kamu telah memahami secara jelas takaran dan cara-caranya agar makanan dapat berhasil. Namun, jika gagal, hasilnya pun masih dapat diterima dan dikonsumsi.

5. Selalu lakukan evaluasi

5 Tips Mengatasi Bahan Makanan yang Terbuang Sia-sia di Rumah, Hemat!Pexels/Elle Hughes

Evaluasi merupakan hal akhir yang harus dilakukan secara berkala. Coba kamu perhitungkan kira-kira sudah berapa banyak bahan makanan yang telah terbuang sia-sia. Selanjutnya, catatlah berapa kira-kira makanan yang memang banyak dikonsmsi dan dibutuhkan selama seminggu atau sebulan ini.
Nah, beberapa tips di atas dapat menjadi cara yang tepat untuk mengatasi makanan yang terbuang sia-sia dan justru menjadi mubazir. Jangan boros, ya!

Baca Juga: 10 Tips Membuat Sisa Makanan Bisa Bertahan Lebih Lama biar Gak Sia-sia

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya