Comscore Tracker

5 Tips Menghilangkan Rasa Panas pada Tangan Akibat Cabai

Mengolah cabai jadi gak bikin tangan panas lagi, deh

Cabai tentu saja menjadi salah satu jenis bahan makanan yang hampir tersedia di dapur. Bahan ini memang identik dengan sensasi rasa pedas, baik itu pada saat mengonsumsinya atau pada saat mengolahnya menggunakan tangan.

Lalu, apa yang harus dilakukan bila tangan justru merasa panas akibat mengolah cabai Bila kamu tertarik untuk mengetahui apa saja tipsnya, berikut lima daftarnya.

1. Mencuci tangan dengan sabun pencuci piring

5 Tips Menghilangkan Rasa Panas pada Tangan Akibat Cabaielemental.medium.com

Dinilai sebagai salah satu cara yang paling efektif, memang mencuci tangan dengan menggunakan sabun pencuci piring dapat menjadi pilihan alternatifnya. Caranya adalah hanya dengan menggosokkan tangan dengan menggunakan sabun pencuci piring hingga ke sela-sela jari. Setelah itu, kamu dapat mencucinya kembali di bawah air mengalir dan ulangi cara ini beberapa kali agar sensasi rasa panasnya hilang.

2. Merendam di air bekas cucian beras

5 Tips Menghilangkan Rasa Panas pada Tangan Akibat Cabaimedicalnewstoday.com

Bila kamu baru saja merendam beras, maka jangan buru-buru membuang air bekas rendamannya, ya. Alasannya adalah kamu dapat memanfaatkan air rencana beras sebagai cara untuk menghilangkan efek panas akibat cabai. Caranya adalah dengan merendam tangan selama 10 menit di dalam air rendaman beras dan bilas di bawah air mengalir. Kamu dapat mengulangi cara ini atau kamu dapat mencucinya kembali dengan menggunakan sabun pencuci tangan.

3. Membalurkan tangan dengan saus tomat

5 Tips Menghilangkan Rasa Panas pada Tangan Akibat Cabaiseriouseats.com

Sekilas mungkin terdengar aneh dan tak masuk akal, namun cara ini telah dipercayai dapat menghilangkan sensasi rasa pedas akibat cabai. Kamu hanya perlu membaluri tanganmu dengan saus tomat selama beberapa menit. Selanjutnya, kamu dapat mencucinya kembali di bawah air mengalir.

Baca Juga: 6 Manfaat dari Minyak Cabai yang Bikin Mandi Keringat Saat Makan

4. Menggunakan hand sanitizer atau alkohol

5 Tips Menghilangkan Rasa Panas pada Tangan Akibat Cabaithestreet.com

Bila memang kamu memiliki hand sanitizer atau pun alkohol untuk luka, maka kamu dapat menggunakannya sebagai media untuk mengurangi rasa panas pada tangan. Caranya adalah dengan membalurinya dan membiarkan hingga beberapa saat. Setelah itu, kamu dapat membilasnya di bawah air mengalir.

5. Merendam dengan susu

5 Tips Menghilangkan Rasa Panas pada Tangan Akibat CabaiPexels/Pixabay

Apakah kamu akan berpikir dua kali untuk melakukan hal demikian? Cara ini dinilai cukup efektif dalam menghilangkan sensasi panas pada tangan. Kamu hanya perlu merendamnya beberapa saat hingga sensasi panasnya berkurang, setelah itu cucilah di bawah air mengalir. Untuk memaksimalkan efeknya, kamu dapat mencucinya kembali dengan menggunakan sabun pencuci piring.

Nah, itu lah beberapa tips menghilangkan sensasi rasa panas pada tangan setelah mengolah cabai. Gak sulit, kan?

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Fakta Luar Biasa Cabai Rawit, Gak Cuma Pedas Saja

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya