Comscore Tracker

5 Teknik Memasak ala Prancis yang Sering Digunakan di Restoran

Bikin skill memasakmu jadi meningkat tajam, deh

Prancis memang rasanya identik sebagai negara dengan beragam olahan yang beraneka ragam. Tak heran, bila kemudian banyak restoran di seluruh dunia yang banyak menggunakan teknik memasak ala Prancis.

Bukan tanpa alasan, tentunya teknik memasak tersebut dipilih, agar masakannya pun jadi lebih spesial dan istimewa.

Lalu, apa aja teknik memasak ala Prancis yang banyak digunakan di restoran? Yuk, cari tahu di bawah ini.

1. Sautéing

5 Teknik Memasak ala Prancis yang Sering Digunakan di Restorancookingchew.com

Teknik yang satu ini hampir mirip dengan teknik menumis yang sering dilakukan. Perbedaannya terletak pada durasi pemasakan.

Memasak dengan teknik sautéing tentunya jadi lebih cepat daripada menumis. Hal ini karena memang kompor sebelumnya telah dipanaskan dalam suhu tinggi dengan menggunakan mentega, namun jangan sampai menteganya berubah jadi gosong. Tak heran bila proses pemasakan bumbu pun jadi bisa lebih cepat dengan teknik ini.

2. Julienne

5 Teknik Memasak ala Prancis yang Sering Digunakan di Restoranmasterclass.com

Untuk teknik yang satu ini termasuk ke dalam teknik pemotongan bahan yang biasa dilakukan. Teknik ini adalah dengan cara memotong bahan makanan seperti wortel dengan ketebalan mirip dengan korek api.

Fungsi dari penyeragaman bentuk ini untuk membantu menbuat kematangannya sama pada saat digunakan untuk garnish ataupun penyajian utama.

Baca Juga: 9 Teknik Memasak Paling Menyehatkan, Nutrisi yang Hilang Minim

3. Blanching

5 Teknik Memasak ala Prancis yang Sering Digunakan di Restoranmccormick.com

Teknik blanching mungkin sudah sangat tak asing lagi untukmu, bukan? Teknik ini memang digunakan untuk menghilangkan cita rasa pahit dengan tetap memperhatankan warna dan kesegarannya.

Caranya adalah dengan merebus selama beberapa saat bahan-bahan yang digunakan, lalu masukan ke dalam air yang telah diberi batu es. Proses pemasakan akan berhenti saat bahan-bahan seperti sayuran terkena air es, namun warna dan kesegarannya tetap terjaga.

4. Braising

5 Teknik Memasak ala Prancis yang Sering Digunakan di Restoranfoodnetwork.com

Teknik memasak yang satu ini lebih cocok digunakan untuk mengolah daging-dagingan. Hal ini karena memang cara pengolahannya adalah dengan cara memasak irisan daging dengan sedikit kaldu saja. Nantinya menu ini cocok disajikan dengan potongan yang kecil-kecil.

5. Deglacer

5 Teknik Memasak ala Prancis yang Sering Digunakan di Restoranseriouseats.com

Teknik yang satu ini termasuk ke dalam tata cara mengolah saus ala Prancis. Biasanya bahan-bahan seperti kaldu atau wine cukup banyak diolah dengan teknik ini apabila ingin dibuat saus. Caranya juga hanua menggunakan wajan panas dan membiarkan hingga kaldu berubah menjadi lebih kental.

Cukup banyak ragam teknik pengolahan masakan ala Prancis yang mungkin bisa kamu coba di rumah. Mana yang ingin kamu coba?

Baca Juga: 10 Teknik Memasak Steak yang Bisa Dipraktikkan di Rumah, Seenak Resto!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya